Creativepreneur and Career

Tertarik Investasi Obligasi? Coba Kenali Ciri-cirinya Dulu, Yuk!

Investasi Obligasi

Obligasi merupakan surat pengakuan mengenai utang atau surat hutang. Obligasi sendiri adalah penerbitan surat utang yang memiliki arti telah mengakui kalau sedang berhutang kepada pembli obligasi sesuatu dengan waktu yang telah disepekati. Bisa disebut juga kalau penerbit itu debitur sedangkan pembeli obligasi merupakan kreditur atau investor. Jadi, buat kalian yang lagi bingung pilih instrument invest, kamu pilih Investasi Obligasi.

Pembayaran harus segera dilunasi yaitu utang pokok dengan ditambah bunga, dalam hal hal ini istilah bunga sering disebut sebagai kupon. Jadi, obligasi adalah instrument investasi yang dapat dipilih oleh para investor pada pasar modal. Selain memberikan efek saham yang sedang diperdagangkan. Sahamnya berbeda dengan saham yang bisa diberikan hak kepemikan kepada pemegang saham. Hal ini berate obligasi adalah pinjaman yang diberikan kepada pemerintah ataupun perusahaan oleh para investor. Nah, jika kamu tertarik mengenai investasi obligasi, maka coba kenali ciri-cirinya dulu, yuk!

  1. Kupon (The Interest Rate)

Sumber Gambar : wikimedia.org

Kupon (The Interest Rate) atau biasa disebut dengan bunga obligasi adalah tingkat bunga yang disetujuoi oleh penerbit pada pemegang saham obligasi adalah setiap tahun. Pembayaran kupon dilakukan di periode waktu tertentu yaitu setiap 3 atau 6 bulanan. Kupon obligasi ini dapat dinyatakan dalam annual prosentase. The Interest Rate atau kupon ada dua jenis yaitu: Kupon tetap dank upon mengambang. Kupon tetap menawarkan berbagai nilai yang sama dari pertama kali ditentukan sampai waktu tanggal jatuh tempo. Sedangkan Kupon mengambang berari kupon yang menawarkan nilai yang merujuk pada besaran suku bunga dari BI rate.

  1. Penerbit atau Issuer

Sumber Gambar : hops.id

Penerbit bisa mengetahui dan mengenal penerbit obilgasi adalah faktor yang penting untuk melakukan investasi Oligasi ritel. Dalam mengukur resiko dari penerbit obligasi yang tidak melakukan pembayaran kupo atau tidak tepat waktu. Nah itu bisa dilihat dari rating obligasi yang telah dikeluarkan oleh lembaga pemeringkatan seperti Kasnic Indonesia atau PERINDO. Maka dari itu, kalian harus cari tahu banyak mengenai penerbit obligasi agar tidak rugi. Resiko buruk akan terjadi jika kamu salah memilih penerbit obligasi jika nilai obligasi tidak bisa kembali karena gagal melakukan pembayaran. Pembayaran yang gagal biasanya terjadi apabila penerbitsedang menunggak atau memang sengaja tidak bayar.

  1. Nilai Nominal

Investasi Obligasi

Sumber Gambar : skmtraining.co.id

Nilai nominal pada obligasi kadang-kadang disebut dengan nilai pari yaitu nilai hutan pokok yang harus dibayarkan penerbit obilgasi saat sudah jatuh tempo. Nah dalam menentukan besar kecilnya jumlah dari penerbitan obligasi maka di dasarkan pada aliran arus kas dari perubahaan, bisa kebutuha, berseta kinerja dari bisnis perusahaan. Nilai ini biasa dicantumkan dalam lembari obligasi. Misalnya nilai nominal pada obligasi adalah Rp.50.000.000 rupiah kemudian dijual kembali dengan harga 100%, berarti nilai obligasi tersebut adalah Rp.50.000.000 X 100% =Rp. 50.000.0000 rupiah.

  1. Jangka Waktu Sudah Jatuh Tempo

Investasi Obligasi

Sumber Gambar : Pinhome

Jangka jika waktu jatuh tempo yaitu jangak waktu yang diberikan bagi pemegang saham obligasi dalam menerima masa jatuh tempo sendiri atau berakhirnya dari masa pinjaman utang atau nilai utang dari penerbit obligasi. Waktunya sendiri beragarm, bisa dari tanggal 1 sampai dengan 10 tahun, walaupun biasanya jangka waktunya adalah 5 tahun. Karena semakin pendek jangka waktu dalam obligasi maka akan banyak dinikmati oleh para investor karena dianggap memiliki resiko yang lebih kecil.

Baca Juga :   Gangguan Saat Wawancara Online Bikin Bete? Atasi dengan Tips Ini

Nah, itu tadi mengenai ciri-ciri obligasi. Gimana berminat untuk investasi dengan obligasi?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Cara menjadi Content Creator Sukses dengan 9 Langkah Mudah Ini

Creativepreneur and Career

Punya Mobil Nganggur? Ini Dia Ide Bisnis Dengan Mobil Pribadi!

Creativepreneur and Career

Ini Dia 7 Jenis Digital Marketing Paling Populer 2021!

Creativepreneur and Career

Ini Dia 6 Formula STEPPS untuk Membuat Konten Viral!

Leave a Reply

Your email address will not be published.