Seni Rupa & Desain

Teknik Gambar Dussel untuk Sketsamu Biar Jadi 3D

teknik gambar dussel

Kalau kamu serius belajar menggambar, meskipun kamu tidak mengambil jurusan seni, maka kamu perlu tahu sejumlah teknik gambar yang paling penting. Nah, teknik gambar dussel adalah salah satunya. Teknik ini dilakukan dengan cara membuat gambar dengan menggunakan pensil. Lantas, apa sebenarnya teknik dussel dan bagaimana cara menerapkannya? Mari kita simak!

Apa Itu Teknik Dussel?

teknik gambar dussel

Sumber: lalalaila.com

Teknik gambar dussel adalah cara menggambar yang bisa menentukan tampilan gelap dan terang objek gambarnya, dengan menggoreskan pensil gambar dalam posisi rebah atau miring. Menurut sejarahnya, teknik dussel dilakukan dengan menggunakan alat bantu seperti tisu, kapas, gulungan kertas atau juga bisa menggunakan jari tangan. Cara menerapkannya yaitu dengan cara menghilangkan atau memperhalus garis dengan cara digosok-gosok atau istilahnya “dussel.”

Efek Gambar dengan Teknik Dussel

teknik gambar dussel

Sumber: lalalaila.com

Metode dussel atau sikat dilakukan dengan menyikat gambar beberapa kali sampai menghasilkan gradasi atau bayangan yang cocok. Di samping itu, gambar hasil teknik dussel juga sangat halus. Teknik yang paling mudah dan sederhana yaitu dengan menggunakan pensil, lalu arsirannya digosok satu arah dengan jari, sehingga terciptalah warna yang halus.

Untuk menciptakan bayangan hitam, kamu dapat ulangi arsiran dan disikat hingga beberapa kali lebih banyak, sampai tercipta corak hitam sesuai dengan yang kamu mau. Sementara, apabila kamu ingin mendapatkan corak yang cerah, arsir tipis saja sambil gosok-gosok dengan jari.

Baca Juga :   Teknik Gambar 1 Perspektif Super Mudah, Bisa Kamu Coba Sekarang Juga

Mempersiapkan Peralatan Menggambar

teknik gambar dussel

Sumber: lalalaila.com

Pertama, siapkan penggaris supaya gambarmu lebih rapi, serta bisa digunakan untuk mengukur gambar dengan lebih akurat. Kemudian, siapkan pensil 2B, 4B atau apa saja pensilnya yang tebal. Namun, kamu disarankan menggunakan pensil 4B. Siapkan juga kertas gambar yang berukuran pas sesuai dengan kebutuhanmu. Terakhir, pastikan kamu juga mempersiapkan penghapus. Jadi, kamu bisa menghapus dengan mudah saat terjadi kesalahan ketika sedang menggambar.

Langkah Menggambar dengan Teknik Dussel

Berikut langkah menggambar dengan menerapkan teknik dussel:

  1. Mempersiapkan semua peralatan menggambar.
  2. Sekarang, gunakan kertas gambar sebagai media menggambar. Buat garis tepi atau outline pada kertas.
  3. Setelah garis tepi dibuat, kini gambarlah sketsa objek sesuai dengan yang kamu mau. Objek tersebut bisa berupa wajah manusia, hewan, tumbuhan, pemandangan alam dan masih banyak lagi.
  4. Selanjutnya, jika gambar sketsa sudah selesai, kamu bisa mulai menggoreskan pensil dengan cara dimiringkan atau direbahkan pada setiap bagian objek gambarmu.
  5. Kemudian yang terakhir, buat efek gradasi dengan menggunakan penghapus. Hapus bagian-bagian tertentu sehingga muncul efek bayangan yang membuat gambarmu kelihatan seperti sebuah objek tiga dimensi. Inilah cara menerapkan metode dussel.

Kunci Penting Arsiran dalam Teknik Gambar Dussel

teknik-gambar-dussel

Sumber: lalalaila.com

Hal penting yang perlu kamu ingat yakni kamu mengetahui arsiran yang tepat untuk objek gambarmu. Jadi, kamu tahu di mana bagian yang harus diarsir gelap, mana yang harus dibiarkan terang, mana yang diarsir tipis-tipis saja. Ini penting karena menentukan hasil akhir dari gambar sketsamu. Teknik arsir yang tepat akan membuat gambarmu kelihatan lebih estetik dan juga makin hidup.

Jadi, kamu telah membaca pengertian tentang teknik gambar dussel, serta cara mengaplikasikannya dengan tepat. Sebenarnya, teknik ini cukup simpel dan nggak memerlukan peralatan serta persiapan yang ribet. Kuncinya terletak pada cara mengarsir agar gambarmu terlihat lebih nyata dan hidup. Semakin sering mencoba berlatih menggambar, maka kamu akan makin menguasai tekniknya. Jangan ragu juga buat nunjukin hasil karya di Instagram seperti ilustrator kece ini. Selamat mencoba!

Baca Juga :   Tutorial Cara Menggambar Mata Anime
About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Channel YouTube Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Melakukan Room Makeover Ala KDrama!

Seni Rupa & Desain

7 Font YouTube Thumbnails Agar Terlihat Unik dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?