Fotografi

Tips Foto Keluarga Sendiri, Keren Tanpa Perlu ke Studio

Salah satu cara terbaik untuk bersenang-senang dengan keluarga adalah dengan berfoto ria. Bahkan, setiap momen berharga kamu dan keluarga akan tetap abadi di dalam foto tersebut. Nah, kamu nggak harus ke studio, kok, untuk menghasilkan sebuah foto keluarga yang bagus. Disini, akan kami berikkan beberapa tips foto keluarga di rumah, biar fotomu sama kerennya dengan jepretan studio. Ayo, kita catat tipsnya.

Gunakan Tripod Setiap Kali Berfoto

tips foto keluarga

Sumber Gambar : unsplash.com

Mungkin kamu berpikir, cara foto keluarga di rumah pakai tripod, itu terasa cukup ribet. Tapi, sebenernya tripod itu berperan penting, loh. Terutama, untuk membuat orang yang difoto merasa nyaman dan juga nggak nervous. Kamu lebih gampang mengatur semuanya, mulai dari setting kamera sampai komposisi foto. Kamu pun bisa lebih rileks saat berfoto. Kemudian, yang terpenting, kamera kamu nggak akan goyang.

Kunci Fokusnya

Sumber Gambar : unsplash.com

 

Tips yang berikutnya untuk menghasilkan foto keluarga bagus tanpa perlu ke studio foto adalah  dengan mengatur setting kamera. Pertama, gunakan focus lock. Kalau sudah, kembali ke fokus manual. Dengan cara ini, maka fokus fotomu nggak akan berubah di setiap jepretan. Yang jadi sorotan ya di bagian itu-itu saja. Jadi, meskipun kamu jeprat-jepret beberapa kali, fokusnya tetap, dan nggak bakal berganti-ganti sendiri.

Posisikan Kepala dengan Tepat

tips foto keluarga

Sumber Gambar : .unsplash.com

 

Nah, kalau yang satu ini sebenarnya merupakan hal yang sering diabaikan ketika sedang berfoto beramai-ramai. Saat ada banyak orang yang berfoto, posisi kepala itu juga penting. Sebaiknya, jangan sampai posisinya lurus datar gitu aja. Maksudnya, jangan berdiri berbaris ke samping dan membentuk satu barisan. Coba atur dinamika-nya. Misalnya, ada anggota keluarga yang berdiri. Lalu, ada yang duduk. Ini bakal bikin posisinya lebih seimbang. Terus, kelihatan makin estetik juga.

Berpose Natural

Sumber Gambar : unsplash.com

 

Pose natural adalah tips foto keluarga yang selanjutnya. Biasanya, orang-orang cenderung kaku saat difoto. Mereka canggung. Lalu, akhirnya berpose dengan kaku. Nah, tipsnya, biarkan badan melenggok untuk berpose. Nggak sekadar berdiri tegap, atau cuma duduk tegak. Jadi, sambil bersedekap, berkacak pinggang, tangan masuk ke saku, dan masih banyak gaya lainnya. Foto candid juga boleh banget, lho.

Baca Juga :   Belajar Dasar-Dasar Three Point Lighting untuk Fotografi

Biarkan Anak-Anak Bebas Bergaya

Sumber Gambar : unsplash.com

 

Seringnya kalau ada anak-anak, orang-orang yang lebih tua bakal meminta mereka untuk bergaya lucu. Misalnya, anak-anak dibilangi, “Ayo, senyum, ya!” Kadang ini bikin anak-anak tertekan, lho. Cara memberitahunya yang nggak tepat. Bisa diganti dengan ucapan “Kita mau foto-foto di halaman belakang, nih. Seru, lho, ini. Asyik.” Jadi, nggak perlu ada ekspektasi. Justru, anak-anak bakal have fun. Terus, gaya alami mereka kelihatan menggemaskan.

Siapkan Pencahayaan yang Bagus

tips foto keluarga

Sumber Gambar : unsplash.com

 

Dalam fotografi, pencahayaan merupakan salah satu elemen yang sangat penting. Cahaya harus pas, nggak harus terang benderang. Tapi juga nggak terlalu gelap karena bisa bikin fotomu buram. Sedikit tips, gunakan pencahayaan alami saat sore, satu jam menjelang sunset. Di waktu ini, cahaya matahari masih terang tapi nggak menyilaukan seperti saat siang. Cahayanya lebih kalem, dan semburat di cakrawala. Dijamin, hasilnya pasti akan menjadi lebih bagus, deh.

Pasang Ekspresi Wajah yang Pas

tips foto keluarga

Sumber Gambar : unsplash.com

 

Satu lagi yang nggak kalah penting adalah ekspresi wajah. Ini termasuk pose foto keluarga yang nggak bisa diabaikan. Ibaratnya, lighting is king, but expression is everything. Ajak semua anggota keluarga untuk berekspresi yang ceria. Atau, pasang wajah ala serius. Atau, ekspresi jelek buat lucu-lucuan. Sesuaikan dengan momen di mana kalian berfoto. Kamu juga bisa janjian sebelum foto, biar ekspresinya sama semua.

 

Jadi, itu dia beberapa tips foto keluarga buat kamu. Dengan menerapkan tips tadi, kamu bisa foto-foto asyik. Serasa kamu di studio foto. Padahal, kamu dan orang-orang terdekatmu berfoto di rumah aja. Atau, di kawasan tempat tinggal kamu.

Nah, ternyata nggak sulit, kan, bikin foto keluarga. Apalagi kalau kamu lakukan semua tips yang udah di-share barusan. Pokoknya, jangan takut buat have fun dan hasil fotomu pasti bakal keren.

About author

Related posts
Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!

Fotografi

Komposisi dan Pencahayaan Dibalik Foto Interior yang Menarik

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet