Arsitektur & Interior

Terrazzo, Indah dan Awet Namun Ramah Dengan Kantong!

Siapa sih yang tidak kenal dengan material terrazzo? Berasal dari bahasa italia yaitu terrazza ini yang berarti lantai becorak dengan ber-tekstur acak yang sangat banyak sekali jenis dan motifnya. Namun saat ini, material ini sudah mulai trend dan diminati lagi oleh banyak orang serta menggunakan material ini sebagai lantai, dinding, hingga furnitur dengan tema-tema yang menarik pada area perkantoran maupun hunian rumah. Tidak hanya itu, warna dan motif nya pun lebih bervariatif dan buanyak dari kawan-kawan nya di masa lampau. Di masa lalu memang material ini terkesan kuno dan monoton, namun di masa sekarang banyak rumah dengan konsep modern justru menggunakannya. Hal apa sih yang membuat terrazzo menjadi trend lagi? dari pada penasaran yuk check it out.

Sejarah Terrazo

Terrazo

Sumber Gambar : Pexels

Lantai terrazzo ini sudah dikenal sejak tahun 1920. Namun, trend ini baru dikenal di Indonesia pada tahun 1957 yang pada saat itu masuknya terrazzo ini di pengaruhi oleh bangsa belanda. Pada tahun 1970 hingga 1980, pabrik-pabrik terrazzo mulai muncul dan motif dari ini sangatlah banyak diaplikasikan. Diantaranya dari serpihan kaca/beling, pecahan marmer, kerang laut, dan lain-lain. Tetapi tahun demi tahun trend ini mulai ditinggalkan oleh masyarakat dan beralih ke ubin/tegel yang motifnya lebih bervariatif dan harga lebih bersaing dan ekonomis (masyarakat mulai tidak mementingkan ketahanan dari sebuah lantai melainkan secara visual dan terlihat menarik adalah yang terpenting).

Kelebihan Material Terrazzo

Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi

Terrazzo memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki material sehingga menjadi pertimbangan bagi orang di jaman sekarang ini, diantaranya :

  • Bentuk dan Warna Bervariatif

Lantai ini dapat dibuat dengan berbagai macam ukuran dengan berbagai macam kebutuhan karena proses pembuatannya yang mudah dan bentuknya bisa menyesuaikkan dengan wadah/cetakan yang ada. Warnanya juga bisa dipilih sesuai keinginan (custom by request)

  • Fungsinya Bervariatif

Selain bentuk, fungsinya pun juga bisa difungsikan untuk berbagai macam kebutuhan contohnya saja lantai, dinding, bak mandi, meja dapur, vas bunga, meja, kursi, dan masih banyak lagi.

  • Coraknya indah dan menarik

Terrazzo memiliki corak yang indah dan bisa custom dalam penggunaannya mulai dari corak ukuran kecil, corak ukuran besar, corak tembus pandang sehingga dapat tembus cahaya, corak padat, corak renggang, dan masih banyak lagi bergantung permintaan dari pembeli.

Terrazzo

Sumber Gambar : Pixabay

  • Tebal dan kuat

Terrazzo sangat berbeda dengan keramik biasa. Terrazzo memiliki ketahanan yang jauh lebih kuat. Hal ini dipengaruhi oleh bahan campuran terrazzo yang terdiri dari pecahan/serpihan, mill, dan semen. Pencampuran dari ketiga bahan utama ini terbukti ampuh untuk bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang dan lama Selain itu, lantai ini memiliki ketebalan 2 cm dan bisa lebih yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan sehingga bisa dipastikan lebih kuat dari tegel/keramik yang hanya memiliki ketebalan kurang dari 1 cm.

  • Kemudahan dalam Perawatan

Terrazzo sulit untuk kehilangan warna dan cepat memudar dalam jangka waktu yang dekat. Hanya perlu di poles beberapa tahun sekali kemudian bisa menjadi kilap seperti baru lagi. Selebihnya hanya perlu menggunakan kain lap saja untuk menjaga nya dari debu dan kotoran yang menempel.

  • Harganya Terjangkau

Terrazzo memiliki harga yang relatif murah dibandingkan dengan material marmer/granit asli dari alam. Namun, Terazzo masih memiliki corak yang tidak kalah bagusnya dengan marmer/granit.

Terrazzo

Sumber Gambar : Pixabay

Jadi, setelah kalian membaca informasi diatas apakah kalian tertarik untuk menggunakan terrazzo? Semoga dapat bermanfaat dan bisa kalian jadikan referensi dalam memilih material untuk elemen interior maupun produk interior.

 

Baca Juga :   Mengenal Arsitektur Brutalisme

By : Leonardo Nesdi

Desain Interior, Universitas Kristen Petra

Related posts
Arsitektur & Interior

Sistem Penghawaan,Pencahayaan Dan Teknologi Smart Home Dalam Mengantisipasi Penyebaran Covid-19

Arsitektur & Interior

Wabi-sabi dalam sebuah Desain Furniture

Arsitektur & Interior

Rumah Kecil: Trend Hunian Millenial

Arsitektur & Interior

Ciptakan Suasana Rumah Anti Stress dengan Konsep Zen Living

Leave a Reply

Your email address will not be published.