GenK LIFE

Teknik Pomodoro, Kerja Produktif dengan Waktu yang Efektif

teknik pomodoro

Tidak terasa waktu berjalan begitu cepat seakan 24 jam sehari tidaklah cukup. Belum lagi kegiatan yang padat membuat jeda waktu dari pagi ke malam berlalu begitu saja. Time is money! Kalau seharian diisi dengan kerja, kerja, dan kerja, lalu kapan dong istirahatnya? Yap, menyelesaikan tugas adalah kewajiban, tapi ingatlah bahwa fisik dan psikologismu juga butuh istirahat. Keduanya harus berjalan secara seimbang.

Buat kamu yang penasaran bagaimana cara agar tetap produktif dengan menyeimbangkan waktu bekerja dan istirahat, sebetulnya kunci utamanya ada di pengaturan waktu. Misalnya kamu adalah orang yang mudah terdistraksi dengan notifikasi pesan di ponsel, sehingga membuat pekerjaan jadi terbengkalai. Mungkin inilah saat yang tepat untuk menerapkan teknik pomodoro saat beraktivitas sehari-hari. 

Apa Itu Teknik Pomodoro?

Teknik pomodoro adalah teknik belajar berdasarkan pengaturan waktu di saat kamu melakukan sebuah tugas dengan keadaan fokus secara maksimal dalam jangka waktu yang ditentukan. Fokus maksimal membantumu berhasil mengerjakan tugas dengan cepat dan efisien, tidak ada lagi yang namanya begadang karena tugas yang tak kunjung beres. Tidak hanya fisik, tapi mentalmu juga bisa ikut istirahat deh.

teknik pomodoro

Meteran teknik pomodoro (sumber: entregurus.com)

Teknik ini pertama kali ditemukan dan dikembangkan oleh Francesco Cirillo pada awal 90-an karena ia sulit fokus saat belajar. Mungkin nama teknik ini masih terdengar asing di telingamu, karena kata “pomodoro” sendiri berasal dari bahasa Italia yang artinya “tomat”. Cara kerjanya terinspirasi dari cara memotong tomat ketika Francesco masih menjadi mahasiswa. Ia berpikir bahwa sebenarnya tugas akan menjadi mudah jika dibagi ke dalam interval waktu yang singkat. Sederhana bukan? Namun untuk mencapai target utama dibutuhkan konsistensi yang mesti dijaga terus-menerus supaya lama-kelamaan tertanam menjadi kebiasaan baik.

Baca Juga :   6 Aplikasi Cara Meningkatkan Fokus di Android dan iOS

Cara Kerja Teknik Pomodoro

Menerapkan teknik pomodoro sebagai pola kerja baru merupakan pilihan tepat. Sebelum mulai ke praktik, ketahuilah bahwa ada enam langkah dasar dalam teknik pomodoro. Mari disimak satu per satu.

  1. Memilih tugas apa yang hendak kamu selesaikan
  2. Mengatur timer sesuai ketentuan teknik pomodoro. Umumnya, kamu harus dapat menyelesaikan satu tugas dalam waktu 25 menit. Bukan berarti 1 tugas untuk 25 menit yah, karena ini hanya untuk mempermudah. Bagilah 1 tugas ke menjadi beberapa sesi. Masing-masing sesi memiliki durasi 25 menit.
  3. Mulai kerjakan tugas tersebut tanpa terganggu oleh oleh apa pun, kuncinya adalah fokus. Tidak ada yang namanya membuka ponsel, scrolling profil Instagram teman, atau mention-an di Twitter. 
  4. Setelah 25 menit, timer akan berbunyi yang menandakan sesi pertama sudah selesai. Buat catatan berisikan pekerjaan apa saja yang sudah kamu selesaikan di sesi pertama.
  5. Istirahat sejenak selama 3-5 menit. Kamu bebas melakukan apa pun, seperti mengambil minum, stretching badan, atau cek media sosial. Setelah itu kamu harus kembali bekerja di sesi kedua teknik pomodoro.
  6. Apabila kamu sudah masuk ke sesi keempat, kamu bisa mengambil jeda istirahat lebih panjang selama 15-30 menit. Tugasmu belum selesai juga? Reset lagi timer pomodoro dan ulang polanya dari sesi pertama lagi.
Baca Juga :   Meningkatkan Produktivitas dengan To Don’t List
About author

Related posts
GenK LIFE

Yuk, Catat! Ini Dia Financial Planning untuk Gaji UMR

GenK LIFE

Yuk, Kenalan Sama Yang Namanya Bank Asosiatif!

GenK LIFE

Buat Kamu yang Sering Merasa Mager di Pagi Hari, Coba Tips Produktif Ini!

GenK LIFE

Kalau Udah Merasakan Hal Ini, Artinya Tubuhmu Perlu Istirahat, GenK!