Film, Animasi & Video

Tidak Melulu Tentang Percintaan, 5 Drama Dan Film Korea Ini Justru Menyuguhkan Kritik Masyarakat Dan Pesan Moral Yang Menohok

Drama dan film korea

Terkadang, orang berpikiran bahwa drama Korea selalu mengangkat tema atau kisah percintaan. Padahal, tidak selalu seperti itu, loh. Ada kalanya beberapa drama dan film Korea justru mengangkat tema tentang kritik masyarakat dan mengemasnya dalam sebuah aksi teater yang sangat baik. Berikut ini adalah 5 drama dan film korea ini justru menyuguhkan kritik masyarakat dan pesan moral yang menohok

1. HAPPINESS

Happiness cover

Sumber Gambar : asianwiki.com

Drama yang dibintangi oleh Han Hyo Joo dan Park Hyun Sik ini menjadi perbincangan hangat dikalangan penggemar drama korea pada akhir 2021. Kolaborasi antara dua pemain handal tersebut membuat para fans tidak perlu berpikir dua kali untuk menonton drama ini.

Bertemakan Zombie-Thriller, keteganggan yang disuguhkan drama ini berhasi mencuri hati para pemirsaanya terutama para pencinta film-film zombie dan gore.

Namun apa yang spesial dari drama ini? Selain bertahan hidup dari serangan zombie, drama ini menyelipkan isu-isu sensitif dikalangan masyarakat di tengah pandemi ini. Ke-egoisan menjadi isu yang paling ditunjukan selama drama ini berlangsung.

Kurangnya empati pada sesama membuat drama ini menunjukan bahwa dalam keadaan genting akan membuat manusia menunjukan sifat aslinya.

Drama ini juga menunjukan bahwa monster sebenarnya yang harus mereka lawan bukanlah zombie itu sendiri melainkan para manusia yang dikuasai rasa tamak, serakah dan ingin menang sendiri.

2. JUVENILE JUSTICE

Juvenile Justice Cover

Sumber Gambar : asianwiki.com

Memang tidak seterkenal drama romance pada umumnya, namun drama ini mampu mengundang banyak penonton pada minggu pertama perilisannya di netflix.

Menjadi perbincangan hangat dikalangan netizen korea, drama ini menuai banyak respon positif akan alur dan topik yang diangkat pada drama tersebut.

Mengabil isu yang unik, drama yang bertemakan Law-Justice ini berfokuskan pada kejahatan yang dilakukan oleh anak dibawah umur. Aktor dan aktris kawakan Kim Hye Soo dan Kim Mu Yeol menjadi pion utama dalam drama ini.

Bukan membahas tentang kejahatan yang dialami oleh anak, drama ini justru membuka sudut pandang baru akan kejahatan yang juga bisa dilakukan oleh anak dibawah umur. RUU yang memudahkan anak dibawah umur melakukan kejahatan menjadi titik awal dimana cerita pada drama ini berkembang.

Namun salah satu pesan moral yang ingin ditunjukan oleh drama ini ialah kekerasan yang terjadi pada anak. Kurangnya perhatian dan kekerasan yang dilayangkan oleh orang tua pada anaknya bisa berdampak buruk pada kelangsungan hidup anak.

Anak-anak yang berulah, berbuat kejahatan yang sebenarnya mereka tahu itu salah, semata-mata mereka lakukan hanya untuk mendapatkan perhatian yang lebih dari orang tuanya.

Drama ini juga mengkritisi hukum di korea selatan yang seringkali menganggap remeh kasus kekerasan yang terjadi pada anak. Mereka menganggapnya hanya sebagai masalah keluarga yang dapat diselesaikan secara kekeluargaan oleh karena itu kekerasan pada anak terus berlanjut dan korbanpun terus meningkat seiring berjalannya waktu. 

3. SQUID GAME

Squid Game cover

Sumber Gambar : asianwiki.com

Kembali menorehkan prestasi, perfilman Korea Selatan menggemparkan seluruh dunia dengan rilisnya Squid Game pada akhir tahun 2021.

Bertemakan tentang Survival Game yang di bintangi oleh aktor kenamaan Lee Jung Jae dan Park Hae Soo, drama ini dengan cepat menaiki trending series netflix dan bertahan di posisi teratas pada awal perilisannya.

