Seni Rupa & Desain

Tips Desain Kartu Lebaran Canva, Simpel Nggak Pakai Ribet

Kalau lagi momen Idul Fitri atau lebaran, ini waktunya umat muslim saling bersilaturahmi. Biasanya, dengan berkunjung ke rumah sanak saudara atau kerabat, kemudian berjabatan tangan. Tapi, karena pandemi belum selesai, mungkin kamu juga nggak ke mana-mana dulu. Nggak masalah, karena ucapan lebaran juga bisa disampaikan lewat HP. Untuk itu, ada tips desain kartu lebaran Canva biar ucapanmu terasa lebih meriah.

Cara Bikin Desain Kartu Lebaran Pakai Canva

Baik kamu menggunakan HP Android maupun iOS, Canva tersedia buat HP kamu. Canva merupakan salah satu aplikasi desain yang terpopuler. Di Canva juga udah ada template kartu lebaran yang oke punya. Kamu bahkan bisa mengeditnya sendiri dan menambahkan teks, foto, stiker, dan sebagainya.

Berikut cara menggunakan Canva untuk bikin kartu lebaran:

  1. Instal Aplikasi Canva

Sumber Gambar : kompas.com

Cari aplikasi Canva di Google Play Store untuk HP Android atau Apple App Store untuk HP iOS. Unduh aplikasinya. Kalau udah, buka aplikasi Canva, kemudian login pakai akun Facebook atau Google.

2. Masukkan Kata Kunci Idul Fitri

Cara mengedit teks di gambar Canva dan menambahkan elemen lainnya seperti Sticker.

Sumber Gambar : kompas.com

Begitu masuk, kamu bakal melihat tampilan utama Canva. Tips desain kartu lebaran Canva selanjutnya, adalah mengetikkan kata kunci di kolom pencarian, tempatnya ada di paling atas sendiri. Ketikkan kata kunci “Eid Al-Fitr”. Nanti akan muncul hasil pencarian berdasarkan kata kunci tersebut.

3. Pilih Template

Sekarang, kamu pilih “Eid Al-Fitr Card” dari hasil pencarian tadi. Lalu, muncul tampilan berikutnya. Nah, sekarang kamu tinggal pilih aja template kartu lebaran yang udah tersedia. 

4. Edit Template

Kalau udah memilih kartu ucapan lebaran, kamu bisa mengeditnya. Caranya, klik aja teks atau gambar yang mau diubah, kemudian ganti pakai teks atau gambar yang kamu inginkan. Misalnya, tulisan “Have a Happy Eid!” diganti menjadi “Selamat Hari Raya Idul Fitri”.

5. Pilih Elemen Tambahan

tips desain kartu lebaran Canva

Sumber Gambar : kompas.com

Begitu udah selesai mengubah dan mengedit teks bawaan, kamu juga bisa bikin template kartu lebaranmu jadi makin cantik. Caranya, tambahkan aja elemen-elemen gambar, seperti teks tambahan, stiker, atau foto, dan masih banyak lagi.

Cara buat menambahkan yaitu kamu klik ikon plus atau “+” di bawah bagian pojok kiri pada tampilan edit gambar. Setelah itu, kamu bisa pilih elemen yang mau ditambahkan. Buat menambahkan elemen tersebut, klik ikon dengan tulisan “Stickers”.

Kalau udah, bakal ada tampilan elemen-elemen buat mempercantik desain template kamu. Biar elemennya berupa stiker atau gambar yang relevan, ketikkan kata kunci “eid al-fitr” atau “moeslim” pada kolom pencarian.

Setelah itu, pilih aja elemen berupa gambar atau stiker yang kamu suka, caranya cukup diklik aja. Kemudian, stiker yang kamu pilih bakal ditempatkan oleh Canva di template kartu lebaran yang udah kamu bikin. Kamu bisa memindahkan stiker ini ke tempat mana aja sesuai keinginan.

Bisa juga kalau kamu mau tambahkan stiker lain. Caranya dengan klik ikon plus atau “+” lagi, kemudian pilih elemen lainnya, bisa berupa gambar atau stiker.

6. Simpan dan Bagikan Kartu Lebaran

tips desain kartu lebaran Canva

Sumber Gambar : kompas.com

Kalau kartu lebaran kamu udah diedit dengan cantik, sekarang tinggal disimpan dan dibagikan. Buat menyimpannya, klik ikon tanda panah yang mengarah ke atas, lalu pilih “Save as…”.

Kalau mau dibagikan langsung di Whatsapp, klik ikon tadi, scroll jendela dengan “Save as…” ke bawah, pilih “WhatsApp”, klik “Continue”. Akan muncul tampilan daftar kontak. Pilih kontak, pastikan kartu lebaran yang dikirim adalah yang udah diedit barusan, klik “Send”.

Demikian tips desain kartu lebaran Canva sekaligus cara mengirimnya. Yuk, dicoba!

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Apa Itu Golden Ratio dan Dapatkah Diaplikasikan ke Desain Logo?

Seni Rupa & Desain

Tutorial Anaglyph di Adobe Photoshop Anti-Ribet yang Bisa Kamu Coba Sendiri di Rumah

Seni Rupa & Desain

Cara Membuat PowerPoint Animasi Bagus Serta Menarik

Seni Rupa & Desain

Istilah Warna dalam Desain Grafis yang Paling Sering Digunakan, Udah Tahu?