Fotografi

Tips Ink Photography dan Trik Eksperimen Lewat Tinta

tips-ink-photography

Ink photography adalah salah satu jenis water photography yang menghasilkan visual memukau. Tips ink photography agar jepretan yang kamu hasilkan nampak ciamik adalah menggunakan tinta yang tepat, kejelian menangkap momen, dan skill editing mumpuni. Kalau kamu tertarik bikin, yuk simak tips dan triknya di artikel ini! Baca pelan-pelan dan pahami, ya!

Apa Itu Ink Photography?

Ink photography adalah jenis fotografi yang menjadikan tinta sebagai objek utama. Proses pemotretan dilakukan dengan cara menggabungkan cairan tinta ke dalam air yang ada di dalam akuarium, kemudian difoto dengan mempertimbangkan setting kamera dan momentum. 

Jenis fotografi ini dapat dieksekusi menjadi foto dan video loh, tinggal sesuaikan saja dengan media andalanmu, karena masing-masing media akan menghasilkan impresi yang berbeda-beda pula. Saat ini sudah banyak kok, fotografer dan videografer yang mengunggah video tentang ink photography di YouTube, lumayan banget untuk dijadikan sebagai referensi untuk berkarya. 

Tips Ink Photography dan Trik Membuatnya

Seandainya kamu tertarik dengan jenis fotografi tinta, nggak ada salahnya untuk coba mempelajari lebih dalam atau kalau perlu, kamu juga dapat mulai mencoba untuk membuatnya sendiri. Namun, sebelum mempraktikkannya, ada beberapa tips ink photography. Nggak perlu bingung, karena kami akan membagikan tips sederhana yang dapat kamu terapkan. Ini dia poin-poinnya.

1. Set foto yang Memadai

mengatur-set-ink-photography

Contoh set foto sederhana untuk ink photography (Sumber: diyphotography.net)

Tips ink photography yang pertama adalah set foto yang memadai. Nggak mesti menyewa studio kok, karena kamu bisa membuat set foto sederhana di rumah. Alat-alat yang digunakan juga tergolong sederhana, seperti kamera dan tripod. Supaya hasilnya makin kece, kamu bisa menambahkan alat lain untuk mematangkan pencahayaan, seperti menggunakan flash eksternal dan lighting LED kecil. Pokoknya nggak perlu mahal, yang penting hasil fotonya memukau. Kalau nggak punya peralatan pencahayaan yang memadai, kamu bisa membuat alat-alat lighting sederhana sendiri yang pastinya praktis dan murah.

Baca Juga :   4 Tips Foto Produk untuk Hasil Profesional yang Pasti Menjual

2. Tentukan Ukuran Akuarium 

ukuran-akuarium-ink-photography

Memasukkan tinta ke dalam aquarium (Sumber: dpreview.com)

Nggak hanya seni aquascape yang membutuhkan akuarium, tapi ink photography juga membutuhkannya, loh! Warna kaca akuarium yang bening memudahkan kamu saat memotret bentuk tinta yang super keren. Akuarium ini juga digunakan untuk menampung air bening yang nantinya akan diberi suntikkan cairan tinta.

Pertama-tama, tentukan ukuran akuarium. Besar dan kecil ukuran bisa kamu pilih sesuai kebutuhan foto. Nantinya, ukuran ini akan berpengaruh pada jumlah takaran cairan tinta yang akan disuntik ke dalamnya. Misalnya kamu menggunakan akuarium besar, berarti tinta yang digunakan mesti lebih banyak untuk menimbulkan efek gumpalan seperti awan. Selain di akuarium, kamu juga bisa memanfaatkan gelas atau toples bening.

About author

Related posts
Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!

Fotografi

Komposisi dan Pencahayaan Dibalik Foto Interior yang Menarik

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet