Creativepreneur and Career

4 Tips Belajar SEO yang Dijamin Paling Ampuh dan Efektif

Penguasaan ilmu SEO yang mumpuni akan menjadi aset berharga buat kamu berkarir di era saat ini. Khususnya jika bidang yang kamu geluti mengedepankan penggunaan sistem digital dan online dengan basis platform pendukung berupa website. Ada beragam cara yang bisa kamu pilih dan tempuh untuk belajar SEO. Mulai dari membaca berbagai sumber referensi, sharing dengan teman, praktik langsung, hingga mengikuti kelas khusus. Berikut ini kami sajikan beberapa tips belajar SEO yang paling ampuh dan jitu, dari tingkat pemula sampai ke tahapan mahir. 

1. Tentukan tujuanmu

Tips belajar SEO 1

Sumber: unsplash.com

Sebuah perjalanan yang sukses selalu dimulai dengan tujuan yang jelas. Percuma rasanya berjuang tanpa tahu apa yang akan atau sedang kamu perjuangkan, bukan? Tips belajar SEO pertama tak lain dan tak bukan adalah dengan memantapkan tujuan atau goal kamu terlebih dahulu. Tujuannya tentu saja adalah sebagai fondasi yang akan memotivasi kamu untuk terus berjuang mencapai garis finish. Saat kamu ingin membuat sebuah goal, dalam hal ini adalah untuk belajar SEO, tanyakanlah pertanyaan ini pada dirimu, “Apa sih yang ingin aku capai?”. 

Contohnya nih, Vicky ingin belajar SEO supaya website yang sedang ia buat bisa tampil dan bersaing di mesin pencarian. Vicky tahu jika SEO itu kompleks, dan biar mudah dipelajari, ia membaginya menjadi beberapa topik berikut: 

  • Apa itu search engine dan cara kerjanya 
  • Riset keyword
  • Copywriting
  • Struktur situs 
  • Konstruksi data 
  • SEO teknis

2. Matangkan rencana

Tips belajar SEO 2

Sumber: unsplash.com

Oke, kalau goal sudah dibuat, selanjutnya adalah menggiring bola. Tapi tahan dulu, rencana yang matang haruslah dibuat terlebih dahulu biar arah bola yang pengen kamu giring sesuai dan bisa menembus gawang. Maksudnya nih, kamu mesti mempersiapkan rencana cara belajar SEO yang kiranya bisa mengantarmu mencapai tujuan tadi. 

Caranya gimana? Buatlah catatan singkat yang dimulai dengan rumus jika…maka. Fungsinya adalah untuk membantumu memetakan waktu dan kondisi paling optimal saat belajar. Dengan begini, kamu bisa membuat rencana yang realistis dan konkrit untuk bisa diimplementasikan dan gak cuma jadi wacana semata. 

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan