GenK LIFE

Synesthesia: Saat Nada Suara Terlihat Berwarna

Apa penyebab sinestesia?

Ilustrasi. (Sumber: pixabay)

Sinestesia biasanya memang tidak datang secara tiba-tiba. Dilansir Heathline, seseorang mengalami sinestesia biasanya dibawa sejak ia lahir dan berkembanh di masa kanak-kanak. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa sinestesia ini juga dapat diwariskan secara genetika dan masing-masing dari panca indera akan merangsang area otak yang berbeda.

Dalam sebuah teori, dijelaskan juga jika fenomena sinestesia tersebut terjadi karena otak orang tersebut memiliki sambungan neuron yang berbeda, atau memiliki sambungan ekstra dibandingkan otak pada umumnya. Hal tersebut dibuktikan dari adanya peningkatan aktivitas pada bagian yang memproses warna, bersamaan saat sedang mendengar suatu kata.

Selain itu, sinestesia sementara juga dialami saat kamu mengonsumsi obat-obatan, salah satunya obat-obatan psikedelik. Obat tersebut dapat meningkatkan dan menghubungkan pengalaman sensorikmu. Mescaline, Silocybin, dan LSD adalah contoh obat-obatannya. Namun, stimulan lain seperti ganja, alkohol, hingga kafein juga dapat menyebabkan sinestesia sementara.

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya