GenK LIFE

Tak Hanya Sosial dan Ekonomi, Lockdowm juga Berdampak Pada 3 Sektor Ini

3. Sektor Wisata

Ilustrasi objek wisata. (Sumber: Pen Species)

Jika suatu negara sudah dinyatakan lockdown, maka tak akan ada turis yang dapat memasuki negara tersebut, sehingga sektor wisata pun pasti akan merasakan efeknya. Bukan hanya turis manca negara, pemberlakuan lockdown ini juga pasti berlaku bagi para turis domestik yang tentu akan dilarang berpergian ke tempat wisata.

Dilansir dari berbagai sumber, efek lockdown ini tak hanya berdampak pada penutupan tempat wisata saja, melainkan juga pembatalan beragam konser hingga penundaan acara olahraga. Beberapa contoh tempat rekreasi yang harus ditutup akibat pemberlakuan lockdowm adalah Disney di Perancis, Shanghai hingga Tokyo.

Tak hanya tempat wisata, beberapa jadwal konser internasional hingga acara olahraga internasional juga mengalami nasib yang sama, harus tertunda. Festival musik Coachella dan Stagecoach misalnya harus ditunda Oktober mendatang. Sementara festival South By Southwest telah dibatalkan.

Dalam bidang olahraga, beberapa liga sepak bola di Eropa seperti Piala Eropa 2020 memutuskan untuk menunda turnamen hingga tahun depan. Lima besar liga Eropa seperti Liga Italia, Inggris, Spanyol, Jerman, dan Perancis mengumumkan telah menunda sejumlah pertandingan.

4. Sektor Transportasi

Ojek Online. (Sumber: Antara Foto)

Transportasi juga menjadi sektor yang akan mendapatkan dampak yang cukup besar. Mulai dari ojek hingga penerbangan. Ojek, bus, angkot, taksi akan kehilangan banyak penumpang akibat mobilitas masyarakat yang terhenti. Apabila sehari-harinya akan mendapatkan banyak penumpang, maka tentu akan merasakan pengurangan yang drastis akibat kebijakan membatasi diri di ruang publik.

Di India, lockdown sangat berdampak besar bagi warganya terutama dalam sektor transportasi. Lockdown membuat berbagai transportasi umum harus berhenti beroperasi hingga membuat kekacauan. Tak sampai seminggu setelah diterapkan, kebijakan lockdown menyebabkan kerusuhan luar biasa. Dua kasus paling mencolok adalah kelaparan massal dan kematian orang-orang kota yang mencoba pulang kampung.

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya