GenK LIFE

Tak Hanya Orang Indonesia, Orang Korea juga Percaya Mitos, Loh!

Siapa sih yang tidak tahu soal Korea Selatan? Negara yang terkenal banyak menghasilkan boy band dan girl band ini sedang naik daun loh! Tak hanya dengan K-Pop nya, tapi juga dari berbagai produk buatan negara itu yang terkenal, mulai dari elektronik, kecantikan hingga trend lainnya.

Meski Korea Selatan terkenal juga dengan moderenitas negaranya yang cukup tinggi, tapi masyarakat Korea Selatan sendiri juga masih memiliki kepercayaan yang kuat loh soal takhayul, mitos hingga kepercayaan lainnya yang unik dan berasal dari nenek moyang mereka.

1. Tidak ada angka 4 di lift

Lift. (Sumber: cerpen.co.id)

Di Korea, angka 4 dipercaya sebagai angka sial atau juga angka kemataian. Maka tak heran jika di gedung bertingkat, terutama di liftnya, tak ada angka 4. Jika pun ada, biasanya akan diganti dengan huruf F. Sebenarnya mitos ini berasal dari China dan ikut menyebar ke Korea, Jepang, Thailand, dan wilayah Asia lainnya bahkan di Indonesia sendiri kita sering mendengar soal ini.

2. Pindahan rumah pada tanggal tertentu

Pindahan. (Sumber: upstation).

Pindahan rumah, di Korea gak boleh loh disembarang tanggal! Mitosnya, di tanggal tertentu seperti di tanggal 1, 2, 11, 12, 21, 22 dan 31, maka roh jahat dari tempat tinggal yang lama akan ikut pindah bersama ke tempat yang baru. Masyarakat Korea juga percaya jika pindah saat turun hujan, dapat mendatangkan banyak rejeki.

3. Menggoyangkan kaki saat duduk

Menggoyangkan kaki. (Sumber: shutterstock)

Selain keliatan kurang sopan, menggoyangkan kaki saat duduk, dipercaya akan menyingkirkan keberuntungan dan juga kekayaan. Mungkin karena terlihat kurang sopan, jadi dijauhi orang lain hingga keberuntungan jadi menghilang ya?

4. Bermimpi babi saat malam hari, akan kehilangan uang

Babi. (Sumber: shutterstock)

Mimpi biasanya akan menjadi bunga tidur saja. Tapi, di Korea sendiri, banyak loh yang percaya soal apa yang dimimpikan! Contohnya, jika dalam mimpi bertemu dengan babi, maka siap-siap akan kehilangan keberuntungan ataupun uang nantinya.

5. Tidak boleh pakai baju putih saat hadir ke pernikahan

Pernikahan. (Sumber: Soompi)

Orang Korea percaya, jika datang ke pesta pernikahan dengan pakai baju putih, akan pamali. Hanya pengantin wanita yang berhak memakai gaun putih di pernikahannya. Jika ada tamu yang memakai pakaian putih, akan dianggap tidak sopan dan tidak menghargai wanita.

6. Menuliskan nama orang dengan tinta merah

Menulis dengan tinta merah. (Sumber: shutterstock)

Orang Korea percaya jika menuliskan nama seseorang dengan menggunakan tinta berwarna merah, maka mendoakan orang itu agar cepat meninggal. Di Korea, tinta warna merah memnag dipercaya berkaitan dengan kematian.

7. Gembok cinta di Namsan Tower

Gembok cinta. (Sumber: shutterstock)

Kepercayaan ini cukup populer juga di kalangan masyarakat Korea, bahkan oleh para pendatang, khususnya para remaja dan pasangannya. Jika ke Namsan Tower dan memasangkan gembok cinta dipagar menara yang sudah dituliskan nama dengan pasangan lalu membuang gemboknya sejauh mungkin, makan pasangan itu akan abadi serta tak akan berpisah.

Nah, begitu kira-kira berbagai mitos yang banyak dipercaya oleh masyarakat di Korea. Ternyata, di Korea tak jauh juga ya dengan Indonesia yang masih mempercayai berbagai macam mitos. Lalu kamu sendiri, apakah percaya dengan semua mitos yang telah dibahas diatas?

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya