Creativepreneur and Career

Pengen Sukses Berbisnis Tanpa Perang Harga? Simak Tipsnya Disini

Nih pasti banyak banget marketplace yang setiap melakukan diskon di tanggal sama dengan urutan bulannnya kayak 7.7 yang pastinya diskon seperti itu menarik banget buat masyarakat. Tapi untuk para penjual yang baru mulai bisnis pastinya akan jadi kesulitan karena menguras pendapatan. Balik modal aja belum malah bikin diskon setiap bulan? Nah persaingan penjualan saat ini semakin ketat hingga harus menggunakan taktik perang harga.

Apalagi dengan adanya teknologi yang memudahkan pembeli bisa membeli lewat aplikasi penjualan online. Penjual jadi memerlukan strategi dengan memberikan diskon yang menarik untuk para pembeli. Tapi kalau bisnis kayak perang di atas, mungkin akan menarik para pembeli tapi mungkin cara seperti itu tidaklah oke. Nah berikut beberapa tips pengen sukses berbisnis tanpa perang harga!

  1. Dekatkan Diri Ke Pelanggan

Sumber Gambar : shopify.com

Dengan membangun hubungan dengan pelanggan pastinya kamu akan mudah menjual apa aja yang mereka butuhkan. Tapi membangun hubungan dengan pelanggan memang tidak mudah. Hatus didasari dengan kepercayaan, kualitas dan calon pelanggan. Kalian bisa mendaptatkan data calon pelanggan dengan memanfaatkan web online milik kamu. Nah kamu bisa mengirimkan mereka konten-konten ataupun diskon menarik di hari-hari spesial. Tentunya pelanggan jadi makin tertarik.

  1. Utamakan Keinginan Pembeli

Sumber Gambar : kompasiana.com

Nah utamakan keinginan pembeli. Mungkin seorang pembeli bertanya mengenai sepatu. Tapi kalau sepatu yang disukai pembeli pastinya pembeli akan segera membelinya. Karena kalau hanya sepatu pembeli bisa membelinya dimanapun. Akan tetapi kalau pebisnis menjual sepatu dengan model yang cukup unik, harga mahal pun tidak jadi masalah karena pembeli suka dengan produk tersebut.

Pembeli akan rela membayar tinggi demi membeli barang yang mereka sukai. Nah tips tersebut bisa kalian lakukan karena jika pebisnis hanya memikirkan apa yang dibutuhkan pembeli maka pebisnis harus melakukan perang harga. Pokoknya keinginan pembeli jadi tujuan utama deh!

  1. Emotional Benefit Marketing

Sumber Gambar : harapanrakyat.com

Apa sih emotional benefit? Memanfaatkan emosi dari calon konsumen untuk membeli jasa ataupun produk. Contohnya seseorang membeli tas dengan harga yang mahal akan tetap dibeli banyak pembeli, walaupun harga tas tersebut mahal. Tas tersebut mahal walaupun yang penjual tidak mengikuti harga seperti Hermes, Channel, Louis Vuitton dan lainnya. Padahal harganya sangat mahal, tetapi kenapa orang tetap tertarik membeli? Karena produk-produk tersebut merupakan brand yang sudah besar dan terkenal di kelas dunia.

Baca Juga :   6 Rekomendasi Situs Cek Plagiat Online Gratis dan Berbayar

Nah hal tersebut menunjukkan bahwa pembeli telah memenuhi emotional benefit bukan hanya functional benefit. Jika pembeli suka pastinya pembeli akan lebih senang nah itulah yang namanya emotional benefit.

  1. Inovasi Baru Dengan Produk Yang Beda Dengan Produk Yang Dijual Di Pasaran

Sumber Gambar : berita.upi.edu

Selanjutnya, seorang pebisnis harus mampu menciptakan inovasi baru dengan membuat produk yang beda dari produk yang dijual di pasaran, Kita harus memiliki produk atau jasa yang berbeda supaya tidak terjadi perang harga. Contohnya jika kita mau menjual casing, nah casing tersebut harus memiliki keunikan dari segi desain, ataupun bisa dengan bahan anti crack dan juga ada tambahan aksesorisnya. Bukan casing yang biasa, intinya berbeda dari produk yang biasanya di jual di pasaran.

  1. Buat Pembeda Suatu Produk Tapi Tetap Harus Relevan Dengan Produk Tersebut

Sumber Gambar : wcsstore

Walaupun sudah menciptakan pembeda namun jenis produk tersebut harusnya masih relevan dengan produk tersebut. Jadi pebisnis tidak asal membuat produk tapi juga harus relevan dengan produk tersebut. Seperti casing tadi, yang perbedaanya masih relevan atau berkaitan. Kalian juga bisa memberikan kreativitas ke produk, nah dengan begini masalah perang harga bisa teratasi.

Nah itu tadi, beberapa tips yang harus dilakukan seorang pebisnis demi menghindari perang harga. Dengan begitu, bisnis kalian pasti memiliki pelanggan setia!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Udah Ngerti Soal GNP dan GDP? Ini Dia Penjelasannya

Creativepreneur and Career

Yuk Mengenal Lebih Dalam Tentang, Apa Itu Reciprocity Marketing?

Creativepreneur and Career

Ini Dia Ide Bisnis untuk Anak Muda di Bidang Jasa Paling Recommended Tahun 2021!

Creativepreneur and Career

Ingin Pikat Pembaca Lewat Copywriting? Ini Cara Bikin Headline yang Menarik!

Leave a Reply

Your email address will not be published.