Arsitektur & Interior

Tips Buat Rumah Bernuansa Seperti Villa!

Setiap kali kita berlibur atau staycation tentunya kita pasti jadi berpikir kenapa kamar tempat kita menginap bisa terasa nyaman dan mengapa ketika tidur disana merasa tidur lebih nyenyak, puas dan berkualitas? Sadar tidak sadar ternyata tempat menginap baik villa atau hotel sebenarnya telah di desain dengan khusus lho! Sehingga membuat suasana dan pengalaman kita tinggal disana terasa nyaman. Nah, ternyata desain khusus seperti tempat menginap seperti itu bisa juga diterapkan loh di kamar tidur rumah kita.

Pasti kalian jadi terpikir apa benar bisa membuat kamar di rumah kita jadi senyaman itu? Jawabannya tentu saja bisa! Yuk ikuti tiga tips sederhana yang bisa buat kamarmu jadi bernuansa seperti villa

Lighting

Sumber Gambar : Unsplash.com

Pertama poin terpenting dalam interior adalah lighting. Yap benar pencahayaan. Umumnya di rumah kita hanya punya satu lampu saja yaitu lampu utama yang ada di plafon. Lampu ini biasanya hanya digunakan agar ruangan mendapatkan pencahyaan di malam hari.

Nah untuk merubah suasana ruang Langkah yang dapat dilakukan bisa dengan cara menambahkan lampu dengan tingkat penerangan yang berbeda.Lampu yang dipilih bisa berupa lampu meja, yang diletakkan di kanan kiri tempat tidurmu atau alternatif lain bisa dengan menambahkan lampu LED strip untuk dijadikan hidden light.

Lampu ini juga bisa diletakkan dibawah Kasur untuk memberikan kesan melayang seperti ini

Dengan penambahan lampu bisa memberikan efek cahaya yang berlapis sehingga membuat ruangan tampak tidak rata dan lebih berdimensi. Kemudian ada satu faktor penting dari pada sekedar menambahkan lampu yaitu dengan memilih warna lampu. Gunakan lampu yang berwarna kuning atau jingga karena lampu ini dapat memberikan suasana yang lebih nyaman. Untuk lebih spesifik bisa pastikan lampu yang dipilih berkisar 4500-5000K untuk mendapatkan pencahayaan yang optimal.

Tirai Yang Panjang dan Tebal

Seperti Villa

Sumber Gambar : ikea.co.id

Tips kedua adalah gunakan tirai yang panjang dan tebal memenuhi dari plafon hingga ke lantai. Eits pasti kamu berpikir untuk apa? Padahal kan jendela ruangan yang ada di kamar tidur kita mungkin tidak sebesar itu.

Jadi ukuran tirai panjang itu memberikan kesan ruang yang tinggi selain itu juga bisa memberikan efek ekslusif dan terlingkup. Tidak hanya itu sebenarnya secara tidak langsung tirai juga dapat meredam suara dari luar sehingga kamar tidur menjadi lebih nyaman.

Untuk pemilihan bahan dari tirai sendiri juga ada beberapa macam salah satunya yang paling sering digunakan adalah tirai berjenis black out.

Tirai ini berfungsi untuk memblokir cahaya, sehingga dengan suasana ruang yang benar-benar gelap membantu membuat kualitas tidur kita menjadi lebih optimal. Lalu yang kedua adalah vitras, vitras berfungsi sebagai layer kedua yang juga berfungsi untuk mengaburkan cahaya matahari sehingga cahaya matahari yang masuk menjadi lebih lembut menyinari keseluruhan ruangan.

Jadi kalian bisa pilih untuk menggunakan blackout saja atau kombinasi black out dengan vitras seuai dengan kebutuhan kalian.

Pewarnaan

Seperti Villa

Sumber Gambar : Unsplash.com

Yang terakhir dan tentunya tidak kalah penting dalam membuat rumah bernuansa seperti villa adalah warna. Kalau kalian amati dari gambar-gambar berikut bisa ditemukan persamaan dari kombinasi warna yang digunakan.

Warna-warna yang dipilih selalu berada di maksimal 3 warna yang berhubungan. Seperti yang kita tahu ketika dinding lantai dan warna dari sprei dan bantal berada di serangkaian warna yang sama dapat membantu meringankan beban mata dalam memproses suasana ruang tersebut.

Selain itu kecenderungan penggunaan warna putih juga membantu memberikan kesan bersih dan lega bagi pengguna di dalamnya. Warna putih ini juga bisa membantu ketika ada cahaya matahari yang masuk melalui jendela bisa ikut membuat suasana ruang lebih menarik.

Warna-warna lain yang biasanya turut berperan pada ruang adalah coklat, dan abu-abu kedua ini juga bisa melengkapi warna hitam dan putih sekaligus memberikan sentuhan hangat jika diterapkan pada tirai maupun dekorasi ruangan seperti pigura, nakas, bahkan kursi.

Warna-warna natural tidak hanya melulu diaolikasikan dengan cat, tetapi bisa juga dengan pemilihan material seperti menggunakan kayu, vinyl dan sebagainya.

Nah bagaimana menarik bukan? Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam mengubah rumah bernuansa seperti villa. Terima kasih dan selamat mencoba!

Penulis:
Olivia Gunawan | Program Studi Desain Interior Universitas Kristen Petra
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Tips Elemen Dekorasi Interior Pada Toko Elektronik

Arsitektur & Interior

4 Inspirasi Karakter Pada Ruang Komersial Konsep Industrial Yang Bisa Kamu Coba!

Arsitektur & Interior

Pengaruh Desain Pada Nona Manis Dimsum Club & Nyonya Manis Drinking Club Malang Pada Psikologi Pengunjung

Arsitektur & Interior

Yuk, Intip Green House Coworking Dengan Konsep Green Design!

Leave a Reply

Your email address will not be published.