Film, Animasi & Video

Tak Hanya Hollywood, Ternyata Ada Banyak Industri Film di Dunia

Bagi kamu penggemar film dan sangat suka menonton film, kamu pasti tidak asing dengan istilah Hollywood. Hollywood memang menjadi salah satu kawasan di Amerika yang terkenal dengan industri perfilmannya yang mendunia.

Ternyata, jauh sebelum Hollywood terkenal menjadi kawasan industri perfilman, area seluas lebih dari 200 hektar di California tersebut merupakan sebuah ladang Toyon atau California Holly. Harvey Henderson Wilxoc, seorang pebisnis kaya membeli ladang tersebut dan nama Hollywood pun diabadikan sejak 1 Februari 1887.

Sejak saat itu, area Hollywood memang sempat berganti-ganti kepemilikan dan beberapa kali beralih fungsi. Hingga akhirnya dibangunlah studio-studio besar, tempat rumah-rumah produksi mengambil gambar film disana hingga akhirnya Hollywood terkenal sebagai salah satu industri perfilman besar di dunia.

Tak hanya Hollywood, ternyata beberapa negara di dunia juga memiliki beragam istilah untuk industri perfilmannya mengikuti jejak kesuksesan Hollywood. Berikut beberapa diantaranya yang mungkin belum kamu tahu.

1. Bollywood

Film Bollywood. (Sumber: Balaji Motion Pictures)

Mungkin kamu juga sudah tak asing dengan nama Bollywood ini. Bollywood merupakan ma tidak resmi dari Industri film yang berpusat di Kota Mumbai India yang telah ada sejak 1970an. Nama Bollywood sendiri berasal dari gabungan kata Bombay (Nama Kota Mumbai sebelumnya) dan Hollywood. Industri ini kini menjadi industri film terbesar di dunia dari jumlah film yang diproduksi.

Film Bollywood biasanya diproduksi menggunakan bahasa Hindi dan dapat  mencapai lebih dari 1.000 buah film pertahun. Jumlah ini bahkan mengalahkan Hollywood yang mencapai sekitar 800an film pertahun.

Beberapa film terkenal dari Bollywood yang mungkin kamu tahu adalah Kabhi Kushi Kabhi Gam, Kuch Kuch Hota Hai dan lain sebagainya yang sering ditayangkan dalam serial televisi. Tak hanya film, beberapa aktor seperti Shah Rukh Khan dan pasangan dalam filmnya Kajol Devgan bahkan merupakan aktor dan aktris Bollywood yang terkenal di dunia.

2. Nollywood

Produksi film Nollywood. (Sumber: techcrunch)

Tak hanya Hollywood dan Bollywood, ada industri perfilman lain yang bernama Nollywood. Nollywood merupakan nama informal industri perfilman yang berpusat di Nigeria. Walau demikian, istilah yang muncul sejak awal 2000-an ini juga belum begitu jelas berasal dari kata apa bahkan sering muncul perdebatan mengenai pemakaiam nama ini.

Walau begitu, bagi sebagian orang nama tersebut merupakan sebuah identitas bahwa Nigeria mampu memproduksi film sendiri dan tidak hanya bisa menikmati film saja.

3. Wellywood

Lambang nama Wellington. (Sumber: Victoria University of Wellington)

Wellywood merupakan nama informal untuk kota Wellington, Selandia Baru yang juga gabungan dari Wellington dan Hollywood. Kata tersebut dijadikan sebuah referensi untuk bisnis produksi film yang didirikan oleh sutradara “The Lord of the Rings”, Sir Peter Jackson. Ia juga diketahui memiliki kerja sama dengan perusahaan efek khusus Weta Workshop serta Weta Digital.

Industri perfilman ini beroperasi di pinggiram kora Wellingtom, Marimar. Bahkan terdapat sehuau papan nama besar yang didirikan di bukit di Kota Marimar. Namun sayangnya papan nama yang dipasang tahun 2012 lalu tersebut mendapat kritikan hingga akhirnya ada perubahan desain Wellington dengan desain huruf O dan N seperti tertiup angin atau dikenal dengan “Wellington Blown Away”.

4. Kumawood

Produksi film Kumawood. (Sumber: BBC)

Kumawood merupakan penyebutan industri perfilman di Ghana. Umumnya, produksi film Ghana seluruhnya berpusat di Kumasi. Sementara, jantung budaya Ghana sebenarnya berjarak sekitar lima jam perjalanan dari ibu kota pesisir yang lebih kosmopolitan, Accra.

Diungkapkan oleh James Aboagye, seorang produser film jika ada persaingan dalam memainkan peran kunci pengembangan industri film antara Kumasi dan Accra hingga akhirnya Kumawood dikenal menghasilkan sejumlah film sukses.

5. Lollywood

Film Lollywood. (Sumber: Twitter/Mawra Hocane)

Lollywood merupakan industri perfilman asal Pakistan yang berdiri sejak 1929. Dalam kurun waktu 1929 hingga 2007, industri perfilman berpusat di Lahore. Film-film dari Lollywood ini biasanya berbahasa Punjabi atau Urdu. Diperkirakan sudah ada 161 film yang telah dihasilkan Lollywood hingga 2018 lalu.

Kejayaan Lollywood berada di tahun 1959 hingga 1977 yang ditandai dengan banyaknya film yang dihasilkan. Sayanya, memasuki 1990 hingga 2002, industri film ini juga pernah mengalami kebangkrutan bahkan sangkin parahnya, hanya bisa melanjutkan produksi 11 film dari 100 film yang telah direncanakan. Lollywood sendiri kini telah diambil alih oleh Karachi bahkan Lollywood juga kini ikut dikenal sebagai Kariwood.

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

Setelah Pulang Kerja, Nonton 5 Serial Korea Ini Bisa Menghilangkan Stress Dan Lelah Kamu!

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Video Unboxing Super Mudah

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Konten dengan Green Screen Biar Hasilnya Makin Menarik

Film, Animasi & Video

7 Film Indonesia Terbaru tentang Keluarga yang Bikin Emosi Terkuras