Film, Animasi & Video

Tak Hanya Hollywood, Ternyata Ada Banyak Industri Film di Dunia

Bagi kamu penggemar film dan sangat suka menonton film, kamu pasti tidak asing dengan istilah Hollywood. Hollywood memang menjadi salah satu kawasan di Amerika yang terkenal dengan industri perfilmannya yang mendunia.

Ternyata, jauh sebelum Hollywood terkenal menjadi kawasan industri perfilman, area seluas lebih dari 200 hektar di California tersebut merupakan sebuah ladang Toyon atau California Holly. Harvey Henderson Wilxoc, seorang pebisnis kaya membeli ladang tersebut dan nama Hollywood pun diabadikan sejak 1 Februari 1887.

Sejak saat itu, area Hollywood memang sempat berganti-ganti kepemilikan dan beberapa kali beralih fungsi. Hingga akhirnya dibangunlah studio-studio besar, tempat rumah-rumah produksi mengambil gambar film disana hingga akhirnya Hollywood terkenal sebagai salah satu industri perfilman besar di dunia.

Tak hanya Hollywood, ternyata beberapa negara di dunia juga memiliki beragam istilah untuk industri perfilmannya mengikuti jejak kesuksesan Hollywood. Berikut beberapa diantaranya yang mungkin belum kamu tahu.

1. Bollywood

Film Bollywood. (Sumber: Balaji Motion Pictures)

Mungkin kamu juga sudah tak asing dengan nama Bollywood ini. Bollywood merupakan ma tidak resmi dari Industri film yang berpusat di Kota Mumbai India yang telah ada sejak 1970an. Nama Bollywood sendiri berasal dari gabungan kata Bombay (Nama Kota Mumbai sebelumnya) dan Hollywood. Industri ini kini menjadi industri film terbesar di dunia dari jumlah film yang diproduksi.

Film Bollywood biasanya diproduksi menggunakan bahasa Hindi dan dapat  mencapai lebih dari 1.000 buah film pertahun. Jumlah ini bahkan mengalahkan Hollywood yang mencapai sekitar 800an film pertahun.

Beberapa film terkenal dari Bollywood yang mungkin kamu tahu adalah Kabhi Kushi Kabhi Gam, Kuch Kuch Hota Hai dan lain sebagainya yang sering ditayangkan dalam serial televisi. Tak hanya film, beberapa aktor seperti Shah Rukh Khan dan pasangan dalam filmnya Kajol Devgan bahkan merupakan aktor dan aktris Bollywood yang terkenal di dunia.

2. Nollywood

Produksi film Nollywood. (Sumber: techcrunch)

Tak hanya Hollywood dan Bollywood, ada industri perfilman lain yang bernama Nollywood. Nollywood merupakan nama informal industri perfilman yang berpusat di Nigeria. Walau demikian, istilah yang muncul sejak awal 2000-an ini juga belum begitu jelas berasal dari kata apa bahkan sering muncul perdebatan mengenai pemakaiam nama ini.

Walau begitu, bagi sebagian orang nama tersebut merupakan sebuah identitas bahwa Nigeria mampu memproduksi film sendiri dan tidak hanya bisa menikmati film saja.

Baca Juga :   Tes Kemampuan Nalar dengan 4 Film Psychological Thriller Ini
About author

Related posts
Film, Animasi & Video

Bukan Cuma Pria, Ini Dia Karakter Anime Wanita Terkuat!

Film, Animasi & Video

Ini Dia Film-Film Dengan Biaya Produksi Termahal di Dunia!

Film, Animasi & Video

7 Rekomendasi Film Inspirasi Marketer Wajib Tonton Sekali Seumur Hidupmu

Film, Animasi & Video

5 Animasi Ghibli Studio Ini Bakal Bikin Kamu Mellow!