Fotografi

Bagus Banget! Berikut Cara Pewarnaan Foto Dengan Teknik Sepia Tone

Buat kamu yang hobi atau sedang menggeluti bidang fotografi, pastinya setuju bukan jika pewarnaan sebuah foto sangat berpengaruh terhadap estetika dari sebuah foto? Bukan Cuma komposisi kamera atau penempatan angle yang pas, kamu juga pastinya perlu menentukan pewarnaan foto yang pas juga demi mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk itu, sebagai generasi penerus pastinya nggak boleh patah semangat untuk mempelajari sesuatu salah satunya kamu perlu mempelajari lebih dalam lagi tentang teknik-teknik dalam pewarnaan sebuah foto. Salah satu teknik yang rugi banget kalo kamu nggak tau adalah sepia tone. Pengen tau gimana tata caranya? Yuk, langsung aja simak ulasan berikut ya! 

Pengertian Sepia Tone

Free Fog Covering Mountains and Hills Stock Photo

Sumber Gambar : pexels.com

Sepia Tone merupakan sebuah teknik dalam pewarnaan foto yang membuat warna foto menjadi cokelat. Dengan dominasi warna cokelat tersebut, akan menimbulkan kesan hangat serta membuat suatu momen menjadi ‘lebih hidup’ sehingga foto tersebut akan menjadi enak untuk dipandang. Kesan ‘momen impian’ akan menjadi semakin kuat dibanding dengan foto yang tidak menggunakan sepia tone.

Tata Cara Edit

Teknik Sepia Tone

Sumber Gambar : pexels.com

Sebelumnya perlu digaris bawahi bahwa media aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mewarnai sebuah foto dengan teknik sepia tone yang sedang dibahas kali ini adalah dengan menggunakan aplikasi Lightroom. Untuk tata caranya adalah sebagai berikut!

  • Gunakan Fitur B&W

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan fitur B&W terlebih dahulu agar bisa menimbulkan efek foto hitam putih. Kamu tinggal memasukkan hasil foto jepretan kamu yang ingin di edit ke dalam galeri dari Lightroom dan gunakan fitur B&W setelahnya. 

  • Pengaturan Cahaya

Selanjutnya, kamu perlu masuk kepada pengaturan cahaya yang didalamnya kamu akan menemukan setidaknya 4 kurva warna. 4 kurva warna tersebut diantaranya adalah warna putih, merah dan juga hijau serta biru. Inilah saatnya kamu merubah warna dari foto tersebut dengan memanfaatkan kurva yang ada, kamu perlu merubahnya dengan menonjolkan kesan hangat atau warm pada foto tersebut.

  • Kuatkan Kontras, Highlight, Bayangan dan lainnya

Ketiga, setelah membuat warna foto menjadi terkesan hangat atau warm dengan memberinya warna kecoklatan, langkah selanjutnya adalah kamu perlu mengatur kontras cahaya, highlight, bayangan dan efek lainnya pada foto tersebut. Kamu juga bisa menambahkan efek vignette untuk menambah kesan foto agar bisa terlihat lebih hidup.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu menguatkan kontras dari foto tersebut kemudian mengurangi highlight foto serta menguatkan bayangan pada foto. Langkah ini juga butuh penyesuaian yang matang dengan foto yang ingin kamu edit. Karena pastinya, setiap foto memiliki tingkat kontras warna, highlight serta bayangan yang berbeda-beda. 

  • Simpan Foto

Langkah terakhir yang pastinya harus kamu lakukan adalah dengan menyimpan foto tersebut ke galeri penyimpanan. Dengan begitu, kamu akan dengan jelas melihat perbedaan di antara foto yang sebelumnya belum diedit dengan foto yang telah diberi kesan warna sepia tone. Kamu pasti akan menemukan sensasi yang lebih hangat dari foto yang telah diedit dengan menggunakan sepia tone.

Sudah paham bukan gimana tata cara dari teknik pewarnaan foto menggunakan sepia tone. Jangan hanya bergantung pada suatu sumber bacaan saja ya Genks! Kamu juga harus aktif, nggak boleh sungkan-sungkan untuk sharing informasi dan ilmu dengan sesama fotografer lainnya. Setelah membaca ulasan ini, kamu sudah bisa menukar informasi tentang teknik sepia tone dengan teknik lain bukan?

About author

Related posts
Fotografi

Foto Biasa Jadi Lebih Menarik dengan Teknik Focus Stacking

Fotografi

3 Tips Unik dalam Wedding Videography, Dijamin Hasilnya Ciamik!

Fotografi

Bisnis Newborn Photography, Menarik dan Menjanjikan

Fotografi

Tips Meningkatkan Komposisi Foto Agar Lebih Menarik dengan Natural Framing