Bercerita mengenai 456 peserta yang memperebutkan uang sebesar 45,6 milyar won melalui game bertahan hidup, drama ini mempersembahkan alur cerita yang cukup menegangkan dan patut di acungi jempol.

elain keseriusan para aktor dan crew dalam pembuatan drama ini, ternyata kekejian dan adegan saling membunuh yang menjadi fokus utama pada drama ini bukanlah tanpa alasan. Sangatlah jelas makna apa yang ingin di sampaikan oleh Squid Game ke penontonya.

Game yang di perlihatkan pada drama ini merupakan sebuah metafora dari kehidupan manusian. Mengorbankan orang lain demi kepentingan pribadi, apalagi yang berhubungan dengan uang bukanlah isu yang asing saat ini.

Jadi kritik masyarakat yang ingin di perlihatkan drama ini ialah kenyataan dimana ada saatnya manusia akan menghalalkan segala cara demi mendapatkan uang yang banyak secara instan.

4. MISS BAEK

Drama dan film korea

Sumber Gambar : asianwiki.com

Menjadi tahun yang cukup produktif bagi aktris bertalenta Han Ji Min, Miss Baek menjadi salah satu karya yang cukup menarik perhatian publik.

Setelah projek drama sang aktris sebelumnya yang berjudul The Familiar Wife menorehkan prestasi serta rating yang memuaskan. Film ini disambut hangat oleh penonton di korea selatan pada awal perilisannya pada akhir tahun 2018.

Bercerita mengenai seorang anak yang mengalami kekerasan yang dilakukan orang tuanya dan Han Ji Min yang memiliki masa lalu yang sama, membuat film ini menjadi salah satu film yang menarik untuk diikuti.

Namun apa yang spesial dari film ini?. Dibalik adegan kekerasan yang ditunjukan, film ini memiliki segudang pesan moral yang sangat berguna bagi masyarakat.

Film ini menunjukan bahwa ikatan darah bukanlah suatu jaminan sebuah keluarga bisa menjadi tempat pulang dan berlindung. Isu yang cukup sensitif di korea selatan ini membuat banyak orang belinang air mata saat menontonnya.

5. MIRACLE: LETTERS TO THE PRESIDENT

Drama dan film korea

Sumber Gambar : asianwiki.com

Menjadi salah satu jajaran film terbaik di akhir tahun 2021, Miracle: Letters To The President berhasil merebut hati para pemirsanya.

Menjadi film comeback aktor dan aktris kenamaan Korea Selatan Park Jung Min, Im Yoona dan Lee Soo Kyung membuat film ini dapat mengalahkan saingan terberatnya yaitu Shang-Chi and the legend of ten rings dalam penayangannya di korea selatan.

Kisah ini mengambil latar tahun 1980-an di sebuah desa kecil yang tidak memiliki akses infrastruktur yang memadai. Sehingga medan-medan berbahaya menjadi satu-satunya pilihan bagi warga desa untuk berpergian memenuhi kebutuhan mereka.

Namun siapa sangka, kisah ini bukanlah berfokuskan pada pemeran utama Park Jung Min yang berperan sebagai Jung Joon Kyeong.

Ia berkerja keras menulis surat untuk presiden demi membangun stasiun untuk desanya, melainkan kisah hidup sang pemeran utama untuk berdamai dengan diri sendiri.

Dalam kisah di ceritakan bahwa karakter Jung Joon Kyeong memiliki trauma berat karena kematian kakak perempuanya. Ia pun mulai menyalahkan dirinya sendiri atas kematian kakaknya tersebut.

Film ini mencoba menunjukan pada pemirsanya bahwa berdamai dan memaafkan diri sendiri merupakan sebuah langkah untuk melanjutkan hidupnya kedepan. Masa lalu bukanlah suatu penjara melainkan ulasan panjang untuk membimbing kita untuk melangkah kedepan.

Itulah 5 daftar Drama dan Film korea yang memiliki kritik masyarakat dan pesan moral yang cukup menohok. Tentu saja ceritanya sangatlah menarik untuk diikuti. Bagaimana, apakah kalian penasaran?

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

7 Film Indonesia Terbaru tentang Keluarga yang Bikin Emosi Terkuras

Film, Animasi & Video

5 Film Hidden Gems Ini Sayang Untuk Kamu Lewatkan

Film, Animasi & Video

Dapat Kesan ''biasa Aja'' Dari Netizen Korea Maupun Internasional, Ada Apa Dengan Remake Money Heist Versi Korea?

Film, Animasi & Video

The Loneliest Girl's "Matilda" From Harry Styles' Song

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *