GenK LIFE

Ikuti 5 Tahap Proses Kreatif untuk Ide yang Lebih Imajinatif

proses-kreatif

3. Insight

tahap-mendapatkan-ide

Ilustrasi ‘cling’ momen (Sumber: pexels.com)

Cling! Bagai mendapat ilham dari Tuhan, tiba-tiba muncul gagasan yang mencengangkan. Momen ‘cling’ ini bisa kamu dapatkan kapan saja dan di mana saja. Misalnya saat sedang mandi, mengendarai mobil, jalan-jalan ke tempat baru, atau sekadar ngobrol sama teman.

Ini terjadi karena alam bawah sadar kamu pada tahap-tahap sebelumnya sudah memilah-milah manakah informasi yang menarik dan punya value. Segera catat ide apapun yang muncul saat itu. Gunanya agar kamu nggak lupa. Bisa rugi kalau kehilangan ide emas. Ide ini kemudian akan diolah lagi di tahap selanjutnya, yaitu tahap evaluasi.

4. Evaluasi

evaluasi-ide

Ilustrasi evaluasi ide (Sumber: pexels.com)

Tahap berikutnya adalah evaluasi ide. Di sini kamu memerlukan kritik untuk refleksi diri. Apakah ide saya layak dan memungkinkan untuk direalisasikan? Apa saja yang kurang? Bagaimana cara mematangkannya? Orang yang sudah andal sekalipun pasti melewati proses ini. Bukan berarti kalah sebelum bertindak. Tetapi tahap ini merupakan cara terbaik untuk menilai gagasan kamu sendiri.

Kamu juga bisa meminta bantuan teman atau rekan kantor. Setiap orang punya cara pandang masing-masing. Sehingga semakin banyak masukan, maka semakin banyak pula ide-ide baru yang kamu dapatkan dari hasil evaluasi. Hingga pada akhirnya kamu yakin untuk memilih ide mana saja yang akan kamu kamu garap nantinya.

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya