Film, Animasi & Video

Praktis dan Simpel Banget Nih, 4 Teknik Dasar Editing Video

Pengen tahu cara bikin video kece ala para youtuber tapi kurang pede dengan kemampuan editing video kamu? Tenang, walaupun kamu adalah seorang pemula dan belum begitu mahir kamu tetap bisa mencoba mengedit video dengan cara sederhana. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam informasi editing di internet yang tentunya akan membantumu dalam proses editing. Teknik dasar tersebut dibagi menjadi empat, yuk simak apa saja teknik- teknik dasar yang wajib kamu ketahui dalam editing.

1. Trim 

Sumber: cladeo,com

Kamu bisa menggunakan teknik editing trim atau trimming untuk memangkas suatu objek. Proses editing tentu akan sangat membutuhkan fungsi ini, yang mana kamu dapat mengedit suatu bagian ataupun membuang bagian yang tidak kamu inginkan. Selain itu dalam teknik dasar editing video kamu bisa menggunakan fungsi trim untuk memperpendek durasi video yang ditayangkan.

 Adanya Trims ini akan membantu menyusun video sesuai kehendakmu dan tidak ada bagian video yang tidak kamu sukai karena sebelumnya kamu telah melakukan pemangkasan pada bagian yang tidak perlu kamu tampilkan. Jadi bisa sangat menghemat durasi serta besar data yang akan dihasilkan pada output format video akhir nantinya. 

Kamu juga bisa menyesuaikan durasi video dengan kebutuhan acara yang akan kamu lakukan sehingga tidak akan terjadi miscommunication antara lama pemutaran video dengan rundown acara yang kamu buat. Trim ini difungsikan khusus untuk menentukan sebuah awal dan akhir sebuah video. Jadi kita hanya akan menggunakan trim di awal dan akhir video.

Baca Juga :   Yuk Kreasikan Videomu dengan Aplikasi Transisi Video Berikut!

2. Split 

Sumber: cladeo,com

 

Selanjutnya kamu bisa menggunakan teknik editing Split untuk memecah sebuah video menjadi beberapa bagian. Pemecahan video ini akan menguntungkan kamu saat kamu membutuhkan video dengan durasi yang singkat dan berkaitan antara satu video dengan video yang lainnya. Nah, apa sih keuntungannya menggunakan Split pada editing video. Pertama kamu tidak perlu memutar video dari awal lagi misal ingin memutar video di bagian tengah.

 Kedua, secara otomatis video yang sudah di-split akan terbagi menjadi beberapa bagian, ini memudahkanmu saat ingin memutarnya. Ketiga, adanya split sangat bermanfaat untuk acaramu yang mengonsepkan acara inti dengan selingan video atau musik. Cara melakukan split pun juga sangat mudah, kita hanya perlu meletakan kursor pada bagian yang ingin kita beri efek split kemudian tekan tombol S pada keyboard. Split pun sudah aktif dalam video buatan kita.

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

Bukan Cuma Pria, Ini Dia Karakter Anime Wanita Terkuat!

Film, Animasi & Video

Ini Dia Film-Film Dengan Biaya Produksi Termahal di Dunia!

Film, Animasi & Video

7 Rekomendasi Film Inspirasi Marketer Wajib Tonton Sekali Seumur Hidupmu

Film, Animasi & Video

5 Animasi Ghibli Studio Ini Bakal Bikin Kamu Mellow!