Game & Teknologi

Apa Saja yang Akan Berubah di Hidup Kita dengan Adanya Jaringan 5G?

teknologi jaringan 5g

  • Beamforming

Ini dia teknologi yang menjadi solusi dari penggunaan massive MIMO di atas, beamforming. Fungsi dari perangkat satu ini adalah sebagai pengatur arus lalu lintas sinyal yang masuk ibarat traffic light yang kamu temui di jalan. 

Pada proses jaringan seluler biasanya, sinyal akan dipancarkan ke berbagai arah oleh menara pemancar, sementara pada beamforming sinyal akan dikirimkan secara spesifik ke tiap-tiap pengguna. Metode ini jauh lebih efisien dan dapat menanggulangi terjadinya gangguan sinyal pengguna. 

  • Full Duplex 

Full duplex menjadi komponen pendukung lainnya untuk menggantikan sistem jaringan saat ini yang mirip dengan walkie talkie. Pasti ingat dong, bagaimana dulu saat menggunakan walkie talkie kamu harus bergantian saat berbicara dan mendengar. 

Prinsip dasarnya adalah pada transmisi data yang merambat melalui frekuensi radio yang sama. Untuk mengatasinya, sistem full duplex menggunakan transistor silikon agar pertukaran sinyal yang ada dapat berjalan bersamaan pada jalur yang sama. 

Baca Juga :   5 Rekomendasi HP Gaming Terbaik 2019

Perkembangan 5G di Berbagai Negara

5G 6

Peta penyebaran 5G di dunia (sumber: lifewire.com)

Meskipun teknologi 5G baru saja mulai santer diperbincangkan pada akhir tahun lalu, banyak negara sudah mulai bersiap dan berlomba-lomba untuk mengembangkan jaringan terbaru ini. 

Penguasaan teknologi ini tentu penting untuk mendukung kemajuan sistem telekomunikasi di suatu negara. Bukan cuma itu, integrasi 5G dengan beragam teknologi lainnya juga dapat membawa pertumbuhan yang pesat bagi sebuah negara. 

Amerika Serikat  

Amerika Serikat menjadi salah satu negara pemimpin dalam hal pengembangan teknologi 5G. Tak mau kalah dengan pesaing utamanya, Cina, Amerika Serikat telah merancang kerangka implementasi 5G untuk kebutuhan nasionalnya.  

Beberapa perusahaan telekomunikasi seperti Verizon, AT&T dan Sprint, sudah mulai menyediakan akses ke beberapa pelanggan di kota-kota besar tertentu di Amerika. Tak mau ketinggalan, T-Mobile juga telah mematangkan strateginya untuk merilis jaringan 5G di wilayah Amerika secara masif mulai tahun 2020 mendatang.  

Cina

Jika kamu mendengar nama Cina dalam beberapa waktu belakangan, kamu pasti mengetahui akan isu yang dihadapi oleh negara tersebut. Berita utama yang datang dari Negeri Tirai Bambu muncul setelah isu keamanan yang dihadapi oleh perusahaan telekomunikasi terkemuka, Huawei.

Sebagai salah satu pionir di bidang teknologi 5G, Huawei dengan gencar-gencarnya terus mengembangkan sistem rancangan terbaru pada produk-produk buatannya. Isu mengenai keamanan ponsel seluler buatan perusahaan berbasis di Shenzen itu marak terdengar setelah tuduhan yang dilayangkan oleh Amerika Serikat. 

Indonesia

Perkembangan teknologi 5G di Indonesia juga sudah mulai menunjukan tren yang positif nih. Beberapa perusahaan seperti Telkom Indonesia telah menjalankan penelitian dan uji coba untuk membawa teknologi ini ke Tanah Air. Bahkan salah satu implementasinya sudah digunakan pada transportasi saat Asian Games 2018 tahun lalu loh. 

About author

Related posts
Game & Teknologi

Makin Eksis dengan Cara Live Streaming Instagram dari Laptop dan PC yang Anti Ribet

Game & Teknologi

Ini Rekomendasi Aplikasi Asah Otak Terbaik Yang Wajib Kamu Coba!

Game & Teknologi

Virtual Tour & Exhibition: Jangan Ngaku Kekinian Kalau Belum Kenal Teknologi Ini!

Game & Teknologi

6 Website Komunitas Developer, Tempat Cari Jawaban Berbagai Masalah Coding

Leave a Reply

Your email address will not be published.