Fotografi

Tips Melakukan Teknik Fotografi Flat Lay untuk Konten yang Ciamik

Akhir-akhir ini teknik fotografi flat lay lagi tren di Instagram. Foto-foto ciamik dengan objek berupa makanan, alat tulis hingga peralatan memasak yang sengaja disusun begitu rapi di atas meja memang terlihat sangat menyenangkan karena menciptakan kesan bersih dan estetis. Nggak heran kalau banyak brand yang memotret produk-produknya menggunakan teknik fotografi ini untuk membuat para konsumennya tertarik. Penasaran nggak, sih, gimana caranya melakukan teknik fotografi yang satu ini? Eits, tapi sebelum itu, intip dulu apa pengertian fotografi flat lay, yuk, guys.

Teknik Fotografi Flat Lay, Apa Itu?

Sumber Gambar : kepo.co

Flat lay, menurut Nikon School, pada dasarnya adalah teknik membidik suatu objek tertentu yang ditata secara cermat dengan angle dari atas, seperti bird’s view.

Meski awalnya teknik ini digunakan untuk memotret makanan atau kosmetik, tapi pada perkembangannya banyak fotografer yang memakai objek-objek nggak biasa, lho. Contoh yang terbilang cukup ekstrem adalah, demi mendapatkan jepretan kece yang anti-mainstream mereka rela membongkar alat-alat elektronik dan menyusun setiap komponen di dalamnya.

Terkadang, untuk memberi efek dramatis pada foto flat lay, para fotografer juga menambahkan elemen dekoratif.

Tips Melakukan Teknik Fotografi Flat Lay

Sumber Gambar : mycornerofitaly.com

#1: Tentukan Dulu Apa Tema yang Ingin Ditonjolkan

teknik fotografi flat lay

Sumber Gambar : myclickmagazine.com

Seperti dilansir dari The School of Photography, untuk menerapkan teknik fotografi flat lay, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tema atau perasaan yang ingin kamu tonjolkan di dalam foto.

Tentukan tema apa yang cocok dengan objek fotomu, apakan suasana dark untuk foto produk mekanik atau tema cerah dan colorful untuk objek foto makanan maupun minuman kekinian.

Pastikan juga tema pilihanmu sesuai dengan tujuan foto itu, ya.

Baca Juga :   5 Hacks Cerdas untuk Fotografi Produk, Tak Perlu Sewa Fotografer Pro

#2: Pilih Background yang Sesuai untuk Flat Lay

teknik fotografi flat lay

Sumber Gambar : shopify.com

Jika sudah menentukan tema, langkah selanjutnya adalah memutuskan background seperti apa yang cocok untuk foto flat lay-mu. Misalnya potongan kayu, meja dengan detail yang unik, lembaran vinyl, kain dengan corak dan motif yang menarik atau background khusus untuk teknik fotografi flat lay.

#3: Atur Lighting, Pencahayaan Lembut Paling Cocok

 

teknik fotografi flat lay

Sumber Gambar : shopify.com

Lighting adalah faktor yang nggak kalah penting dalam semua pengambilan foto, termasuk untuk teknik flat lay. Khusus untuk fotografi flat lay, semakin terang pencahayaannya, semakin baik. Tapi umumnya, cahaya lembut paling cocok.

Gunakan jendela besar sebagai sumber pencahayaan alami dan tutup dengan tirai jaring atau kamu juga bisa menggunakan kain sifon untuk menyebarkan cahaya dan membuatnya terlihat lebih lembut.

#4: Komposisi, Tata Letak dan Keseimbangan Objek adalah Koentji

teknik fotografi flat lay

Sumber Gambar : blogspot.com

Tips selanjutnya yang dijamin bakal bikin hasil foto flat lay-mu terlihat ciamik adalah komposisi objek bidikan. Tata letak dan keseimbangan adalah kuncinya. Anggap saja seperti satu set timbangan, objek yang kamu letakkan di satu sisi harus bisa menjadi penyeimbang dari sisi lainnya, GenKs.

#5: Gunakan Tripod dan Atur Kameramu

teknik fotografi flat lay

Sumber Gambar : weeattogether.com

Kamu bisa pakai kamera jenis apa pun, termasuk kamera smartphone. Tapi jangan lupa cek pengaturan lensanya, supaya hasilnya semakin terlihat oke. Jika kamu menggunakan kamera DSLR, panjang fokus antara 30-35mm bisa dicoba untuk teknik fotografi flat lay.

Well, berdiri di atas kursi atau tangga kecil, kemudian mengarahkan kamera ke objek yang disusun rapi di bawah lensa merupakan teknik paling umum untuk fotografi ini. Tapi sebaiknya gunakan tripod untuk hasil jepretan yang lebih stabil, guys.

Nah, itulah teknik fotografi flat lay yang bisa menambah kesan estetis pada konten Instagram-mu, GenKs.

About author

Related posts
Fotografi

8 Tren Fotografi yang Populer Tahun 2022, Keren dan Estetik!

Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!

Fotografi

Komposisi dan Pencahayaan Dibalik Foto Interior yang Menarik

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu