Game & Teknologi

Apa Saja yang Akan Berubah di Hidup Kita dengan Adanya Jaringan 5G?

teknologi jaringan 5g

4. Generasi Keempat – 4G 

5G 4

Hampir setiap smartphone telah mendukung 4G (sumber: newatlas.com)

Sistem 4G merupakan generasi penerus dari teknologi 3G yang dikembangkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). Teknologi ini menawarkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan mampu melakukan layanan multimedia yang lebih kompleks. 

Pada generasi ini, teknologi nirkabel Long-Term Evolution (LTE) digunakan untuk meningkatkan kecepatan transfer data. Jadi tulisan 4G LTE di layar HP kamu menunjukan kalau kamu sudah menggunakan teknologi paling anyar dari generasi keempat ini. 

Fitur utama:

  • Data transfer rate hingga 1Gbps
  • Fitur keamanan yang ditingkatkan 
  • Streaming video dan games dengan resolusi High Definition (HD)

Kekurangan sistem 4G:

  • Biaya pengembangan infrastruktur pendukung cukup tinggi
  • Harga spektrum masih mahal di kebanyakan negara

5. Generasi Kelima – 5G

Keluaran terbaru dari teknologi jaringan nirkabel adalah pada generasi kelimanya, yaitu 5G. Walaupun masih dalam tahap perkembangan dan belum tersedia secara masal, 5G menjanjikan perubahan yang lebih baik dari teknologi generasi sebelumnya. 

5G 5

Teknologi pendukung 5G (sumber: YouTube IEEE Spectrum)

Sistem yang digunakan untuk jaringan 5G tersusun atas beberapa komponen teknologi yaitu: 

  • Milimeter Waves

Peralatan elektronik yang kita gunakan sehari-hari seperti ponsel dan TV menggunakan frekuensi radio yang sangat spesifik. Biasanya berada di bawah 3Ghz. Namun dengan semakin banyaknya perangkat yang menggunakan data di frekuensi radio yang sama, kecepatan internet pun juga akan semakin menurun. 

Untuk menjawab tantangan ini, para peneliti menguji coba penggunaan gelombang radio yang lebih pendek pada kisaran frekuensi 30 sampai 300 Ghz. Dengan menggunakan jangkauan frekuensi baru ini, jumlah bandwidth jaringan juga akan turut meningkat bagi lebih banyak perangkat. 

Namun ada satu kelemahan dari penggunaan milimeter waves, yaitu pada keterbatasan penyebaran jaringannya. Millimeter waves tidak dapat menembus tembok bangunan, serta dapat terserap dengan mudah oleh pepohonan dan juga hujan nih

Baca Juga :   4 HP dengan Kamera Terbaik Tahun 2019

  • Small Cell

Untuk mengatasi keterbatasan penggunaan millimeter waves tadi, maka digunakanlah teknologi berikutnya, yaitu small cell. Jaringan teknologi ini menggunakan alat yang lebih kecil untuk memancarkan sinyal yang diterima dari tower seluler biasa. Jadi kayak tower mini gitu.

Small cell akan ditempatkan dalam jumlah yang lebih banyak di berbagai pelosok tempat untuk memudahkan transfer sinyal dari pemancar pusat. Tak perlu khawatir lagi saat berada di dalam bangunan yang akan menghambat sinyal HP kamu. 

  • Massive MIMO (Multiple Input Multiple Output)

Teknologi selanjutnya yang tak kalah penting dalam sistem infrastruktur jaringan 5G adalah massive MIMO. Penggunaan massive MIMO akan meningkatkan kekuatan transmisi jaringan seluler hingga 22 kali lipat. 

Hal ini dimungkinkan karena jumlah antena yang terintegrasi dalam massive MIMO jauh lebih banyak dan dapat disusun pada satu menara pemancar. Akan tetapi, penggunaan antena yang banyak dalam satu waktu akan menyebabkan gangguan sinyal karena proses yang terjadi pada waktu bersamaan.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Makin Eksis dengan Cara Live Streaming Instagram dari Laptop dan PC yang Anti Ribet

Game & Teknologi

Ini Rekomendasi Aplikasi Asah Otak Terbaik Yang Wajib Kamu Coba!

Game & Teknologi

Virtual Tour & Exhibition: Jangan Ngaku Kekinian Kalau Belum Kenal Teknologi Ini!

Game & Teknologi

6 Website Komunitas Developer, Tempat Cari Jawaban Berbagai Masalah Coding

Leave a Reply

Your email address will not be published.