Fotografi

Tips Atau Cara Rawat Kamera Mirrorless Milikmu Agar Awet

Di era yang semakin berkembang ini turut juga diikuti dengan teknologi yang berkembang. Salah satu bentuk perkembangan adalah terdapat banyak jenis kamera digital di pasaran, salah satunya adalah kamera mirrorless.

Kamera ini belakangan menjadi populer dan banyak dicari karena pemakaiannya yang praktis dan ringan sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Selain itu, kualitas foto yang dihasilkan juga sangat bagus sehingga wajar bila kamera ini menjadi populer.

Walau segala kepraktisan banyak didapatkan dari kamera mirrorless, ada banyak juga belum tahu tentang cara merawat kamera mirrorless dengan baik. Berikut beberapa cara yang dapat kamu ikuti untuk merawat kamera mirrorless kesayanganmu.

1. Perhatikan suhu ruangan dan tempat penyimpanan kamera

Ilustrasi kamera mirrorless. (Sumber: saveseva)

Iklim tropis yang ada di Indonesia dengan suhu udara yang cenderung lembab, membuat sensor dan lensa kamera akan mudah terkena jamur. Oleh sebab itu, kamu harus memerhatikan suhu dari tempat penyimpanan kameramu.

Suhu ideal agar kamera terhindar dari jamur adalah 40-60 derajat celcius. Agar lebih tepat, kamu juga bisa mengikuti petunjuk dalam buku manual kamera. Hal tersebut karena beberapa kamera mengharuskanmu  merawatnya di suhu yang berbeda. Yang jelas, jangan sampai kamu merawat kamera mirrorless di tempat yang terpapar sinar matahari langsung karena bisa menyebabkan kekeringan pada komponen-komponen kamera.

Baca Juga :   5 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik 3 Juta-an

2. Simpan kamera dalam dry box

Penyimpanan dalam dry box. (Sumber: borneo digital)

Kamu bisa membeli dry box untuk meletakkan ataupun menyimpan kamera milikmu agar suhu atau kelembapan kamera tetap terjaga. Dry box sendiri bukan cuma digunakan untuk menyimpan kamera, melainkan baterai, filter, flash, juga vertical grip. Kamera akan jadi lebih aman dan awet bila diletakkan di dalam dry box ini.

Menyimpan kamera mirrorless ke dalam dry box merupakan cara merawat kamera mirrorless yang bisa melindungi kamera dari debu dan air dan bisa mengakibatkan kamera lembab. Jika kamu menyimpan kamera sembarangan, tentu akan mengakibatkan kamera lembab hingga bisa memicu tumbuhnya jamur. Jamur pada kamera bisa mengganggu kerja sensor kamera sehingga bisa mengurangi kualitas foto yang dihasilkan.

About author

Related posts
Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!

Fotografi

Komposisi dan Pencahayaan Dibalik Foto Interior yang Menarik

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet