Arsitektur & Interior

Tips Dan Trik Mendesain Rumah Dengan Konsep Modern Tropis

Indonesia merupakan Negara beriklim tropis, karena negara Indonesia terletak pada garis khatulistiwa. Kondisi iklim ini yang mengakibatkan Indonesia mengalami panas sepanjang tahun dengan suhu yang relatif tinggi. Kondisi ini memunculkan sebuah konsep desain interior yaitu konsep modern tropis. Konsep tropis merupakan salah satu representasi konsep yang dikembangkan berdasarkan respon terhadap iklim yang terjadi di Indonesia yaitu tropis lembab. Sedangkan konsep desain modern merupakan gaya yang simpel, bersih, fungsional, stylish, trendy, dan up-to-date.

Gabungan konsep tropis dengan konsep modern ini menjadikan sebuah rumah khususnya di Indonesia menjadi sangat nyaman, fungsional serta tidak ketinggalan jaman. Rumah dengan konsep modern tropis sangat diminati oleh semua kalangan. Desainnya yang sederhana namun tidak ketinggalan jaman, serta sangat memperhatikan kesesuaiannya dengan iklim membuat konsep rumah ini digemari oleh banyak orang.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik menarik, mendesain rumah tinggal dengan konsep modern tropis.

  1. Berikan Bukaan yang Lebar Serta Gunakan Plafon yang Tinggi

Sumber Gambar : freepik.com

Rumah dengan konsep tropis memiliki bukaan pintu dan jendela yang lebar, sirkulasi udara yang lapang, serta plafon yang tinggi. Banyaknya bukaan yang lebar memungkinkan udara masuk dengan leluasa dan memaksimalkan pencahayaan alami di dalam ruangan.

Bila memungkinkan, bukaan lebar dimaksimalkan dengan menciptakan teras di sekeliling rumah. Ketinggian plafon juga mempengaruhi sirkulasi udara di dalam ruangan. Semakin tinggi plafon, udara yang mengalir akan semakin leluasa bergerak sehingga suhu ruangan akan menjadi sejuk.

Jarak dari lantai ke plafon yang ideal pada konsep rumah tropis adalah 2,5-3 m. Menggunakan plafon yang cukup tinggi, membuat ruangan menjadi tidak panas atau lembab.

2. Pilih Warna-Warna Alami (Warna Earth Tone)

Sumber Gambar : freepik.com

Konsep desain modern tropis biasanya menggunakan warna-warna alam atau sering disebut sebagai warna earth tone. Warna Earth tone berasal dari berbagai macam warna yang diadopsi dari keindahan alam di bumi, seperti warna batu, hutan atau bukit, lautan, tanah.

Sebagai contohnya, warna abu atau hitam terinspirasi dari warna batu yang ada di sungai ataupun pegunungan, warna hijau dari dedaunan, biru dari air laut, serta coklat dari tanah ataupun kayu.

Warna earth tone menjadi tren warna yang diminati oleh banyak orang karena memberikan kesan hangat, natural, nyaman, serta elegan.

Sumber Gambar : freepik.com

Pilihan warnanya beragam karena alam memiliki spektrum warna yang begitu luas. Agar suasana ruangan menjadi tidak membosankan, bisa diberi sedikit warna yang kontras untuk memberikan kesan ruang menjadi lebih hidup.

Contohnya, ruangan yang dominan menggunakan warna earth tone akan memakai warna seperti coklat, abu-abu, dll. Warna-warna ini cenderung warna-warna yang netral, dengan ditambahkan warna kontras seperti warna biru akan  membuat ruang menjadi tidak membosankan.

3. Hadirkan Ruangan Terbuka

konsep Modern Tropis

Sumber Gambar : freepik.com

Rumah berkonsep modern tropis biasanya menggunakan open plan, yaitu tata letak dengan minimum penggunaan partisi atau sekat.

Meminamalisir penggunaan partisi atau sekat dapat membuat sirkulasi udara di dalam ruang menjadi baik dan lancar. Ruangan terbuka pada rumah berkonsep modern tropis bisa dengan memberi taman dalam rumah, innercourt, dan void pada rumah.

Ketiga hal ini dapat menciptakan kesejukan dalam rumah serta bisa dinikmati keindahannya juga.

4. Gunakan Furniture Multifungsi

konsep Modern Tropis

Sumber Gambar : freepik.com

Rumah dengan konsep modern tropis selain memikirkan kondisi iklim sekitarnya, juga mengandung unsur modern yang mengutamakan fungsi dan efektifitas penggunaan ruangnya. Unsur modern dari konsep ini adalah desain yang fungsional.

Perabotan yang ada tidak dimaksudkan untuk dekorasi saja, melainkan untuk mengoptimalkan penggunaan fungsinya. Dengan menggunakan perabot multifungsi dapat menghemat ruang serta biaya, serta dapat memaksimalkan efektifitas kegiatan pengguna ruang.

Salah satu contoh perabot multifungsi adalah dipan sekaligus difungsikan sebagai tempat penyimpanan pada bagian dalam dipan.

Demikian beberapa tips dan trik sederhana yang bisa bermanfaat untuk mendesain rumah dengan konsep modern tropis. Tidak membutuhkan budget yang tinggi untuk menerapkan konsep modern tropis ini, cukup dengan pemilihan warna yang tepat, penggunaan furniture yang fungsional serta memberikan bukaan yang banyak dan plafond yang tinggi dapat membuat rumah menjadi terasa nyaman.

Semoga konsep desain ini bisa segera terwujud! Selamat menabung dan memilah – milah konsep terbaik yang cocok untuk rumahmu ya.

Teks oleh : Anastasia Rabela Anggasta (Mahasiswa Desain Interior Universitas Kristen Petra Surabaya)
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!

Leave a Reply

Your email address will not be published.