Seni Rupa & Desain

Mengenal Teknik Gambar Siluet, Hasilnya Super Estetik

teknik gambar siluet

Menggambar itu caranya nggak asal-asalan, lho. Ada teknik-teknik tertentu yang perlu kamu tahu. Apalagi, jika kamu memang serius belajar menggambar, terutama kalau kamu mempelajarinya secara otodidak. Nah, salah satu teknik menggambar yang terpenting adalah teknik gambar siluet dengan space positif dan negatif. Teknik ini menciptakan gambar hitam putih dengan komposisi yang seimbang. Yuk, simak ulasan selengkapnya.

Pentingnya Space Positif dan Negatif

Space positif dan negatif memiliki peran yang sangat penting untuk menentukan seluruh komposisi di dalam sebuah karya seni. Terutama bila kamu menggunakan teknik gambar siluet. Dengan memahami space positif dan negatif, serta mengaplikasikan ilmu menggambar yang kamu miliki, maka kamu bakal lebih sukses dalam mendesain komposisi gambarmu.

Apa Itu Space Positif dan Negatif?

Secara sederhana, space positif menunjukkan area di sebuah karya seni gambar yang berupa subjek, atau area of interest. Sementara, space negatif menunjukkan area yang berada di sekitar subjek atau area of interest.

Coba kamu perhatikan gambar di bawah ini. Apa yang kamu lihat, apakah wajah atau vas?

wajah atau vas

Sumber: thevirtualinstructor.com

Kalau kamu melihat vas, maka yang kamu lihat adalah area putih sebagai space positif. Sedangkan, area berwarna hitam menjadi space negatif. Lalu, apabila kamu melihat dua wajah, maka kamu melihat area hitam sebagai space positif. Sementara, area putih merupakan space negatif. Inilah salah satu contoh teknik gambar siluet, GenK!

Baca Juga :   Teknik Gambar 1 Perspektif Super Mudah, Bisa Kamu Coba Sekarang Juga
About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Channel YouTube Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Melakukan Room Makeover Ala KDrama!

Seni Rupa & Desain

7 Font YouTube Thumbnails Agar Terlihat Unik dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?