Fotografi

Teknik Fotografi Ini Ciptakan Hasil Jepretan yang Makin Ciamik

teknik dalam fotografi

Fotografi bukan hanya sekedar aktivitas jeprat-jepret kamera lalu menghasilkan foto yang bagus. Perlu dipahami bahwa setiap foto yang bagus pasti diimbangi dengan teknik mumpuni yang dikuasai oleh fotografernya. Meskipun alat yang digunakan biasa saja, misal kamera yang bukan edisi terbaru, tekniklah yang berhasil membuatnya menjadi karya yang mengagumkan. Ada banyak teknik fotografi yang bisa kamu kuasai untuk bisa menghasilkan foto yang ciamik. Berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Pengaturan Cahaya

teknik lighting foto

sumber: digitalsynopsis.com

Foto adalah seni melukis cahaya. Pemilihan cahaya yang tepat akan membuat foto nampak menarik. Kebanyakan, kamu akan berpikir bahwa memotret dengan cahaya yang sangat terang adalah paling baik. Namun kenyataannya tidak demikian. Kebutuhan terang atau redupnya cahaya ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Kebanyakan fotografer memang memilih cahaya lebih terang untuk mendapatkan detail objek. Kemudian kamu juga bisa memanfaatkan cahaya alami seperti sinar matahari pada waktu-waktu tertentu seperti pagi atau sore hari. Pemilihan cahaya saat mendung juga bisa jadi opsi terbaik saat melakukan pemotretan outdoor.

2. Pemilihan Angle Foto

belajar angle foto

sumber: wikihow.com

Ketika suatu tempat viral di media sosial maka tidak lama kemudian tempat tersebut akan langsung diserbu pengunjung. Salah satu hal yang pasti akan mereka lakukan yaitu mengambil foto. Dari ratusan atau ribuan orang yang datang ke tempat tersebut pasti akan mengambil gambar dari objek yang sama. Sekarang, coba bayangkan apakah orang akan tertarik untuk melihat gambar yang sama? Jawabannya tentu tidak. Oleh karena itu, kamu perlu memilih angle atau sudut pandang pengambilan foto yang tepat. Pilih angle yang unik tapi tetap membuat orang tertarik untuk melihatnya. Sebagai tips, kamu bisa menggunakan teknik fotografi siluet atau menggunakan teknik foto dengan menggunakan dedaunan sebagai efek vignette atau efek gelap di sudut foto kamu.

3. Penempatan Objek Foto

objek foto

sumber: photographytalk.com

Walaupun terlihat sepele, penempatan objek juga berpengaruh terhadap hasil jepretanmu, Genk. Perhatikan pula aturan rule of third saat pengambilan sebuah gambar. Posisikan objek-objek dalam fotomu dalam komposisi yang tepat. Salah satu tool yang bisa kamu gunakan sebagai bagian dari teknik fotografi kamu adalah dengan menggunakan bantuan grid. Kamu bisa menggunakan bantuan grid atau kotak-kotak panduan pada layar kameramu untuk membantu menempatkan posisi objek. Pastikan tidak ada bagian yang kosong dan mengganjal pada fotomu. Jika memungkinkan, tentukan objek mana yang akan menjadi fokus atau point of interest.

4. Tentukan Konsep Foto di Awal

jenis konsep foto

sumber: expertphotography.com

Pada keadaan tertentu, kamu pasti akan berhadapan dengan foto yang mengharuskan konsep-konsep sesuai dengan temanya. Pada umumnya, momen yang akan mengangkat suatu konsep tertentu adalah foto prewedding, buku angkatan, dan lain-lain. Tentukan konsep tersebut secara matang sebelum kamu mulai memotret. Perhatikan objek apa saja yang akan kamu ambil, angle, dan jenis pencahayaan seperti apa yang dibutuhkan. Semakin matang konsepmu maka akan lebih mudah dalam pengaplikasiannya.

5. Finalisasi Foto dengan Teknik Editing yang Tepat

finalisasi hasil jepretan

sumber: blog.depositphotos.com

Terakhir adalah teknik yang bisa dikatakan lepas dari kamera akan tetapi berpengaruh pada hasil akhir foto yaitu editing. Sebagai seorang fotografer kekinian, kamu juga perlu menguasai teknik editing foto. Misalkan kamu akan memotret menu makanan di suatu restoran. Agar foto makanan tersebut tampak sangat detil, kamu bisa menggunakan sinar matahari atau lampu tambahan yang terang. Foto asli dengan pencahayaan seperti ini biasanya kurang menimbulkan nafsu makan orang yang melihat foto. Oleh karena itu, kamu kamu perlu sedikit teknik editing untuk menonjolkan beberapa detil agar orang lebih tergugah selera makannya. Akan tetapi perlu diingat, Genk, jangan terlalu berlebihan dalam mengeditnya, ya.

Itulah lima teknik fotografi yang bisa kamu kuasai. Cukup dengan lima teknik dasar ini kamu sudah bisa menghasilkan foto yang ciamik. Meski demikian, masih ada banyak teknik lain yang harus kamu pelajari, seperti aturan komposisi dalam fotografi. Tentu saja kamu bisa belajar dari teman-teman komunitas atau para profesional, karena sekarang semua belajar dari rumah aja, daftar kelas online atau dari Youtube.

About author

Related posts
Fotografi

Tips Meningkatkan Komposisi Foto Agar Lebih Menarik dengan Natural Framing

Fotografi

Catat Panduan Penting Buat Fotografi Drone

Fotografi

Mengenal Segitiga Exposure Biar Semakin Jago Fotografi

Fotografi

Cara Menerbangkan Drone untuk Videografi