Fotografi

Tetap Pede Berkarya Meski Cuma Sebagai Fotografer Pemula

tips fotografi pemula

Mulai dari cara mengoperasikan peralatan sampai dengan eksplorasi atau bereksperimen akan terlihat sangat mudah apabila yang melakukannya adalah seorang fotografer profesional. Bahkan, hasil foto mereka bisa dihargai cukup tinggi sampai dengan prestasinya diakui oleh banyak kalangan. Karena hal itulah, maka rata-rata fotografer profesional memiliki rasa percaya diri tinggi karena sudah terpupuk sejak lama dan dari pengalaman yang mereka miliki. Tentunya hal tersebut sangat kontras para fotografer pemula. Tak jarang dari mereka kurang pede dengan kemampuan sendiri karena berbagai hal. Nah, kalau kamu saat ini berada di titik terbawah dalam berkarier sebagai fotografer, tips berikut dapat kamu jadikan acuan untuk dapat meningkatkan skill dan rasa percaya diri sebagai seorang fotografer.

1. Luangkan Waktu untuk Menetapkan Apa Tujuanmu

planning

sumber: squarespace-cdn.com

Jangan harap percaya dirimu tumbuh kalau kamu nggak tahu apa kelemahanmu. Untuk itu, coba luangkan sedikit waktu untuk mengamati, menganalisis dan mencatat apa saja kelemahanmu, terutama dalam bidang fotografi. Kemudian mulai carilah jalan keluar untuk mengubah kelemahan tersebut jadi kekuatan dan kelebihan. Walaupun kamu masih seorang fotografer pemula, kamu bisa belajar teknik baru atau mencoba meniru cara mengambil bidikan para profesional. Catat apa tujuanmu dan cobalah sekarang. Jangan lupa terus memantau hasilmu, ya!

2. Practice Makes Perfect!

latihan fotografi pemula

sumber: dailydot.com

Nggak seorang pun bisa menjadi fotografer profesional dalam semalam. Mereka yang awalnya menyandang status pemula butuh waktu bertahun-tahun untuk bisa mengambil gambar yang sangat bagus. Oleh karenanya, apabila kamu sebagai pemula maka nggak perlu minder cuma karena sekarang hasil jepretanmu jauh dari kata sempurna. Perbanyak berlatih dengan obyek berbeda sampai dengan mengantongi jam terbang tinggi.

Baca Juga :   Fotografer Pemula Wajib Tahu Fungsi Lens Hood, Yuk Cek Di Sini!

3. Berhenti Berputus Asa dan Ubah Perspektifmu!

atur perspektif

sumber: hiscox.com

Eits, kita nggak sedang ngomongin soal perspektif pemotretan, ya, akan tetapi mengenai perspektifmu terhadap dunia fotografi. Ngaku deh, pernah nggak kamu berpikir mustahil dirimu bisa memotret sesuatu seperti si A? Kalau orang lain bisa, yakinlah kamu juga pasti bisa melakukannya! Ingatlah, di ataslangit masih ada langit. Hal tersebut berlaku untuk segala jenis usaha atau bidang, termasuk fotografi. Di atas fotografer yang menurutmu pro, masih ada yang jauh lebih profesional dari mereka. Daripada putus asa, kenapa nggak kamu jadikan mereka sebagai motivasi? Di zaman serba digital ini, ternyata juga banyak, lho, kelas-kelas online untuk belajar fotografi.

About author

Related posts
Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!

Fotografi

Komposisi dan Pencahayaan Dibalik Foto Interior yang Menarik

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet