Creativepreneur and Career

Kiat Pertahankan Bisnis di Era Pandemi dan Hadapi New Normal

bisnis di era pandemi

Bisnis di era pandemi Covid-19 seperti sekarang ini mulai terasa sangat berat. Hampir di setiap sektor, pelaku usaha mencoba untuk tetap meraih kesuksesan dalam perputaran bisnisnya. Di sisi lain, nggak sedikit pelaku usaha yang gulung tikar karena tak sanggup bertahan. Meski prospek sukses setelah pandemi pun masih belum pasti, namun bukan berarti kamu boleh menyerah dan takluk. Justru seharusnya dengan adanya tantangan kita jadi lebih semangat mencari jalan dan inspirasi untuk berinovasi. Dengan fokus pada segala hal yang ada di bawah kendalimu, kamu bakal lebih siap untuk membangun dan mempertahankan bisnis selama masa-masa sulit. Bukan nggak mungkin kamu juga akan lolos menjadi pribadi yang lebih kuat dari sebelumnya. Di bawah ini adalah rahasia kesuksesan dalam berbisnis saat new normal di era pandemi ini.

1. Sempurnakan Strategi Pemasaranmu

rencana strategi marketing

sumber: proceedinnovative.com

Mengingat kondisi ekonomi dan sosial di saat pandemi sangatlah berbeda, maka pastikan kamu juga punya strategi pemasaran yang baru. Daripada mengirim e-mail, mengunggah foto di akun medsos atau iklan dengan gaya mainstream, kalimat seperti ‘kami ada untukmu’ bisa jauh lebih menjual, loh. Jadilah orang yang lebih proaktif dengan keadaan pelanggan dan ciptakan cara komunikasi baru, tapi pastikan tetap relevan, singkat dan penuh makna.

2. Beralih ke Online

menjalankan bisnis online

sumber: forbes.com

Jauh sejak sebelum pandemi, tren serba online sudah meluas. Kalau ingin bertahan, kamu harus mengikuti tren satu ini. Kunci sukses dalam berbisnis di tengah era pandemi sampai masa sulit usai adalah dengan mulai beralih ke online. Posting iklan di medsos dan berkreasilah dengan kisah-kisah menginspirasi di Facebook, unggah foto-foto cantik produkmu di Instagram. Pandai-pandailah memakai media sosial sebagai jalan menuju kesuksesan. Jadikanlah era new normal ini sebagai alat untuk kamu semakin berkreasi. Bahkan, akhir-akhir ini, tidak jarang untuk menemui orang yang memulai bisnis makanan secara online. Karena sekarang semuanya sudah digital, nggak ada lagi, deh, alasan kalo semuanya nggak bisa dilakukan.

3. Tetap Terkoneksi dengan Para Pelanggan

sosial media untuk bisnis

sumber: hashmicro.com

Bisnismu bisa berkembang dengan pesat berkat para pelanggan. Kalau kamu ingin bisnis tetap bertahan dan mencapai kesuksesannya usai pandemi, pastikan tetap dekat dengan pelanggan. Mungkin sekarang mereka memang sama sekali tak membeli apa pun darimu, tapi komunikasi yang terjaga bisa membuat para pelanggan merasakan sesuatu yang spesial seperti perhatian, kehangatan dan cinta tulus.

4. Ulurkan Tangan dan Gandeng Karyawan

membangun teamwork

sumber: teambonding.com

Yakin kalau dengan bergandengan tangan kita semua bisa melalui dan bertahan setelah masa sulit ini. Jangan lupa kalau kamu punya karyawan dan orang-orang berjasa di dalam bisnis yang kamu jalani. Ajak mereka untuk berjuang bersama.  Berdayakan mereka. Caranya bisa dengan mengadakan pelatihan khusus atau cukup dengan menerapkan kebijakan baru terkait jam masuk-pulang dan istirahat. Cari tahu apa yang bisa kamu lakukan untuk mendukung mereka.

5. Ikut Terlibat Aktif dalam Komunitas

kolaborasi bisnis dengan komunitas

sumber: pearsoninternationalschools.com

Bantuan kecil darimu bisa sangat berarti untuk komunitas. Mungkin kamu belum bisa memproduksi hand sanitizer atau masker dalam jumlah besar sendirian, namun kamu tetap bisa memberikan sesuatu kepada mereka. Salah satunya adalah dengan kerja sosial di rumah sakit atau tempat-tempat lain yang membutuhkan bantuan. Tunjukkan peranmu sebagai makhluk sosial dalam membantu sesama di tengah pandemi. Hal ini terbukti dapat meningkatkan peluang kesuksesan bisnis setelah pandemi, loh.

6. Gunakan Waktu dan Tulis Konten yang Berarti

menulis konten

sumber: laptopstudy.com

Punya terlalu banyak waktu luang di tengah-tengah pandemi? Kenapa nggak kamu gunakan untuk menulis konten berkualitas. Selain bisa memberikan manfaat untuk pembaca, kamu juga sekaligus bisa meningkatkan popularitas bisnis yang kamu jalankan, loh. Banyak tema-tema yang bisa kamu angkat tentang pandemi ini atau tips-tips yang mutakhir yang kamu punya selama menjalankan kegiatan di masa peralihan ke new normal. Jangan lupa bagikan konten yang kamu tulis di medsos dan menghasilkan buzz untuk produkmu.

7. Tetap up-to-date Soal Info Terkini

tetap terhubung dengan berita terbaru

sumber: iroy.in

Jangan sampai karena kehidupan normal mulai berubah kamu jadi abai akan berita-berita terkini, terutama soal kondisi dan situasi terbaru pandemi. Carilah informasi sebanyak mungkin, bisa dari pemerintah, WHO atau sumber berita terpercaya lainnya. Kita semua tahu betapa berat menghadapi kehidupan di tengah pandemi ini. Namun yakinlah kalau harapan akan selalu ada untuk mereka yang menolak kalah. Termasuk bagi kamu semua yang ingin bertahan dalam bisnis di era pandemi dan menyambut datangnya new era. Semangat untuk kita semua!

Editor: Isyhari Maheswar

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil