GenK LIFE

Terrarium, Bikin Hunian dan Kantor Lebih Aesthetic dan Instagramable

terrarium

Terrarium menjadi favorit banget di kalangan milenial. Ini karena terrarium merupakan tanaman hiasan yang unik, gampang dirawat, serta cocok banget untuk menambah kehijauan dan kesegaran di dalam rumah. Tanaman yang sekaligus memiliki ekosistem sendiri ini, bisa menambah aesthetic dekorasi rumah atau kantormu. Bukan cuma itu, masih ada banyak manfaat memiliki tanaman hias yang unik ini. Yuk, simak apa saja manfaatnya!

Perawatan Mudah Tanpa Bikin Ribet 

perawatan Terrarium

Sumber: pexels.com

Mudah sekali merawat tanaman hias ini. Terutama, kalau kamu menyukai indoor gardening. Tanaman ini pas sekali buat kamu yang ingin menanam tanaman hijau segar di rumah, tapi tidak punya lahan pekarangan. Yang penting yakni kamu rajin merawatnya setiap hari dengan cermat serta hati-hati. Tanamanmu bisa tumbuh dengan baik dan indah jika kamu merawatnya dengan baik.

Membutuhkan Area Kecil Saja untuk Tumbuh 

tempat Terrarium

Sumber: pexels.com

Terrarium memerlukan tempat yang tidak harus luas untuk tumbuh. Bahkan, cuma dibutuhkan tempat yang kecil saja untuk memelihara tanaman ini. Tidak seperti tanaman kebun lainnya yang akan tumbuh besar serta perlu perawatan intens. Jadi, pertumbuhan terrarium hanya sebatas tempat atau wadah yang kamu gunakan sebagai lahannya saja. Ini sekaligus menambah nilai estetisnya.

Bisa Membantu Menghilangkan Stres 

Terrarium menghilangkan stress

Sumber: pexels.com

Tanaman indoor itu memberikan banyak manfaat kesehatan untuk kamu. Ketika kamu berada di dalam ruangan yang ada tanamannya, maka ini dapat membantu mengurangi stres, mengembalikan kecepatan denyut jantung ke normal, serta menurunkan tekanan darah. Kamu juga jadi tidak mudah marah, tegang dan gelisah. Depresi pun berkurang serta energi jadi meningkat.

Dapat Ikut Mempercepat Masa Penyembuhan 

penyembuhan dengan Terrarium

Sumber: pexels.com

Ternyata, adanya tanaman di dalam ruangan juga dapat membantu mempercepat pemulihan dari penyakit atau pasca operasi. Makanya, kamu pernah tahu, kan, ada tanaman hias yang diletakkan di kamar pasien yang sedang dirawat atau habis operasi. Tanaman mampu membantu memberikan efek terapi yang membuat perasaan pasien jadi semakin tenang serta rileks.

Mampu Meningkatkan Produktivitas 

produktivitas Terrarium

Sumber: pexels.com

Tanaman dikenal dengan manfaat baiknya yang mampu meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Menurut penelitian, menambahkan tanaman di ruang kerja bisa meningkatkan daya ingat, serta menambah kemampuan berpikir seseorang. Berada dekat tanaman juga membantu membuat otak kamu berfungsi dengan cara berbeda, kamu lebih rileks dan mudah konsentrasi.

Membersihkan Serta Memurnikan Udara 

Terrarium memurnikan udara

Sumber: pexels.com

Melalui proses fitoremediasi dan transpirasi, tanaman terrarium di dalam ruangan dapat memurnikan udara, serta meningkatkan kelembaban. Tanaman juga mampu menyaring udara sehingga terbebas dari toxin. Ini berarti, tanaman dapat mengurangi seluruh kadar karbondioksida serta meningkatkan oksigen dalam ruangan. Ruanganmu menjadi lebih bersih dan segar karenanya. 

Menjadi Sarana Belajar Tentang Tumbuhan

belajara tumbuhan

Sumber: pexels.com

Terrarium merupakan tanaman yang bisa menjadi sarana belajar, baik untuk anak-anak dan orang dewasa. Sebab, tanaman ini merupakan miniatur ekosistem yang menunjukkan langsung bagaimana tumbuhan berkembang dan bertahan hidup. Jadi, kamu bisa melihat dari dekat bagaimana tanaman kamu itu tumbuh dengan disirami air yang kemudian mengalir pada ekosistemnya.

Itu tadi manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki terrarium di dalam ruanganmu. Lebih dari sekadar hiasan, kamu bisa menikmati manfaat ekosistem mini ini dengan maksimal. Mulai dari menjadikanmu lebih rileks, membuat udara jadi segar hingga meningkatkan produktivitasmu. Adanya tanaman hijau di dalam ruangan jelas menambah estetika juga. Kamu pun bisa memotret tanaman estetis kamu tersebut untuk diunggah di sosmed. Menyenangkan. 

About author

Related posts
GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD