Arsitektur & Interior

Tips Elemen Dekorasi Interior Pada Toko Elektronik

Tips Elemen Dekorasi Interior Pada Toko Elektronik

Pembahasan kali ini, berkaitan dengan toko elektronik, mungkin masih ada yang bingung toko elektronik itu apa sih? Toko elektronik merupakan toko yang menjual berbagai macam barang elektronik seperti Televisi, AC, Hingga alat Perawatan Diri. Dalam sebuah perancangan interior untuk toko elektronik ini tentunya terdapat beberapa elemen penting. Khususnya untuk membuat penampilan toko terlihat menarik para pelanggannya, salah satunya ialah elemen dekorasi. Yuk intip beberapa tips elemen dekorasi apa saja sih yang dapat menarik pelanggan?

1. Penampilan Facade Bangunan

Sumber Gambar : Pinterest

Penampilan ini merupakan paling utama dan yang pertama kali dilihat oleh orang-orang. Biasanya terlihat jelas dari luar supaya menarik orang yang lewat dan masuk ke dalam toko. Supaya menarik pelanggan, buatlah penampilan main entrance toko elektronik yang menggambarkan desain interior tokomu. Serta jangan lupa tanda bahwa ini merupakan toko elektronik ya!.

2. Display

sumber gambar : Pinterest

Hal wajib yang ada di toko ialah display. Display ini dapat memicu resapan emosional tertentu dalam sekilas pandang lho. Bahkan dapat menarik orang untuk masuk ke dalam toko.

Maka, sebaiknya display tidak perlu terlihat mencolok supaya produk yang ada display bisa fokus terlihat dan menarik pelanggan untuk membeli produk. Tampilan display untuk interior juga perlu untuk menyesuaikan dengan warna, desain, dan juga material.

Karena empat hal tersebut juga mempengaruhi perancangan interior toko elektronik kamu lho. Nah, pada era “New Normal” ini khususnya diperlukan display yang sesuai dengan standar protokol kesehatan. Salah satunya dengan memberi tempat hand sanitizer pada beberapa displaynya dan juga menyesuaikan jarak untuk protokol kesehatan yang baik.

3. Signage / Wayfinding

sumber gambar : Pinterest

Signage ini termasuk juga lho, tentu saja diperlukan dengan menyesuaikan penampilan gambar, logo, pencahayaan, warna serta tulisan pada desain interior toko elektronik. Bisa juga ditampilkan pada luar bangunan seperti nama toko atau brand produknya.

Begitu pula dengan wayfinding, seperti menunjuk arah atau area suatu ruangan. Tidak hanya berdiri sendiri namun bisa juga lho menyatu dengan elemen interior lainnya seperti lantai, dinding dan plafon.

Hal ini juga berlaku untuk era “NEW NORMAL” lho, karena sebagai penanda sekaligus mengingatkan para pelanggan serta para pekerja yang ada di toko elektronik supaya tetap mematuhi protokol kesehatan!

4. Lampu

sumber gambar : Pinterest

Lampu juga termasuk elemen paling penting pada sebuah toko sebagai pencahayaan salah satunya dengan menyorot item-item produk. Pencahayaan lampu yang baik adalah dengan memperlihatkan produk terlihat menarik dan menampilkan warna aslinya.

Berbagai macam jenis lampu yang bisa kamu gunakan juga lho untuk mempercantik toko elektronik. Contohnya seperti lampu sorot (spotlight, track light), LED strip, hidden lamp, downlight, dan masih banyak lagi. Penggunaan warna lampu juga perlu diperhatikan ya, karena hasil pantulannya dapat mempengaruhi suasana pada toko.

5. Indoor Plant

sumber gambar : Pinterest

Gak hanya cuman lampu yang membuat interior toko terlihat hidup, tanaman ternyata juga lho!. Tanaman indoor ini sangat membantu untuk mempercantik ruangan dengan menyegarkan mata supaya tidak jenuh saat melihat barang-barang saja.

Tidak hanya itu, tanaman juga dapat membantu menetralisir udara di dalam ruangan. Ada beberapa contoh tanaman yang bisa kamu gunakan, seperti lidah mertua, sirih gading, lili paris, monstera, palem, bunga anthurium, bunga peace lily, bunga Violet Afrika (Saintpaulia), dan masih banyak macam-macam tanaman lainnya.

Hal terakhir untuk mempercantik pada tanaman kamu, gunakan vase yang sesuai dengan interior desain toko ya. Supaya terlihat harmonis dan juga visual yang ditampilkan tidak terlalu mencolok dengan produk yang dijual pada toko elektronik.

6. Frame Art / Pigura / Digital Screen 

sumber gambar : Pinterest

Hal terakhir untuk elemen dekorasi pada toko elektronik ini, bisa juga digunakan sebagai pemanis atau bisa juga menampilkan produk toko dengan memajang pada pigura atau dengan memberi tampilan layar display. Dengan bantuan teknologi, membantu toko lebih terlihat canggih atau modern sekaligus bisa mempromosikan barang apa saja yang di jual pada toko elektronik kamu.

Nah, dari beberapa tips elemen dekorasi tersebut kamu bisa terapkan nih di tokomu.

Yuk buat toko elektronik kamu dengan menarik dengan beberapa tips elemen dekorasi di atas supaya dapat membantu penjualan toko kamu dengan penampilan interior yang keren. Semoga membantu!

Referensi :
https://www.dekoruma.com/artikel/67832/tips-konsep-desain-toko-kecil
https://www.ilmu-ekonomi-id.com/2017/10/5-elemen-desain-toko.html
https://docplayer.info/214984490-Penerapan-konsep-new-normal-pada-desain-sirkulasi-dan-signage-pusat-perbelanjaan-di-kawasan-kuta-bali-studi-kasus-beachwalk-shopping-ce
nter.html

Teks Oleh : Maria Ignatia Aldea Kurnia_Program Studi Desain Interior_Universitas Kristen Petra 
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!

Leave a Reply

Your email address will not be published.