GenK LIFE

Punya ‘Apotek’ Sendiri di Rumah dengan Tanaman Obat Keluarga

Ketika sakit, kamu pasti memerlukan obat untuk menyembuhkanmu. Nah, selain minum obat yang dijual di apotek, kamu pun bisa menggunakan obat herbal yang berasal dari tanaman. Ini karena ada banyak tanaman obat keluarga yang bisa kamu pakai untuk berobat. Tidak hanya itu, tanaman-tanaman rempah ini juga dapat kamu jadikan bahan makanan dan minuman. Apa saja tanaman obat tersebut? Mari kita simak.

Kunyit

Sumber: pexels.com

Kalau dalam bahasa Inggrisnya, kunyit biasa disebut dengan turmeric. Kamu pasti kenal banget dengan rempah yang unik ini karena warna kuning oranyenya yang khas. Kalau untuk masakan, kunyit paling terkenal sebagai pewarna alami nasi kuning.

Nah, kunyit ini juga sering dijadikan jamu. Salah satunya seperti minuman kunyit asam. Manfaatnya ada banyak, mulai dari menurunkan tekanan darah tinggi, membunuh virus, meredakan demam, menormalkan siklus menstruasi, mengurangi radang gusi hingga menghilangkan bau badan.

Jintan Hitam

Sumber: pexels.com

Mungkin kamu juga sering mendengar istilah habbatussauda yang merupakan nama lain untuk jintan hitam. Sejak dahulu, jintan hitam ini banyak digunakan untuk kesehatan dan juga kecantikan. Kabar baiknya lagi, ternyata kamu bisa juga menanamnya sendiri di rumah.

Ada banyak manfaat jintan hitam. Kamu bisa menggunakannya untuk meredakan nyeri, melawan bakteri, meredakan radang, menyembuhkan maag, menurunkan tekanan darah yang tinggi, serta mengatasi virus dan juga jamur. Jintan hitam juga baik untuk dijadikan obat diabetes.

About author

Related posts
GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD