Game & Teknologi

Template dan Ukuran Story Instagram Paling Ideal untuk Postingan Kamu

instagram story

Kamu pasti suka memposting story Instagram untuk berbagi tentang aktivitasmu. Tidak hanya itu, kamu yang punya bisnis online atau sedang berencana menjadi selebgram, bisa lebih mudah melakukan promosi lewat Stories. Untuk itu, kamu perlu tahu template dan ukuran story Instagram yang ideal dan paling pas. Ini memudahkanmu dalam membuat story Instagram yang menarik. Yuk, perhatikan ulasanya berikut!

Begitu Banyak Pengguna Aktif Stories Instagram

Instagram Story

Sumber: staticflickr.com

Setiap harinya, ada tidak kurang dari 250 juta pengguna aktif yang menggunakan story Instagram. Mereka memposting story maupun melihat postingan story di Instagram. Maka dari itu, dengan bertambahnya jumlah pengguna Instagram story tiap harinya, kamu pun jadi lebih sulit untuk membuat postingan yang menarik perhatian, karena saingannya sangat banyak. Nah, salah satu cara untuk membuat postingan story Instagram yang menarik, yaitu dengan menggunakan ukuran dimensi yang pas. Kita akan mempelajarinya sama-sama.

Seperti Apa Dimensi Ukuran Story Instagram yang Ideal?

Ukuran Story IG

Sumber: staticflickr.com

Jadi, ukuran story Instagram idealnya yaitu 1080px x 1920 px. Atau, kamu bisa menyebutnya dengan lebih simpel, yakni 1080 x 1920. Ini berarti foto atau video kamu itu harus berukuran lebar 1080 piksel dan tinggi 1920 piksel. Ukuran ini juga dikenal dengan aspek rasio 9:16.

Nah, sampai di sini, kamu pasti sudah jauh lebih paham tentang template dan ukuran story Instagram yang ideal. Sebab, ukuran ini sebenarnya penting, lho. Menggunakan ukuran yang tepat juga akan mempengaruhi kualitas postingan foto dan video kamu di story Instagram.

Mengapa Ukuran Story Instagram Itu Penting?

Ukuran Story Instagram

Sumber: staticflickr.com

Jika kamu menggunakan smartphone untuk mengambil foto atau video portrait, maka itu bakal pas banget buat story Instagram dengan ukuran 1080 x 1920. Akan tetapi, creator story Instagram dan kapabilitas smartphone kamu kadang terbatas spesifikasinya.

Untuk itu, kalau kamu mau membuat postingan foto atau video yang lebih profesional dengan program seperti Photoshop atau Illustrator, maka kamu perlu mengetahui ukuran story Instagram yang tepat. Soalnya, ini penting banget.

Apabila kamu mengunggah foto atau video dari kamera yang tidak pas dengan dimensi ukuran story Instagram, maka kontenmu itu akan terpotong dan ada visual yang hilang karenanya. Jadi, postingan kamu tidak utuh saat diunggah. Atau, Instagram bakal memperbesar atau zoom in konten kamu tersebut, sehingga kualitasnya jadi jelek.

Ini bisa membuat orang jadi keliru memahami maksud postinganmu, karena visual konten yang terpotong itu. Nah, kalau kamu membuat konten story Instagram yang pas dengan ukurannya, pasti foto dan video kamu akan terbingkai sempurna, dan tetap memiliki kualitas resolusi tinggi.

Menggunakan Canva untuk Membuat Story Instagram

Sumber: staticflickr.com

Biar lebih mudah, kamu bisa menggunakan Canva untuk membuat story Instagram dengan ukuran yang sangat tepat. Canva merupakan aplikasi desain untuk membuat postingan feed dan story Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya. Kamu juga bisa membuat undangan, cover buku, poster dan masih banyak lagi.

Kamu pun bisa dengan mudah memilih fotomu sendiri untuk diedit di layout Canva yang sudah jadi. Dengan begini, bukan hanya ukurannya yang pas, tapi kamu juga bisa membuat postingan dengan desain yang kelihatan menarik.

Itu tadi ukuran template dan ukuran story Instagram yang tepat. Ada juga tips mudah untukmu dalam membuat postingan yang ukuran dimensinya paling pas. Good luck, ya! 

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Kreatif Pakai GIF di Instagram Story Biar Makin Menarik

Game & Teknologi

Anti Ribet-Ribet Club, Begini Cara Back Up Konten Instagram

Game & Teknologi

Rekomendasi Terbaik Situs Text to Speech Gratisan dalam Bahasa Indonesia

Game & Teknologi

Cara Schedule Story Instagram Cocok Buat Akun Bisnis