GenK LIFE

Ternyata, Cinta Itu Ada 8 Jenis, Loh! Ini Dia Jenis Cinta Menurut Filsuf Yunani Kuno

Jatuh cinta pasti pernah di alami oleh semua orang. Cinta tidak lagi memikirkan ras, agama, etnis maupun budaya karena cinta datang secara tiba-tiba dan tidak bisa kita rencanakan. Kita sendiri kadang tidak paham kenapa cinta bisa begitu? Kita merasa bingung karena di butakan oleh cinta sampai-sampai orang menyebut dengan “Bucin” atau budak cinta karena cinta terkadang tidak sesuai nalar. Nah maka dari itu kita harus paham mengenai cinta, ternyata cinta itu ada 8 jenis loh! Ini dia beberapa jenis cinta menurut Filsuf Yunani Kuno!

  1. Mania

Jenis Cinta

Sumber Gambar : IDN Times

Mania adalah cinta yang cenderung kea rah obsesif karena penuh dengan kemarahan dan kecemburuan. Orang yang punya rasa cinta ini akan cenderung posesif dan lebih kea rah negatif karena rasa cemburu yang di milikinya. Bahkan cemburunya juga tidak beralasan. Yang memiliki rasa cinta ini akan merasa memiliki percaya tinggi rendah dan merasa sangat takut jika seseorang yang dicintainya meninggalkannya. Dan akan marah jika pasangannya melakukan sesuatu yang ia tidak suka.

  1. Agape

Jenis Cinta

Sumber Gambar : cintakasihagape

Agape merupakan cinta yang tidak bersyarat, murni, sukarela dan tidak mengharap di balas. Cinta ini adalah jenis cinta spiritual yang biasa pelakukanya tunjukan kepada Tuha dan jenis cinta ini biasanya di lakukan oleh para Sufi.

  1. Eros

Jenis Cinta

Sumber Gambar : Tampang.com

Eros atau cinta erotis merupakan cinta yang melibatkan gairah dan juga romantika. Cinta ini juga disebut cinta birahi. Cinta erotis ini berasal dari keinginan hasrat seksual seseoramg. Maka dari itu daya tarik fisik seseorang sangat diperhitungkan. Cinta ini bisa berkobar dengan mudah akan tetapi bisa hilang begitu cepat pula.

  1. Philia

Jenis Cinta

Sumber Gambar : howieandbelle.com

Cinta Philia merupakan cinta yang tidak bergantung kepada nafsu maupun hasrat seksual, cinta ini benar-benar berbeda dengan cinta eros. Orang-orang Yunani kuno mendefiniskan sebagai bentuk rasa kasih sayang. Cinta ini mengarah kepada ikatan sebuah persahabatan yang kedua pihak saling nyaman dan bergantung satu sama lainnya.

  1. Philautia

Sumber Gambar : fenesia.com

Cinta jenis ini di tujukan pada diri sendiri. Philautia jadi sebuah landasan untuk bisa mencintai orang lain. Cinta ini dapat muncul saat orang lain mulai menilai seseorang dari fisik, rohani, intelektualitas sampai merasa dirinya begitu berarti. Walaupun begitu, cinta ini bisa saja kea rah negatif bila seseorang menjadi narsisme atau memuja diri secara berlebihan, menuntut untuk selalu di kagumi dan merasa dirinya begitu sangat penting.

  1. Ludus

Sumber Gambar : tempo.co

Ludus merupakan salah satu jenis cinta yang tidak punya keterikatan atau komitmen di dalamnya. Cinta jenis ini berfokus pada kesenangan semata, terkadang hanya sebuah kebanggakan karena terlah melakukan penaklukan cinta. Ludus bisa tumbuh saat awal jatuh cinta atau bisa dibilang cinta monyet, cinta yang bersifat kenak-kanakan dan penuh rayuan gombal atau berisi kata-kata cinta terus menerus.

  1. Storage

Sumber Gambar : pixabay.com

Storage adalah cinta yang muncul saat seseorang dalam hubungan dengan seseorang. Hal ini muncul dari perasaan tulus karena ingin membahagiakan dan juga melindungi orang lain yang ia cintai. Hampir sama dengan jenis cinta Philia yang awalnya tumbuh dari persahabatan. Tetapi Storage lebih ke arah mencintai kedua orang tua, saudara, kerabat ataupun anak.

  1. Pragma

Sumber Gambar : selisip.com

Terakhir adalah cinta pragma, pragma sendiri dimaknai seperti cinta yang abadi dan kebalikan dari cinta eros yang cepat padam. Cinta ini di dasarkan pada pertimbanag yang logis dan juga realistis.

Pragma sendiri bisa bertahan dengan jangka waktu lama. Akan tetapi untuk mencapai cinta pragma itu memperlukan pengertian satu sama lain dan juga saling menggapai kebahagian bersama. Jadi, tidak heran apabila saling egois bisa menggagalkan cinta ini.

Nah, dari 8 jenis cinta tadi. Mana menurut kamu yang sudah pernah kamu rasakan?

About author

Related posts
GenK LIFE

Menjaga Hidrasi Kulit dengan Glow Better Coconut Series. Yuk Ketahui Urutan Pakainya!

GenK LIFE

10+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk Keluarga, Teman hingga Pacar

GenK LIFE

Kenali 5 Jenis Jerawat dan Tips Mengatasinya Agar Tidak Membekas

GenK LIFE

Olahraga Saat Puasa? Why Not! Ini Jenis Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan di Bulan Ramadan