Fotografi

Yuk, Pelajari Teknik Fotografi Arsitektur untuk Hasil Foto Sempurna!

fotografi arsitektur

Di masa modern ini, seringkali keindahan arsitektur diabadikan melalui jepretan foto. Baik untuk foto majalah, akun media sosial, atau sekadar buat hobi. Banyak orang mulai tertarik mempelajari fotografi arsitektur. Keuntungannya jika kamu mempelajari teknik fotografi ini yaitu membuatmu lebih paham akan visual dari sebuah bangunan. Kamu pun akan semakin mengerti berbagai ‘bahasa’ arsitektur.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil foto yang keren, maka kamu perlu meningkatkan kualitas fotografimu. Triknya adalah dengan menciptakan foto yang bisa menyampaikan cerita melalui gambarnya. Ini berarti menggabungkan konteks, ruang dan waktu dengan seimbang. Berikut teknik fotografi yang bisa membuat foto arsitekturmu terlihat semakin keren.

Memotret dalam kondisi cuaca dan waktu berbeda dalam satu hari

fotografi bangunan

sumber: adsttc.com

Kebanyakan fotografer mencari waktu dalam sehari di mana pencahayaannya dramatis untuk memotret. Misalnya, ketika matahari terbenam sehingga bayangannya terlihat panjang dan banyak subjek pemandangan kelihatan berwarna cerah. Kamu juga bisa memotret di kondisi cuaca berbeda, misalnya saat berkabut di pagi hari dan ketika gelap saat malam.

Memprioritaskan pencahayaan yang bagus

pencahayaan foto

sumber: adsttc.com

Kapan saja kamu memotret, pencahayaan yang baik harus selalu menjadi prioritas. Sebab, pencahayaan arsitektur yang bagus membantu mempertegas ruang, struktur atau atmosfer tertentu, sehingga ini berperan besar dalam menonjolkan apa yang ingin kamu sampaikan melalui fotomu. Orang yang melihatnya juga memiliki pemahaman spesifik mengenai arsitektur di fotomu. Jika pencahayaan tidak memungkinkan untuk membidik detail bangunan, kamu bisa menggunakan trik shadow photography, lho. Trik ini bisa menunjang visual foto kamu juga.

Mencari angle foto yang unik

angle foto

sumber: adsttc.com

Bermain dengan perspektif seru dan bisa membantumu menciptakan foto yang bagus. Luangkan waktu sebentar untuk menemukan angle atau sudut yang unik sehingga bisa memperlihatkan keunikan arsitektur itu sendiri. Misalnya, potretlah bangunan kolam renang indoor dari tepat di pinggir tengah ruangan. Teknik foto ini menciptakan efek keindahan bangunan yang sangat bisa diapresiasi melalui foto.

Jangan takut menyertakan subjek manusia di dalam foto

gedung kosong

sumber: adsttc.com

Seringkali, orang-orang jarang menyertakan subjek manusia di dalam foto arsitektur. Ada kesan yang menyebut bahwa adanya orang yang ikut difoto di dalam fotografi arsitektur, bisa mengurangi keindahan fotonya. Namun, fotografer arsitektur modern sudah mulai melawan tren ini. Artinya, kamu bisa banget, kok, memasukkan objek manusia ke dalam fotomu agar terlihat lebih candid.

Tangkap detail subjek foto dengan sangat jelas

objek foto arsitektur

sumber: adsttc.com

Meskipun kamu menggunakan lensa wide-angle yang menghasilkan jepretan bagus dengan ukuran foto besar, fotografi arsitektur memerlukan lebih dari itu. Kamu bisa mempelajari dulu tentang macam-macam lensa kamera agar mengetahui lensa apa yang kamu butuhkan. Sebab, bangunan memiliki detail-detail kecil yang rumit. Jadi, kalau kamu memotret dalam wujud keseluruhan bangunan yang besar, detail kecil tersebut bisa hilang. Teknik yang bisa digunakan adalah mendekat ke objek arsitekturmu untuk memotret. Misalnya kamu mengambil foto sebuah konstruksi bangunan.

Gunakan peralatan fotografi berkualitas terbaik

penggunaan drone

sumber: adsttc.com

Kalau kamu serius ingin mempelajari fotografi dengan subjek foto arsitektur, dan mau mendapatkan hasil dengan kualitas tinggi, mulailah berinvestasi pada peralatan fotonya. Pilih lensa wide-angle karena ini cocok untuk foto bangunan dan interior. Gunakan tripod untuk memudahkanmu juga. Nggak harus yang mahal, banyak tripod murah terbaik dengan harga di bawah 1 juta, lho. Kamu juga dapat menggunakan filter polarisasi. Bisa juga kamu lengkapi dengan drone untuk fotografi next level.

Demikian sedikit tips fotografi arsitektur untuk kamu yang sedang mulai belajar teknik foto ini. Kamu bisa mulai mencoba menerapkannya pada kegiatan fotografimu berikutnya. Oh iya, jangan lupa selalu lakukan riset untuk menemukan tempat-tempat yang menarik. Temukan tempat yang menurutmu memiliki arsitektur bangunan dengan estetik bagus. Ini tentu penting untuk membuat fotomu terlihat lebih menarik. Good luck!

Editor: Isyhari Maheswar

About author

Related posts
Fotografi

Foto Biasa Jadi Lebih Menarik dengan Teknik Focus Stacking

Fotografi

Bagus Banget! Berikut Cara Pewarnaan Foto Dengan Teknik Sepia Tone

Fotografi

3 Tips Unik dalam Wedding Videography, Dijamin Hasilnya Ciamik!

Fotografi

Bisnis Newborn Photography, Menarik dan Menjanjikan