Creativepreneur and Career

Tips Interview untuk Menjawab Pertanyaan “Apa yang Membuatmu Unik?”

manager punya banyak banget pertanyaan buat mengetahui siapa orang yang pas untuk posisi yang lagi dicari. Salah satu pertanyaan tersebut adalah “Apa yang membuatmu unik?”, dan ini cukup menjebak, loh. Makanya kali ini ada tips interview untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Apa yang Sebenarnya Ingin Diketahui Interviewer

tips interview

Sumber Gambar : Unsplash.com

Interviewer memberi pertanyaan tersebut agar mengerti, kualitas atau kemampuan khusus apa yang bikin kamu berbeda dari yang lain. Sederhananya, kalau kamu adalah salah satu kandidat untuk posisi yang smaa, kenapa perusahaan harus memilih kamu dan bukan yang lain?

Jadi, saat kamu menjawab tentang kemampuan kamu, ini akan menjelaskan tentang sesuatu yang kamu suka dari diri sendiri, dan seberapa tinggi rasa percaya diri kamu. 

Perusahaan ingin melihat kekuatan dan soft skill yang mungkin nggak ada di CV kamu, tapi itulah yang akan membantu kamu dalam mengerjakan pekerjaan kamu nanti. Lalu, perusahaan akan memutuskan apakah kamu emang cocok buat pekerjaan tersebut. Kadang, pertanyaan ini juga untuk melihat apakah kamu cocok dengan budaya perusahaan.

Cara Menjawab Pertanyaan “Apa yang Membuatmu Unik?”

tips interview

Sumber Gambar : unsplash.com

Oke, sebelum kamu memikirkan jawaban yang tepat, luangkan waktu buat meriset perusahaan dan posisi pekerjaan yang kamu lamar. Semakin kamu tahu tentang target perusahaan, kamu pun jadi punya kesempatan yang lebih baik, untuk menunjukkan keunikan kamu yang cocok dengan pekerjaan tersebut. Kamu bisa menunjukkan kalau kontribusi kamu bakal sangat berarti.

Salah satu tips interview untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah dengan menggabungkan kepribadian, pengalaman, atau minat kamu dengan kemampuan profesional. Misalnya, kamu bisa menyebutkan kombinasi hobi kamu yang berbeda dan unik. Contohnya, hobi memasak dan mengoleksi perangko, yang mana menunjukkan kalau kamu juga sangat memerhatikan detail.

Tapi, ingat untuk nggak berlebihan dalam menyebutkan keunikan kamu atau mencoba mengatakan kalau kamu adalah satu-satunya orang yang memiliki kualitas tersebut. Lebih baik kamu jelaskan kalau kamu berbeda dari yang lain atau dianugerahi bakat dalam bidang tertentu. Jadi, jawaban kamu terdengar sopan dan humble.

Baca Juga :   Asah Jiwa Kepemimpinan dengan 5 Hal Ini dan Raih Kesuksesanmu

Oh iya, ingat juga kalau pertanyaan tersebut menyiratkan, “Ceritakan tentang dirimu yang nggak tercantum di CV kamu”. Jadi, tujuan pertanyaan ini memang untuk mengenal diri kamu, bukan sekadar pekerjaan dan karier kamu, tapi juga sikap dan pengalaman kamu dalam bekerja.

Contoh Jawaban yang Terbaik

Sumber Gambar : Unsplash.com

Jawaban terbaik harus jujur, jelas, dan percaya diri. Tujuan kamu adalah menceritakan sesuatu yang menarik tentang dirimu yang menunjukkan kalau kamu adalah orang terbaik untuk posisi pekerjaan tersebut. Persiapkan aja beberapa hal dan ingat, jawaban kamu harus berkaitan dengan kemampuan dan kualitas yang sesuai buat pekerjaan tersebut.

Salah satu contohnya, kamu bisa jawab begini, “Hal yang membedakan saya dari sales lainnya adalah kemampuan saya untuk menciptakan hubungan emosional dengan klien, saya membuat mereka nyaman dan nggak ada tekanan sama sekali untuk membeli produk saya.”

“Dari sini, saya bisa menjelaskan tentang produk dengan cara mengobrol. Saya juga menjelaskan kenapa produk tersebut adalah solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kemampuan ini sekaligus menjadi kelebihan saya, yaitu mampu melibatkan customer dalam obrolan ringan. Ditambah lagi saya menyukai olahraga dan selalu mengikuti kabar berita terbaru.”

Jawaban ini menunjukkan kemampuan kamu dalam mengambil hati klien melalui skill interpersonal yang hebat. Dalam dunia penjualan, kemampuan ini penting banget, soalnya kebanyakan orang akan membeli produk tersebut kalau mereka merasa nyaman dan nyambung dengan sales yang berjualan ke mereka. 

Demikian tips interview untuk menjawab pertanyaan “Apa yang Membuatmu Unik?” Semoga berhasil dengan interview kamu! 

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Simak Trik Pemasaran Kpop Buat Branding Bisnis Kamu

Creativepreneur and Career

Potensi Bisnis Maggot (Belatung) Bikin Kamu Dapetin Untung Besar

Creativepreneur and Career

Cara Daur Ulang Konten Biar Blog Kamu Kebanjiran Pengunjung

Creativepreneur and Career

Cara Menganalisa Peluang Usaha Buat Pebisnis Pemula