GenK LIFE

7 Fakta Unik Tahun Kabisat, Dari Larangan Menikah Sampai Mitos Kelahiran

Banyak orang yang mungkin hanya memahami bahwa tahun kabisat merupakan tahun dimana bulan Februari berjumlah 29 hari dari yang biasanya 28 hari. Ada juga yang hanya tahu kalau tahun kabisat merupakan tahun yang habis dibagi empat. Padahal tak cuma itu saja loh. Ingin tahu lebih banyak tentang tahun istimewa ini? Berikut beberapa fakta yang wajib kamu tahu!

1. Alasan Penamaan Tahun Kabisat

Tahun kabisat 1

Sumber: noordamz.blogspot.com

Sebagian besar negara memberikan tahun yang memiliki jumlah hari berlebih dengan nama Leap Year, yang berasal dari bahasa Inggris. Negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura juga menggunakan Leap Year. Indonesia menggunakan kata Kabisat untuk merujuk kata Leap. Kabisat itu sendiri berasal dari bahasa Arab, Kabisah, yang artinya melompat. Gak heran banyak orang menggunakan katak sebagai simbolnya.

2. Awal Mula Tahun Kabisat

Tahun kabisat 2

Sumber: timeandate.com

 

Tahun Kabisat diusulkan pertama kali oleh seorang astronom bernama Sosigenes of Alexandria yang hidup di zaman kepemimpinan Julius Caesar pada masa Romawi. Ia juga yang menjadi sosok penting di balik pembuatan kalender Julian yang dikenal saat ini. Pada masa itu, menurut Sosigenes waktu yang dibutuhkan Bumi untuk berputar mengelilingi matahari adalah 365,25 hari. 

Hal itu berarti jumlah hari dalam setahun yang saat itu dibenarkan (365 hari) masih kurang 0,25 hari atau 6 jam. Nah, untuk memudahkan penghitungan, waktu revolusi yang kurang setiap tahunnya tersebut disimpan dan digabungkan di tahun keempat (6 jam x 4 = 24 jam/1 hari). Akhirnya bertambahlah satu hari di tahun keempat, bulan Februari.

3. Kenapa tahun Kabisat cuma berlaku di bulan Februari saja?

Tahun kabisat 3

Sumber: happeningmag.com

Pada rancangan pertama kalender Julian,  Februari merupakan bulan terakhir dan Maret bulan pertama. Awalnya Februari terdiri dari 29 hari dan berjumlah 30 hari di tahun kabisat. Namun pada saat Julius Caesar turun tahta dan digantikan oleh August Caesar, August sengaja mengambil satu hari dari Februari untuk ditambahkan pada bulan Agustus yang menyimbolkan namanya sehingga Agustus berjumlah 31 hari.

4. Berapa kemungkinan orang yang lahir di tanggal 29 Februari?

Tahun kabisat 4

Sumber: yenisafak.com

Kebanyakan orang di dunia berpeluang lahir di tanggal 29 Februari sebanyak 1:1461. Atau sekitar lima juta orang di dunia yang lahir di tahun kabisat. Umumnya orang yang lahir di tanggal istimewa tersebut merasa spesial karena lahir di tanggal yang tidak setiap tahun ada.

5. Para Leapers 

Sumber: unsplash.com

Leaper adalah sebutan bagi mereka yang lahir di tanggal 29 Februari. Selain itu, di kota Anthony, Texas, Amerika Serikat selalu diadakan festival dimana para Leaper di seluruh dunia akan berkumpul dan merayakan Leap Year. Perayaan ini diisi dengan parade balon udara, karnaval dan berbagai turnamen yang diikuti para Leaper dari berbagai usia. Gak heran kalo kota ini sering disebut sebagai ibu kota Leaper seluruh dunia.

6. Tahun Kabisat dan Kalender Hijriah 

Sumber: republika.co.id

Sistem pertanggalan Islam yang sangat dikenal di Indonesia dengan sebutan Kalender Hijriyah juga memiliki tahun kabisat, lho. Pada Kalender Hijriyah, jumlah hari pada tahun biasa adalah 354. Sedangkan saat tahun istimewa ini, jumlah hari bertambah satu, yaitu pada bulan ke 12 atau Dzulhijjah, sehingga jumlah hari dalam setahun menjadi 355.

7. Larangan Menikah dan Budaya di Tahun Kabisat 

Sumber: someecards.com

Di Yunani, pasangan justru menolak menikah di tahun istimewa ini karena mereka percaya itu akan membawa nasib buruk. Kepercayaan itu juga dianut warga Italia. Ada peribahasa Italia yang menyebut, “Anno bisesto, anno funesto” yang berarti tahun kabisat, tahun sial.

Di Rusia, tahun ini dipercaya membawa cuaca buruk. Para petani Rusia bahkan menyebut tumbuhan yang ditanam pada tahun ini akan tumbuh ke arah yang salah. Skotlandia juga percaya mitos serupa. Peribahasa kuno Skotlandia menyebut tahun ini bukan tahun yang baik untuk mengembangkan ternak.

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya