Creativepreneur and Career

Tingkatkan Saves Instagram dengan Cara Sederhana Berikut!

Bagi para pengguna Instagram pada umumnya, jumlah Like dan Comments adalah yang paling mereka utamakan, dibandingkan lainnya. Tapi tahukah kamu bahwa ada elemen-elemen lain yang juga memiliki peran penting terhadap baik buruknya kualitas sebuah akun Instagram. Salah satu elemen yang penting itu adalah Saves instagram. Kenapa dianggap penting? Karena Save merupakan indikator bahwa konten Instagram di sebuah akun tersebut sangat berharga untuk disimpan.

Mungkin bagi pengguna umum, banyak sedikitnya orang yang menyimpan konten mereka itu tidak menjadi masalah, tapi bagi para pelaku usaha, sudah barang tentu hal tersebut sangat perlu untuk diperhatikan. Bagi kamu yang ingin mengetahui cara untuk membuat pengunjung menyimpan kontenmu, simak berikut informasinya.

Posting Konten yang Timeless

Sumber Gambar : tide.co

Ya, mungkin ada bagusnya juga sih kalau kamu posting segala sesuatu yang sedang viral, tapi seiring dengan berjalannya waktu, konten seperti itu akan menjadi basi dan tidak relevan lagi dengan waktu mendatang. Oleh karenanya, kamu dapat mengunggah postingan-postingan yang timeless atau tidak ada ikatan dan batasan waktunya. Contohnya saja seperti motivasi, tips dan trik atau apapun sejenisnya, asalkan bukan konten sensitif atau SARA.

Ajak Pengunjung dan Followermu untuk Save Postinganmu

Sumber Gambar : qiscus.com

Kamu juga dapat mengajak siapa saja, entah itu pengunjung umum atau followermu untuk save atau menyimpang konten yang kamu unggah. Caranya adalah kamu dapat menambahkan ajakan tersebut di caption dengan bahasa yang menarik dan tidak terkesan memerintah atau dalam bahasa kerennya adalah Call-to-Action (CTA).

Unggah Postingan yang Estetik

Saves Instagram

Sumber Gambar : kenji.ai

Strategi selanjutnya adalah kamu dapat mengunggah postingan yang estetik. Maksudnya adalah postingan yang kamu unggah itu harus enak dilhat, menarik dipandang dan tentunya punya ‘isi.’ Postingan yang estetik akan membuat orang tertarik untuk menyimpannya karena bagus tampilannya dan bermanfaat.

Unggah Postingan yang Edukatif, Informatif atau juga yang Bring Up Memories

Sumber Gambar : kidadl.com

Disimpan atau tidak sebuah postingan di Instagram, semuanya bermula dari konten yang diunggah. Ketika postinganmu tidak menarik, kurang edukatif, tidak ada unsur informasinya atau bahkan biasa saja, maka jangan harap ada orang yang Save unggahanmu itu. Tapi sebaliknya, jika postinganmu menarik, edukatif, informatif bahkan menggugah kenangan akan sesuatu, maka bakal banyak orang yang akan menyimpannya.

Harus Relevan 

Sumber Gambar : instagram.com/malang.heritage

Tentu saja, ketika kamu memiliki akun Instagram yang bertemakan khusus, maka kamu harus menjaga konsistensi postingan yang diunggah. Dalam hal ini, semua konten yang kamu unggah wajib hukumnya untuk selalu relevan dengan tema akun dan audiensmu.Hal itu dikarenakan jika postinganmu tidak relevan, maka akan mengecewakan followermu yang terus menantikan unggahan dengan tema seperti tema akunmu itu.

Buat Caption Menarik

Saves Instagram

Sumber Gambar : goody25.com

Mungkin, foto atau gambar yang kamu unggah bisa dibilang biasa saja, tapi akan menjadi menarik dan kemudian disimpan oleh orang lain apabila caption yang dituliskan sangat luar biasa. Memang Instagram membatasi jumlah karakter dalam setiap postingan, tapi kamu masih dapat mengakalinya dengan berbagai macam cara kok. Intinya adalah buat caption semenarik mungkin!

Analisis Kontenmu

Saves Instagram

Sumber Gambar : ekrut.com

Satu hal yang wajib dan tidak boleh dilupakan adalah menganalisis kontenmu secara berkala. Caranya adalah dengan melihat analitiknya melalui fitur Insight. Di dalam fitur itu, ada berbagai macam data yang dapat kamu lihat, mulai dari jumlah Save, Like, Comments dan sebagainya. Kamu dapat melihat postingan seperti apa yang banyak disimpan orang dan sebaliknya. Dari situ, kamu dapat mulai membuat strategi baru berbasis data yang ada di Insight. 

Dengan 7 Cara di atas, kamu dapat mulai menciptakan strategi khusus termasuk memikirkan konten dan caption apa yang akan kamu suguhkan ke para penikmat konten Instagrammu untuk mendapatkan Save lebih banyak. Selamat mencoba!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Membuat Portofolio Desain Interior yang Menarik

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis, Pahami Dulu Perbedaan Paten, Merek dan Hak Cipta

Creativepreneur and Career

6 Point Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner Yang Wajib Dioptimalkan!

Creativepreneur and Career

Manfaat Optimasi E-Commerce Buat Jangka Panjang Bisnis Online