Creativepreneur and Career

Teknik Closing Sales Paling Efektif Buat Diterapkan

Teknik Closing Sales

Buat kamu yang pebisnis, pastinya kamu fokus banget buat meningkatkan penjualan. Gimana caranya biar omset perusahaan bisa tercapai. Jadi, tentu aja kamu perlu tahu teknik closing sales buat pemasaran produkmu. 

Nah, karena adanya perubahan di berbagai bidang, seperti teknologi, budaya masyarakat, hingga segmen pasar, teknik buat closing sales sekarang udah nggak sama seperti dulu apalagi 10 tahun lalu. Makanya, kamu harus pakai teknik yang mengikuti perkembangan zaman. Berikut teknik yang efektif buat closing sales:

  1. No Pain No Sales

Cara ini berarti bikin customer sadar tentang kerugian yang bakal mereka alami kalau nggak pakai produk kamu. Tentu aja kamu juga wajib memberitahu manfaat produkmu. Contohnya produk mesin cuci, kalau nggak beli, bakalan capek dan habis waktu buat nyuci.

2. Memberikan Solusi

9 Cara Menjadi Sales yang Sukses

Sumber Gambar : topbrand-award.com

Menjual produk pada dasarnya bertujuan buat memberi solusi atas permasalahan customer. Misalnya, menjual produk bantal kesehatan yang bisa bikin leher nggak sakit, peredaran darah lancar, dan tidur pun jadi nyenyak.

3. Now or Never

Tekniknya yaitu menyampaikan ke customer kalau harga promo yang lagi berlaku cuma bisa untuk pembelian sekarang atau hari ini, nggak bisa besok atau kemudian hari. Bisa juga dengan bilang kalau produknya cuma tinggal 1 aja, kalau nggak buruan beli bisa kehabisan.

4. Asumsi Tentang Customer

cara menjadi sales mobil pemula

Sumber Gambar : kitapunya.net

Asumsikan kalau customer pasti bakal beli produkmu. Jadi, waktu berkomunikasi dengan customer, kamu percaya diri buat closing atau mengarahkan mereka buat membayar. Pakai kalimat yang berani, seperti “Mau ambil berapa pcs?”, “Saya bantu proses pembayarannya, ya”.

5. Berikan Pujian

Pujilah customer kamu karena semua orang itu pasti suka dipuji. Nggak perlu berlebihan serta pilih waktu yang tepat biar kesannya natural. Customer bakalan senang sehingga komunikasimu dengan mereka pun jadi semakin positif.

6. Bikin Customer Merasa Spesial

Kamu bisa beritahukan ke customer kalau mereka pakai produkmu maka mereka sangat spesial. Misalnya, bilang kalau produk tersebut cuma dijual 10 unit di Indonesia. Bisa juga bilang kalau layanan pengantaran produknya cuma buat customer pilihan manajemen perusahaan aja.

7. Mencoret Harga Normal

Teknik closing sales ini pasti sering kamu lihat. Harga yang dicoret biasanya lebih efektif buat bikin customer buru-buru beli produk tersebut, di mana ini adalah psikologis marketing. Misalnya, harga Rp500.000 dicoret dan tampilan harganya jadi Rp199.000 kalau beli produknya hari ini.

8. Perbandingan dengan Produk Kompetitor

Sumber Gambar : majoo.id

Customer jelas senang kalau bisa dapetin kualitas lebih bagus atau harga lebih murah. Caranya, bilang produkmu lebih murah kalau kualitasnya sama seperti produk kompetitor. Jika harga produkmu sama atau lebih mahal dari kompetitor, bilang kalau kualitas produk kamu lebih baik.

9. Tampilkan Ulasan Positif

Semua orang pasti percaya dengan ulasan positif dari pembeli apalagi pelanggan. Makanya, mintalah ulasan positif dari customer yang udah pakai produkmu, kemudian tampilkan di sosmed dan website bisnismu. Ulasan yang positif bisa bikin calon customer terpengaruh buat beli produkmu.

10. Berempati untuk Customer

Teknik Closing Sales

Sumber Gambar : entrepreneur.com

Tunjukkan sikap empati buat customer kamu. Memberikan sisi empati bikin customer merasa kalau kamu memahami mereka dan terasa ada kedekatan emosional. Posisikan seolah kamu adalah mereka dan kamu bisa bercerita pengalaman serupa dengan customer kamu.

Misalnya, ketika ada customer yang curhat tentang pelayanan yang nggak memuaskan dari penjual lain. Nah, begitulah cara kamu melakukan teknik closing sales yang tepat biar customer mau beli produk kamu. Coba diterapkan dan lihat hasilnya, ya.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Membuat Portofolio Desain Interior yang Menarik

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis, Pahami Dulu Perbedaan Paten, Merek dan Hak Cipta

Creativepreneur and Career

6 Point Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner Yang Wajib Dioptimalkan!

Creativepreneur and Career

Manfaat Optimasi E-Commerce Buat Jangka Panjang Bisnis Online