GenK LIFE

Hal yang Perlu Kamu Tahu dari Tes Kepribadian MBTI

cover-tes-kepribadian-mbti

Kategori Tipe Berdasarkan Tes Kepribadian MBTI

Setiap grup tersusun atas empat tipe kepribadian yang memiliki dua ciri kepribadian yang sama. Dua ciri tersebut menggambarkan peran khusus yang sama-sama dimiliki oleh seluruh kepribadian dalam grup yang sama.  Grup Analis memiliki ciri yang sama pada energi dan sifatnya. Orang-orang yang masuk ke dalam grup ini memiliki kemampuan intelejensi yang tinggi dan mengedepankan rasionalitas dibanding perasaan. Para Analis akan melakukan berbagai pendekatan yang berdasarkan fakta dan pemikiran objektif untuk menemukan solusi sebuah masalah.

tipe-kepribadian-berdasar-tes-mbti

16 tipe kepribadian berdasarkan tes MBTI (Sumber: thespruce.com)

Tipe-tipe kepribadian dalam grup Diplomat sangat menghargai dan peduli terhadap orang-orang dan lingkungan sekitarnya.  Mereka suka bernegosiasi untuk menyelesaikan suatu masalah dan selalu berusaha untuk memberikan dampak positif bagi sekitarnya. Waduh, isinya udah kayak tokoh protagonis semua nih. Dalam grup ini, kemampuan manajemen yang baik merupakan kunci segalanya. Orang-orang dari grup ini adalah para pekerja keras yang taat peraturan, sangat kooperatif dan menghargai kerja sama tim. Jadi grup ini paling anti tuh, kalau misalnya sesuatu gak berjalan tanpa rencana yang matang.

Untuk grup yang satu, kamu pasti punya nih teman yang mirip sama para Penjelajah. Tipe-tipe kepribadian yang masuk dalam grup ini biasanya suka melakukan sesuatu secara spontan, jago dengan urusan pertukangan dan mudah bosan nih. Mereka ini nih yang paling pas dengan pepatah you live only once, GenK.

Bukan Sekadar Tes Biasa

Siapa nih, yang suka ikut tes-tes kepribadian berdasarkan zodiak atau golongan darah. Eits, jangan samakan tes yang satu ini dengan tes-tes tersebut, yah. Tes kepribadian MBTI bukan tes sembarangan loh. Kok bisa? Nah, kepopuleran tes kepribadian MBTI seringkali membuat tes ini menjadi bagian dari proses perekrutan karyawan loh, GenK. Beberapa perusahaan sudah mensyaratkan para calon karyawan untuk mengumpulkan hasil tes ini sebagai pengganti tes psikotes. Hasil tes MBTI dipercaya karena tingkat keakurasiannya yang tinggi dalam menentukan jenis kepribadian seseorang.

16-tipe-kepribadian

16 tipe kepribadian (Sumber: wikimedia commons)

Seperti yang kita tahu, tes kepribadian itu hukumnya wajib di dalam sebuah proses rekrutmen karyawan. Di hampir setiap proses tersebut, biasanya akan ada tes kepribadian baik dalam bentuk tes tertulis maupun melalui sesi wawancara. Tes kepribadian akan menentukan apakah seseorang cocok untuk bekerja di sebuah perusahaan atau tidak. Hal ini terkait dengan visi dan misi perusahaan, juga nggak lupa budaya kerja yang diterapkan di lingkungan kantor.

Apakah seseorang akan cocok dengan budaya perusahaan atau nggak serta bagaimana cara seseorang berhubungan dengan sesama rekan kerja di kantor. Bahkan nggak sedikit loh, perusahaan yang menentukan tipe-tipe kepribadian yang sesuai untuk beberapa posisi pekerjaan tertentu. Dalam hal ini tes kepribadian MBTI akan sangat membantu.

Untuk posisi pekerjaan tertentu seperti di bidang administrasi dan akuntansi misalnya, dibutuhkan orang yang memiliki tingkat keakuratan yang tinggi serta kemampuan untuk organisasi yang baik. Atau misalnya untuk menjadi seorang staf di bagian public relations,  pastinya yang akan dicari adalah orang dengan kemampuan berkomunikasi yang baik dan rasa percaya diri yang tinggi bukan yang malu-malu kucing.

About author

Related posts
GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *