Game & Teknologi

Dulu Dihina, Sekarang Dipuja, Fakta di Balik TikTok Viral

Wara-wiri kemunculan TikTok di Indonesia pada tahun 2018 kemarin memang sempat menarik perhatian banyak kalangan. Apalagi sejak keluarnya keputusan Kominfo untuk memblokir aplikasi buatan perusahaan ByteDance tersebut. Namun dalam beberapa waktu belakangan, jagat dunia maya Tanah Air dihebohkan dengan popularitas TikTok yang tiba-tiba menanjak pesat. Jika kamu penasaran kenapa TikTok viral dan kembali hits, cari tahu jawabannya di artikel ini! 

1. Media Unjuk Kreativitas 

Jika ditanya alasan kenapa TikTok bisa viral salah satunya adalah ragam fitur yang tersedia di dalamnya. Para pengguna bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengabadikan momen berharga dan peristiwa unik dengan tampilan yang lebih menarik. Kreativitasmu akan diuji dengan berbagai pilihan filter dan musik yang dapat digunakan untuk membuat karya video viral selanjutnya. 

Hal ini tentu saja bisa terjadi berkat berkembangnya tren video lucu dan unik berdurasi pendek yang dimulai oleh beberapa aplikasi video pendek. Setelah ditutupnya platform video pendek  tersebut beberapa tahun silam, TikTok berhasil hadir sebagai pemain baru yang menawarkan fitur-fitur kece dan bahkan mampu menjadi pinoneer

Para pengguna bisa dengan mudah membuat video menggunakan efek-efek kece yang bisa diedit dengan mudah. Belum lagi dukungan beragam stiker, transisi video, musik, dan banyak fitur lainnya membuat pengguna semakin betah berkreasi dengan karya mereka. Beberapa filter khusus juga sempat menjadi tren di antara  para pengguna TikTok Indonesia. 

Contoh yang paling populer adalah filter “Grow Old” yang membuat pengguna bisa melihat prediksi visual dirinya 10-20 tahun yang akan datang. Ada juga filter “Flower Ring” yang memberikan efek beautification pada pengguna dengan tambahan bunga di kepala untuk tampilan yang lebih cantik. 

2. Sempat Menjadi Aplikasi Nomor 1 di App Store

Tiktok viral 2

Sumber: gadgetsquad.id

Pada bulan Agustus sampai Oktober tahun 2019 kemarin, aplikasi TikTok viral dengan menempati urutan pertama jumlah download terbanyak di App Store loh. Prestasi tersebut juga pernah dicapai di tahun 2018 dengan penghargaan yang diterima oleh TikTok dari Google Play sebagai “Aplikasi Paling Menghibur” dan “Aplikasi Terbaik”. Google dan Apple aja sudah mengakui kehebatan aplikasi yang juga dikenal dengan nama Douyin ini. 

3. 30 menit TikTok-an 

Tiktok viral 3

Sumber: hai.grid.id

Berdasarkan informasi yang dipublikasikan oleh TikTok Indonesia, para pengguna Tanah Air rata-rata menghabiskan waktu selama 29 menit untuk menonton video. Termasuk di dalamnya adalah para pengguna yang membuat, mengedit, dan membagikan video di platform tersebut. Karena video yang diedarkan berdurasi cukup pendek, pengguna di Indonesia bisa menonton lebih dari 100 video per harinya.

Jumlah yang fantastis tersebut rasanya tidak mengherankan mengingat jenis konten video yang tersedia cukup beragam. Mulai dari video hewan-hewan lucu, beauty tutorial, komedi, kartun, kuliner, seni, pendidikan, dan masih banyak lagi lainnya. Kalau kamu sendiri paling suka nonton video yang mana nih? 

Sumber: newsroom.tiktok.com

Meskipun jenis konten yang disediakan sangat beragam, mayoritas TikTokers Indonesia paling menyukai konten makanan, fashion, dan komedi dalam kurun durasi dua tahun ini. Buktinya ada pada video cara membuat risoles dari Yackikuka yang berhasil meraup 750.000 likes dan makeup tutorial dari Anna Queen dengan 900.000 likes. Berkat sistem algoritma yang memastikan konten bermutu akan viral sekalipun kamu gak punya banyak followers. Jadi kreatifitas kamu gak bakal stuck sebab, di Tik Tok kamu bebas membuat konten sekreatif mungkin tanpa perlu pusing apakah bakal ada orang yang melihatnya.  Tik Tok delivered the best content to peoples bukan memaksa orang mencari konten bermutu atau favorit mereka. 

Buat kalian yang suka banget bikin konten-konten kreatif, sudah saatnya berkarya dengan berbagai fitur dan challenge di Tik Tok. Dijamin kamu bisa bikin berbagai konten kreatif tanpa batas dan serunya, Tik Tok pun memastikan konten kreatif bermutu kamu bakal viral.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Kreatif Pakai GIF di Instagram Story Biar Makin Menarik

Game & Teknologi

Anti Ribet-Ribet Club, Begini Cara Back Up Konten Instagram

Game & Teknologi

Rekomendasi Terbaik Situs Text to Speech Gratisan dalam Bahasa Indonesia

Game & Teknologi

Cara Schedule Story Instagram Cocok Buat Akun Bisnis