Creativepreneur and Career

Tips Melamar Kerja Paling Efektif Buat Kamu yang Masih Nol Pengalaman

tips melamar kerja

Banyak yang sering menanyakan hal ini, yaitu bagaimana caranya mendapatkan pekerjaan tanpa memiliki pengalaman kerja sama sekali. Mungkin, kamu yang fresh graduate sering mencari-cari tipsnya di internet. Tips melamar kerja seperti apa yang tepat untukmu yang belum punya pengalaman. Ada, kok. Jika kamu mencoba menerapkannya saat mencari pekerjaan, peluangmu untuk bekerja menjadi lebih besar. Apa saja tipsnya? Mari kita simak!

Buat Surat Lamaran dan CV Secara Detail untuk Semua Pekerjaan

persiapan membuat CV

sumber: pexels.com

Coba ingat kembali kursus yang sudah kamu ikuti, project apa saja yang pernah kamu selesaikan, program magang yang pernah kamu lakukan, aktivitas sukarela, dan sebagainya. Perhatikan juga lowongan kerja yang ingin kamu coba. Apa kualifikasi yang mereka cari, mungkinkah itu leadership atau problem solving? Apapun itu, kamu bisa mengaitkannya dengan pengalaman yang kamu cantumkan di CV kamu.

Kirimkan Email ke Perusahaan yang Sedang Tidak Buka Lowongan atau Mencari Karyawan dengan Posisi Bukan Bidangmu

mencari lowongan kerja

sumber: pexels.com

Luangkan 20-30% waktumu berburu pekerjaan dengan mengirimkan email ke perusahaan yang tidak sedang membuka lowongan. Mengapa? Persaingannya jadi lebih ringan. Kamu nggak tahu kapan perusahaan-perusahaan tersebut akan membutuhkan karyawan baru. Nah, saat mereka sedang butuh segera, sudah ada surat lamaran dan CV kamu yang masuk duluan di sana. Besar kemungkinan kamu akan dipanggil untuk tes dan wawancara.

Baca Juga :   Ini Dia Alasan Kenapa HRD Ill-Feel dengan Lamaran Kerja Kamu

Teruslah Membangun Relasi dengan Teman, Saudara, Maupun Perusahaan

memperluas koneksi

sumber: pexels.com

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pekerjaan adalah melalui rekomendasi kenalan. Kamu akan lebih dipercaya dan risiko tidak diterima juga menjadi lebih minim. Bagi kamu fresh graduate dan ingin masuk dunia kerja, relasi terbaik adalah teman sekelas dan para seniormu yang sudah bekerja. Cari tahu apakah di perusahaan mereka, sedang ada lowongan. Jangan malu juga, rajinlah bertanya kepada mereka. Kamu juga boleh banget menanyakan lowongan ke saudara atau perusahaan tempatmu pernah magang.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

30+ Istilah Penting dalam Social Media Marketing untuk Diketahui Pebisnis

Creativepreneur and Career

Yuk Kenalan Sama Agio Dalam Dunia Investasi!

Creativepreneur and Career

Ini Dia 6 Teknik Content Marketing Paling Populer Tahun 2021

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis Properti, Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini!