Creativepreneur and Career

Kiat Pertahankan Bisnis di Era Pandemi dan Hadapi New Normal

bisnis di era pandemi

Bisnis di era pandemi Covid-19 seperti sekarang ini mulai terasa sangat berat. Hampir di setiap sektor, pelaku usaha mencoba untuk tetap meraih kesuksesan dalam perputaran bisnisnya. Di sisi lain, nggak sedikit pelaku usaha yang gulung tikar karena tak sanggup bertahan. Meski prospek sukses setelah pandemi pun masih belum pasti, namun bukan berarti kamu boleh menyerah dan takluk. Justru seharusnya dengan adanya tantangan kita jadi lebih semangat mencari jalan dan inspirasi untuk berinovasi. Dengan fokus pada segala hal yang ada di bawah kendalimu, kamu bakal lebih siap untuk membangun dan mempertahankan bisnis selama masa-masa sulit. Bukan nggak mungkin kamu juga akan lolos menjadi pribadi yang lebih kuat dari sebelumnya. Di bawah ini adalah rahasia kesuksesan dalam berbisnis saat new normal di era pandemi ini.

1. Sempurnakan Strategi Pemasaranmu

rencana strategi marketing

sumber: proceedinnovative.com

Mengingat kondisi ekonomi dan sosial di saat pandemi sangatlah berbeda, maka pastikan kamu juga punya strategi pemasaran yang baru. Daripada mengirim e-mail, mengunggah foto di akun medsos atau iklan dengan gaya mainstream, kalimat seperti ‘kami ada untukmu’ bisa jauh lebih menjual, loh. Jadilah orang yang lebih proaktif dengan keadaan pelanggan dan ciptakan cara komunikasi baru, tapi pastikan tetap relevan, singkat dan penuh makna.

2. Beralih ke Online

menjalankan bisnis online

sumber: forbes.com

Jauh sejak sebelum pandemi, tren serba online sudah meluas. Kalau ingin bertahan, kamu harus mengikuti tren satu ini. Kunci sukses dalam berbisnis di tengah era pandemi sampai masa sulit usai adalah dengan mulai beralih ke online. Posting iklan di medsos dan berkreasilah dengan kisah-kisah menginspirasi di Facebook, unggah foto-foto cantik produkmu di Instagram. Pandai-pandailah memakai media sosial sebagai jalan menuju kesuksesan. Jadikanlah era new normal ini sebagai alat untuk kamu semakin berkreasi. Bahkan, akhir-akhir ini, tidak jarang untuk menemui orang yang memulai bisnis makanan secara online. Karena sekarang semuanya sudah digital, nggak ada lagi, deh, alasan kalo semuanya nggak bisa dilakukan.

Baca Juga :   5 Rekomendasi Jenis Usaha Tanpa Modal lewat Online

3. Tetap Terkoneksi dengan Para Pelanggan

sosial media untuk bisnis

sumber: hashmicro.com

Bisnismu bisa berkembang dengan pesat berkat para pelanggan. Kalau kamu ingin bisnis tetap bertahan dan mencapai kesuksesannya usai pandemi, pastikan tetap dekat dengan pelanggan. Mungkin sekarang mereka memang sama sekali tak membeli apa pun darimu, tapi komunikasi yang terjaga bisa membuat para pelanggan merasakan sesuatu yang spesial seperti perhatian, kehangatan dan cinta tulus.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Mengulik A to Z H2H Marketing (Human to Human Marketing)

Creativepreneur and Career

Apa Itu Predictive Marketing, Manfaat dan Penerapannya dalam Bisnis Online?

Creativepreneur and Career

Nggak Asal Nulis, Ini 6 Skill yang Harus Dimiliki Copywriter

Creativepreneur and Career

Mau Keuntungan Meningkat? Ini Dia Cara Memaksimalkan Manajemen Bisnis Roti!