Arsitektur & Interior

Tips Desain Interior Kantor di Era New Normal

Pandemi Covid-19 saat ini membuat kita harus beradaptasi dengan kondisi yang ada. Sehingga pola aktifitas manusia menjadi berubah yang kita sebut dengan istilah new normal. Selain itu ada juga anjuran dari pemerintah untuk bekerja dari rumah atau Work From Home. Maka dari itu dibutuhkan beberapa tips untuk desain interior kantor di era new normal ini, seperti.

Desain yang Fungsionalis

desain interior kantor

Sumber Gambar : interiordesign.net

Istilah fungsionalis sudah tidak asing lagi di dunia interior. Fungsionalis berarti sesuatu hal yang dirancang untuk mampu melakukan satu atau lebih kegiatan yang membutuhkan praktek, dan lebih mengutamakan fungsi daripada desain yang atraktif atau dekoratif. Karena di era new normal saat ini desain interior pada kantor dapat mempengaruhi psikologis dari masing-masing pekerjanya. Maka dari itu penerapan desain yang fungsionalis sangat cocok di era new normal saat ini. Seperti contohnya membuat penataan ruang dengan menerapkan banyak area bersih dan juga penggunaan furniture yang fungsionalis.

Pengaturan Sirkulasi

Sumber Gambar : Kompas.com

Di masa pandemi ini mengatur sirkulasi sangatlah penting. Dengan mengatur sirkulasi udara dan sirkulasi jalan dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19 dan juga membuat kondisi kantor menjadi lebih sehat. Penggunaan alat penyaringan udara pada kantor dapat membantu sirkulasi udara di dalam ruangan, selain itu juga dapat menerapkan desain interior dengan bukaan atau jendela yang besar. Pengaturan sirkulasi jalan dapat diterapkannya sistem jalan satu arah di area kantor. Penerapannya dapat dilakukan dengan melakukan sosialisasi pada para pekerja yang ada di kantor, selain itu juga dapat diterapkan dengan cara memberikan tanda arah jalan yang jelas dan juga dapat diwujudkan dengan membuat pola lantai yang dapat menggambarkan bahwa jalan yang mereka lewati itu satu arah. 

Menerapkan Desain Partisi

desain interior kantor

Sumber Gambar : High Street

Penggunaan partisi di era new normal ini merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk desain interior kantor. Karena dengan adanya partisi yang membatasi dapat mencegah penyebaran virus. Selain itu dengan adanya partisi dapat memberikan privasi bagi masing-masing individu dan digunakan sebagai elemen dekorasi pada ruang. Partisi dengan material transparan sering dipilih menjadi salah satu alternatif karena dianggap cukup efektif tanpa menghambat aktifitas yang dilakukan oleh para pekerja yang ada di kantor.

Menggunakan Material Anti Mikroba dan Mudah Dibersihkan

desain interior kantor

Sumber Gambar : Dekoruma

Pemilihan material pada interior kantor sangatlah penting di era new normal. Perabot yang digunakan pada desain interior kantor harus mudah dibersihkan dengan bahan kimia pembersih. Pemilihan material yang tidak berpori sangatlah disarankan di era new normal ini. Dan juga penggunaan material yang anti bakteri / anti mikroba juga dapat mencegah penyebaran virus karena dengan material anti mikroba dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang terkadang dapat menimbulkan penyakit. Untuk penggunaan material kain dapat diganti dengan vynil dan logam dengan laminasi karena tidak terlalu berpori dan lebih mudah dibersihkan.

Memberikan Indoor Plants

desain interior kantor

Sumber Gambar : Thevocket

Tanaman hijau yang diletakkan di dalam ruangan dapat menghadirkan suasana alami pada kantor. Dengan danya Indoor Plants dapat memberikan kenyamanan bagi para pekerja. Nuansa rileks dan tenang juga dapat muncul di dalam ruangan tersebut sehingga bisa membantu mengurangi ketegangan para pekerja selama bekerja di masa pandemi ini. Selain itu penataan Indoor Plants digunakan sebagai partisi dan juga dekorasi yang dapat memberikan aksen pada ruangan agar tidak terlihat membosankan. Penambahan Indoor Plants juga dapat digunakan sebagai aomaterapi alami dan menyaring polusi pada ruangan. Beberapa tanaman yang biasa diletakkan di dalam ruang seperti tanaman lidah mertua, lavender, echeveria, anthurium, peach lily, dll.

Penerapan Teknologi pada Desain Interior Kantor

Sumber Gambar : Kompas.com

teknologi pada desain interior kantor merupakan salah satu hal yang dapat mendukung dan mempermudah kegiatan yang bejalan di kantor pada era new normal ini. Dengan menggunakan teknologi seperti camera thermal, automatic sanitizer yang di desain dengan sentuhan desain yang modern dapat digunakan sebagai dekorasi dan juga rasa aman serta nyaman bagi orang yang masuk ke kantor tersebut. Selain itu penerapan desain interior dengan sistem touchless juga dapat mengurangi penyebaran virus. Seperti contohnya menggunakan pintu yang dapat terbuka dengan cara melambaikan tangan pada sensor yang telah disediakan, dan juga mematikan serta menghidupkan lampu melalui gadget masing-masing. Dengan begitu dapat mengurangi jumlah kontak fisik antar pekerjanya.

 

Baca Juga :   10 Jenis Kursi yang Cocok untuk Beragam Kebutuhan Ruangan

Itulah beberapa tips yang dapat digunakan untuk mendesain interior kantor di era new normal agar tetap merasa aman dan nyaman pada saat bekerja. Tetapi tetaplah menjaga kebersihan dan kesehatan agar tetap terhindar dari penyakit, stay safe.

Penulis: Jessica Putri Haryanto

Universitas Kristen Petra Surabaya

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Ide Patung Dekorasi di Rumah Yang Menambah Kesan Artistik!

Arsitektur & Interior

Yuk, Kenalan Sama Rumah Adat Mbaru Niang Khas NTT!

Arsitektur & Interior

Ide Kreasi Botol Bekas Yang Memiliki Nilai Seni Tinggi!

Arsitektur & Interior

Mau Punya Kamar Aesthetic? Wajib Beli 5 Item Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.