Fotografi

Mengenal Macam-Macam Teknik Pencahayaan dalam Fotografi

cover-teknik-pencahayaan

3. Side Lighting

side-lighting

Teknik side lighting (Sumber: samclarkphotography.weebly.com)

Sesuai namanya side lighting merupakan teknik pencahayaan yang di mana sumber cahaya berada persis di samping objek. Nggak selalu 90 derajat, bisa disesuaikan juga dengan posisi objek. Ketika menggunakan side lighting, kamu mesti berhati-hati, karena kamu harus tahu di mana bayangan akan jatuh. Kebalikan dari front lighting, side lighting malah menghasilkan tampilan yang menawan dengan kedalaman dimensi.

4. Rim Lighting

rim-lighting

Penggunaan rim lighting (Sumber: pexels.com)

Pencahayaan pada fotografi yang berikutnya adalah rim light yang terjadi ketika latar foto gelap tetapi tetap mendapat cahaya yang redup di sekitar objek. Fenomena ini terjadi karena cahaya menyorot pada sudut ¼ dari objek. Rim lighting termasuk ke dalam jenis pencahayaan fotografi golden hour yang pernah kami bahas di artikel sebelumnya.

Baca Juga :   Mengabadikan Keindahan Galaksi dengan Cara Foto Milky Way

5. Back Lighting

back-lighting

Contoh back lighting (Sumber: pexels.com)

Jenis back lighting adalah ketika cahaya benar-benar berada di belakang objek. Ini merupakan teknik yang paling tricky dibanding teknik pencahayaan yang sebelumnya sudah kami sebutkan di atas. Jika kamu salah sedikit saja, objek akan terlihat gelap total seperti siluet dan tercipta garis-garis cahaya yang mengelilingi objek. Solusinya adalah dengan mengaktifkan mode manual kamera agar pengaturannya lebih leluasa. 

Itu dia jenis-jenis teknik pencahayaan fotografi yang mesti kamu kuasai. Jika kamu sudah menguasai dasar-dasarnya, mau memotret apapun akan jauh lebih mudah. Sekarang ambil kameramu, pergi ke hunting ke lokasi menarik di kotamu, cobalah memotret sambil mempertimbangkan sumber dan arah cahayanya.

Polling

Baca Juga :   Tips Rain Photography Agar Fotomu Makin Nyata
About author

Related posts
Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!

Fotografi

Komposisi dan Pencahayaan Dibalik Foto Interior yang Menarik

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet

Leave a Reply

Your email address will not be published.