Fotografi

Tanpa Light Modifier, Ini Caranya Aplikasikan Teknik Cahaya dalam Foto

teknik cahaya dalam foto

Gimana sih, caranya menghasilkan foto dengan pencahayaan yang sempurna? Mungkin kebanyakan dari kamu akan memilih menggunakan light modifier untuk mengatasi hal ini. Well, daripada menghabiskan waktu untuk mencari modifier terbaik dengan membaca-baca review produk di situs online, kenapa kamu nggak  belajar teknik cahaya dalam foto untuk memanfaatkannya menghasilkan karya yang sempurna? Karena bagi fotografer profesional, modifier seharga ratusan juta rupiah adalah jalan terakhir. Mereka akan menggunakan banyak teknik untuk mendapatkan cahaya terbaik. Yuk, intip gimana sih, tekniknya dari ulasan di bawah ini.

1. Window Light

teknik cahaya window light

sumber: pikwizard.com

Banyak fotografer profesional yang menggunakan teknik window light untuk memotret model mereka. Nggak seperti softbox dan light banks adalah sumber soft light, cahaya yang masuk dari jendela lebih lembut dan nggak terlalu kuat. Selain itu, window light juga dapat menciptakan karakter unik pada hasil jepretanmu. Coba kuasai dulu efek dari satu sumber cahaya sebelum kamu beralih dengan memotret dari beberapa sumber cahaya sekaligus.

2. Bounced Light

teknik pencahayaan bounced light

sumber: oreilly.com

Cahaya yang dipantulkan adalah teknik yang bisa kamu tiru untuk mengubah cahaya yang kuat menjadi lebih lembut. Biasanya fotografer profesional akan memantulkan cahaya ke langit-langit. Hasil cahaya yang dipantulkan biasanya lebih merata. Dan teknik ini nggak berlaku cuma untuk sesi pemotretan di dalam ruangan, loh. Kamu bisa menggunakan cara ini di luar. Kamu nggak perlu lagi deh, menggunakan reflektor sebagai sumber cahaya tambahan. Banyak-banyak latihan biar lebih pro, ya!

3. Silver and Gold Bounce

pencahayaan fotografi silver gold bounce

sumber: futurecdn.net

Alih-alih menggunakan reflektor putih, kamu disarankan memakai silver atau gold reflector. Kedua reflektor ini menciptakan pantulan yang lebih efisien. Reflektor emas memberikan kualitas cahaya yang sangat hangat. Dibandingkan dengan reflektor putih, gold reflector lebih efisien, tapi kurang daripada yang silver. Di pasaran banyak tersedia modifier seperti umbrella atau parabolic dalam dua pilihan warna ini.

About author

Related posts
Fotografi

Mengenal Segitiga Exposure Biar Semakin Jago Fotografi

Fotografi

Cara Menerbangkan Drone untuk Videografi

Fotografi

Low Light Photography Hacks untuk Dapatkan Hasil Jepretan yang Mengesankan

Fotografi

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Perbedaan Bokeh dan Blur, Jangan Sampai Salah Lagi Ya!