GenK LIFE

Sering Overthinking? Ini Tips Meditasi yang Ampuh Jaga Pikiranmu Tetap Fokus

Pernah mencoba meditasi untuk menenangkan pikiran yang lagi kacau, nggak, GenKs? Meditasi emang bantu nenangin pikiran, tapi untuk kamu yang punya kebiasaan overthinking atau berpikir berlebihan meditasi justru jadi tantangan berat. Karena overthinking-mu yang mirip angin ribut bakal menghalangi pikiran untuk fokus dan tenang. Nah, agar berhasil, coba ikuti tips meditasi untuk atasi overthinking berikut ini, yuk. Dijamin ampuh!

Latihan secara Konsisten

Sumber Gambar : timeqube.com

Orang bisa karena mereka terbiasa. Tips meditasi untuk kamu yang sulit menjaga pikiran tetap fokus adalah rutin melakukannya di waktu yang sama. Dan emang terbukti dengan latihan meditasi harian yang dilakukan secara rutin, kamu bakal dapetin manfaat besar yang sangat mengejutkan bagi kesehatan mentalmu, lho, guys. Nggak harus setiap hari, kok. Sesuaikan aja dengan intuisi dan suasana hatimu.

Alokasikan Ruang Khusus

Sumber Gambar : homestratosphere.com

Keberhasilan meditasi bagi kamu yang suka overthinking segala macam bergantung pada tempatnya. So, cobalah mengalokasikan tempat atau ruang khusus untuk disulap jadi zona meditasi-mu. Nggak harus besar, kok, asal cukup untuk membuatmu merasa nyaman, itu udah cukup.

Gelar karpet dengan bantal estetik yang empuk, lapisi dinding dengan wallpaper favorit yang bikin kamu tenang dan jangan lupa nyalakan lilin aroma terapi. Lalu izinkan pikiranmu merasakan katarsis secara utuh.

Coba Meditasi Virtual

Sumber Gambar : trootech.com

Jika masih sulit konsentrasi, kenapa nggak mencoba meditasi virtual dengan bantuan teknologi VR, guys? Alat canggih ini bisa membantu pikiranmu lebih tenang dan teralihkan dari hiduk pikuknya dunia nyata yang bikin overthinking.

Dengarkan Rekaman

Overthinking

Sumber Gambar : meredithcorp.io

Mendengarkan rekaman suara pemandu meditasi, video atau musik-musik dengan genre New Age yang menenangkan cukup bisa membantu individu yang suka overthinking untuk lebih tenang. Gunakan headset agar otak kamu tetap fokus.

Baca Juga :   Jangan Ngaku Gaul Kalau Tak Paham UU ITE dan Pelanggaran Media Sosial

Ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dengan meditasi dibantu rekaman, lho. Mulai dari melegakan rasa cemas, meningkatkan mood, menurunkan tekanan darah, mengatur detak jantung hingga mengurangi stres.

Yoga atau Taichi

Tips meditasi

Sumber Gambar : hearstapps.com

Well, tenang, kamu nggak sendirian, kok, GenKs. Ada banyak orang lainnya di luar sana yang kesulitan duduk untuk meditasi, kok. Oleh karena itu, sebelum memasuki zona meditasi, disarankan melakukan beberapa gerakan taichi dan yoga sehingga pikiran bisa tenang dan fokus.

Yoga dan taichi, seperti diungkapkan dalam sebuah studi di Amerika Serikat yang dimuat di jurnal Consciousness and Cognition tahun 2018, bisa bantu mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi.

Atur Pernapasan

Tips meditasi

Sumber Gambar : helpguide.org

Tips meditasi untuk atasi overthinking selanjutnya adalah belajar mengatur pernapasanmu. Dengan pernapasan yang teratur, sistem saraf akan lebih tenang, sehingga anxiety pun bisa reda.

Latihan pernapasan akan membuatmu lebih fokus secara konstan selama sesi meditasi. Jadi, nggak bakal ada lagi, deh, yang namanya overthinking macem-macem. Karena seluruh tubuh dan juga pikiranmu didominasi oleh perasaan damai yang menenangkan jiwa, GenKs.

Nggak Perlu Menyalahkan Dirimu

Tips meditasi

Sumber Gambar : autumnasphodel.com

Hidup di masa yang merangsang otak dan seluruh indera selama 24 jam setiap hari jadi alasan kenapa kita sulit fokus. So, jangan salahkan dirimu. Karena sulit tenang dan selalu overthinking saat meditasi adalah sesuatu yang sangat wajar terjadi.Kuncinya adalah cari tahu teknik meditasi seperti apa yang tepat untukmu.

Itulah 7 tips meditasi untuk mengatasi overthinking. Yuk, langsung praktek!

About author

Related posts
GenK LIFE

Mengenal Diet Pegan, Tren Unik yang Lagi Hits di Tahun 2021

GenK LIFE

Buat Yang Lagi Intermitten Fasting, Ini Dia Minuman Yang Boleh Dikonsumsi!

GenK LIFE

Gak Cuma Sakti di Film dan Manga, Ini Dia Fakta Mengenai Ninja!

GenK LIFE

Jangan Percaya Dengan Kabar Hoax! Ini Fakta Dan Mitos Vertigo