Creativepreneur and Career

Teknik Guerilla Marketing, Kiat Sukses Gaet Banyak Viewer

guerilla-marketing

Ada banyak trik dalam dunia marketing agar bisa sukses menarik target semaksimal mungkin, salah satunya adalah teknik Guerilla marketing alias pemasaran guerilla yang kali pertama diperkenalkan oleh Jay Conrad Levinson. Apa bedanya teknik marketing guerilla dengan lainnya?

Guerilla marketing prinsipnya membidik target semaksimal mungkin dengan peluru seminimal mungkin. Misal, dengan melakukan teknik promosi di media yang bisa menjangkau banyak viewer. Nggak sembarangan kalau mau bikin target tertarik, kamu harus kreatif membuat promosi dalam bentuk iklan.

Menekankan teknik komunikasi sporadis, Guerilla marketing menggunakan biaya rendah demi mencapai hasil optimal, dengan prinsipnya sama seperti hukum ekonomi. Seiring dengan kemajuan teknologi, di mana marketing merambah ke dunia digital, teknik ini pun berubah jadi Guerilla digital marketing.

Gimana sih, penerapan Guerilla marketing dalam dunia bisnis agar sukses menggaet banyak viewer? Intip uraian lebih dalam tentang teknik marketing satu ini di penjelasan berikut.

Kenalan Lebih Jauh tentang Guerilla Marketing dalam Bisnis

tentang Guerilla Marketing dalam Bisnis

Sumber: medium.com

Sticker bombing, flash mobs hingga graffiti, adalah beberapa contoh teknik Guerilla marketing atau strategi periklanan nggak umum dengan biaya rendah. Alih-alih melibatkan anggaran marketing yang besar, konsep pemasaran gerilya guerilla justru berfokus pada waktu, energi dengan tambahan imajinasi.

Tujuan dari konsep pemasaran guerilla adalah untuk menciptakan konsep interaktif, komunikatif, dan unik yang sanggup menarik banyak orang untuk ikut berpikir. Semua itu dilakukan bukannya tanpa maksud, lho. Misi dari Guerilla marketing adalah agar bisa menghasilkan buzz yang mendorong banyak orang untuk lebih intens ngomongin merek dan bisnismu.

Gimana Strategi Pakai Guerilla Marketing yang Benar Agar Hasilnya Optimal?

Nggak bisa asal-asalan, berikut ini adalah beberapa rahasia khusus untuk menggunakan strategi pemasaran gerilya a la guerilla dengan benar supaya hasil yang kamu dapat juga lebih optimal.

1. Gandeng Komunitas dengan Bantuan Medsos

Gandeng Komunitas dengan Bantuan Medsos

Sumber: ahoy.co.uk

Jangan harap kamu bisa menjalankan konsep pemasaran gerilya ini tanpa menjalin kerja sama dengan komunitas tertentu. Nggak bisa sembarangan, komunitas itu harus punya kesesuaian dengan brand, produk atau jasa yang mau kamu promosikan. Coba cari tahu lebih banyak tentang komunitas yang ada., atau kamu bisa membangun komunitas sendiri dengan mengandalkan media sosial. Setelah itu, pastikan kamu memahami dan mempelajari lebih lanjut mengenai kesukaan komunitas tersebut.

2. Temukan Ide kreatif dengan Think Outside the Box

Temukan Ide kreatif dengan Think Outside the Box

Sumber: kinstacdn.com

Seperti dijelaskan oleh Nathan Dube, pakar marketing, teknik Guerilla marketing adalah kombinasi sempurna antara seni, humor, musik, misteri, kultur dan dinamika sosial yang punya peran sebagai promosi penjualan tanpa secara jelas memperlihatkan kalau itu adalah promosi penjualan.

Teknik ini juga mengutamakan taktik yang fleksibel dan nggak jarang mengalami perubahan-perubahan. Contohnya, kamu warga Romania dan saat ini Twitter nggak bisa diakses, maka ada kompensasi yang kamu terima, yakni menu gratis dari KFC. Contoh lain adalah keberadaan Tweetup, pertemuan suatu komunitas Twitter di dunia nyata.

Kamu harus merencanakan hal yang spesial dan menarik untuk menyelaraskan pertemuan dengan filosofi Guerilla marketing. Itulah kenapa kamu dituntut bisa berpikir di luar kotak. Intinya, carilah ide-ide anti-mainstream yang nggak pernah terpikirkan sebelumnya.

3. Lakukan Flash Mob alias Teater Jalanan yang Lucu dan Menarik

Lakukan Flash Mob alias Teater Jalanan yang Lucu dan Menarik

Sumber: twimg.com

Teknik Guerilla marketing selanjutnya yang nggak boleh dilewatkan dan harus kamu lakukan adalah flash mob. Flash mob sendiri merupakan salah satu bentuk teater jalanan dadakan. Biasanya tampilan flash mob lucu dan menarik. Untuk itu kamu harus terlebih dahulu mempersiapkan dokumentasi. Jadi, video flash mob bisa diunggah di YouTube atau platform medsos lain. Kalau flash mob-mu menarik, maka bakal makin mudah menjadi viral dan ramai diperbincangkan di jejaring sosial.

4. Proses Transaksi yang Mudah Jadi Daya Tarik

Proses Transaksi yang Mudah Jadi Daya Tarik

Sumber: scmp.com

Apa yang paling dibenci orang ketika melakukan pembayaran? Proses transaksi yang merepotkan. Yups, nggak sedikit orang yang sangat anti jika harus melalui proses transaksi yang riweuh saat beli sesuatu. Nah, adanya konsep pemasaran Guerilla dimaksudkan untuk membuat bagian yang bikin repot serta sulit menjadi lebih mudah untuk dilakukan oleh pembeli.

5. Update, Update dan Update!

Update, Update dan Update!

Sumber: freerangestock.com

Yang namanya medsos nggak akan berhenti berkembang. Medsos bakal selalu mengalami perubahan secara berkelanjutan. Kalau nggak mau tenggelam dan dilupakan, kamu harus terus memperhatikan tren. Selain itu, kamu juga harus memiliki kemampuan untuk memprediksi masa depan. Ikuti selalu perkembangan teknik Guerilla marketing untuk mempererat hubunganmu dengan follower di medsos. Selain memperhatikan taktik dan strategi, kamu nggak boleh abai terhadap perubahan selera pasar. Pikirkan ide-ide baru yang segar dan susun rencana strategi marketing di masa depan.

Jika kamu serius mengaplikasikan teknik Guerilla marketing pada bisnismu, nggak diragukan lagi, kamu bakal bisa merebut konsumen sebanyak apa pun tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan