GenK LIFE

Tantangan Berat yang Menanti Saat Kamu Mulai Rutin Bersepeda

bersepeda

Setiap orang pasti pernah mengawali sesuatu untuk pertama kalinya, termasuk bersepeda. Nah, buat kamu yang lagi suka bersepeda, kamu mungkin sudah membuat jadwal sendiri untuk kegiatan ini. Bisa jadi, kamu bahkan berencana melakukan aktivitas bersepeda hampir setiap hari. Apalagi, kalau kamu memang serius bahkan sampai membeli sepeda baru. Namun, ingat kalau ini sepeda kayuh, bukan motor. Jadi, beda banget pastinya. Bukannya bermaksud melebih-lebihkan, tapi kenyataannya nanti saat kamu mulai bersepeda, banyak tantangan yang akan kamu hadapi. Nggak berlebihan juga kalau kita menyebut aktivitas ini berat. Lagipula, dengan begitu, kamu akan memiliki mental dan fisik yang lebih siap untuk bersepeda. Memangnya apa saja tantangan yang akan kita hadapi saat bersepeda? Untuk pemula, kita bisa memperhatikan hal-hal seperti berikut ini.

Bersepeda itu sulit banget, ini sungguh sebuah realita

bersepeda

sumber: pexels.com

Ini memang jelas. Akan tetapi, saat kamu mencobanya sungguhan maka baru akan terasa kalau kegiatan ini benar-benar melelahkan secara fisik. Bisa jadi kamu akan kaget dibuatnya. Kecuali kamu sudah terbiasa berolahraga sebelumnya, kemungkinan besar kamu akan langsung pegal-pegal begitu pertama kali mencoba bersepeda di jalanan. Meskipun kamu yakin kuat dan bersemangat, pastinya kamu akan basah kuyup karena keringat, bahkan sudah capek duluan setelah mengayuh lima kilometer dari rumahmu. Kamu mungkin akan mulai mengingat kalau bersepeda tidak sesulit ini, waktu kamu keliling kompleks perumahan saat kamu masih kecil. Kini, saat kamu berupaya mengayuh sambil mempertahankan kecepatan agar stabil, rasanya susah. Dahulu memang kamu bersepeda santai, tapi kali ini kamu harus bisa mengayuh dengan cepat, sejauh apa pun jaraknya. Kamu takkan sampai tujuan kalau mengayuhnya semakin pelan. Bersepeda tidak mungkin terasa semakin mudah, tetap saja sulit, tapi saat terbiasa maka kamu akan bisa mengayuh lebih cepat.

Akan ada waktunya kamu melewati jalan menanjak.

melintasi jalan terjal saat bersepeda

sumber: pexels.com

Pertama kalinya kamu menemui jalan tanjakan pasti terasa mengejutkan. Ini bakal membuatmu kaget banget. Tidak ada sesuatu yang lebih menegangkan daripada jalan tanjakan untuk pengendara sepeda pemula. Kamu harus memahami betul setiap komponen kayuh dan rem di sepedamu. Apa saja itu, kenali fungsinya dan di mana letaknya. Tips untuk bersepeda menaiki jalan menanjak di bukit adalah dengan tidak mengayuhnya dengan sangat cepat. Mungkin, kamu mau segera sampai di puncak jalanan tersebut, lalu meluncur turun dengan mudah. Namun, kalau seperti itu, besar kemungkinan saat sampai separuh jalan menanjak, kamu akan lelah dan sepedamu terasa berat serta malah tidak kunjung sampai ke puncaknya. Jadi, semenantang apa pun jalan tanjakan, ini pasti akan kamu jumpai. Kayuh saja sepedamu dengan semangat dan berani, tapi tidak perlu buru-buru.

Baca Juga :   5 Hobi Ini Bisa Jadi Hobi Baru yang Kamu Lakukan Saat Work From Home

Kamu bakal membeli banyak perlengkapan bersepeda

perlengkapan sepeda

sumber: pexels.com

Ujung-ujungnya nanti, kamu pasti bakal membeli banyak perlengkapan sepeda. Kamu akan mencobanya satu per satu untuk sepeda kamu. Sebab, kamu ingin mengetahui seperti apa fungsinya dan cocok atau tidak untuk kebutuhanmu bersepeda. Kamu bakal mengganti pedal, sadel tempat duduk, mungkin menambahkan lampu. Bahkan, kamu akan membeli baju bersepeda khusus, yang biasanya sering dipakai atlet. Soalnya, bukan hanya untuk gaya, tapi kamu akan menyadari kalau kegiatan bersepeda terasa lebih nyaman dan aman dengan memakai baju khusus, serta menggunakan perlengkapan yang baik. Saat kamu baru sadar kalau koleksi baju bersepedamu sudah banyak, inilah momennya kamu jadi pesepeda sungguhan – the real cyclist.

About author

Related posts
GenK LIFE

Yuk, Catat! Ini Dia Financial Planning untuk Gaji UMR

GenK LIFE

Yuk, Kenalan Sama Yang Namanya Bank Asosiatif!

GenK LIFE

Buat Kamu yang Sering Merasa Mager di Pagi Hari, Coba Tips Produktif Ini!

GenK LIFE

Kalau Udah Merasakan Hal Ini, Artinya Tubuhmu Perlu Istirahat, GenK!