Creativepreneur and Career

Tips Memanfaatkan Podcast Untuk Bisnis Agar Makin Cuan Tahun 2022

Podcast akhir-akhir inimenjadi sarana bagi pemilik bisnis yang ingin membagikan konten secara rutin. Baik itu untuk tujuan branding, memasarkan produk hingga meningkatkan engagement. Nggak heran kalau ketenarannya pun mengalami perkembangan yang cukup signifikan selama dua tahun belakangan. Buat kamu-kamu yang tertarik memanfaatkan podcast untuk bisnis, sebaiknya simak tipsnya berikut ini dulu deh, agar nggak salah langkah:

Buatlah Tema Podcast yang Konsisten

Sumber Gambar : webflow.com

Tanpa perencanaan yang baik, jangan harap konten podcast-mu bisa memberikan hasil, ya, guys. Kalau ingin channelmu dilihat secara profesional oleh audiens yang jadi target, pastikan siapkan materi, baik untuk konten maupun promosinya sebaik mungkin. Salah satu kunci agar podcast bisnismu sukses adalah dengan menetapkan tema yang konsisten untuk podcast-mu.

Beberapa pertanyaan di bawah akan membantumu menentukan tema yang oke untuk channel podcast kamu, guys:

  1. Apakah tujuanmu membuat podcast untuk menjual lebih banyak produk?
  2. Apa kamu ingin dapetin lebih banyak audiens?
  3. Apakah kamu berharap engagement produkmu meningkat?

Ciptakan Konten Podcast Berseri

Sumber Gambar : celemi.com

Ingat satu rahasia penting ini saat memulai siaran podcast, tayangan audio dengan durasi terlalu lama bakal bikin orang jenuh dan akhirnya mereka akan meninggalkan kontenmu sebelum selesai. Untuk mensiasati masalah tersebut, kamu bisa membuat konten berseri atau membagi konten yang durasinya panjang dalam beberapa episode.

Cara ini cukup efektif, lho, guys, dalam meningkatkan ketertarikan dan rasa kepo audiens untuk mengikuti konten-kontenmu selanjutnya.

Ulas Produk secara Mendetail

Sumber Gambar : forbes.com

Posisikan dirimu sebagai pendengar yang nggak tahu apa pun tentang produk yang kamu jual. Lalu bayangkanlah apa yang harus kamu lakukan sebagai pemilik produk supaya target bisa mengenal barang daganganmu dengan lebih baik.

Baca Juga :   4 Tips Belajar SEO yang Dijamin Paling Ampuh dan Efektif

Triknya, buat ulasan mendetail tentang produkmu. Apa namanya, apa manfaatnya hingga apa saja kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Tapi kalau begitu kontenmu akan terdengar seperti iklan jualan biasa. Sisipkanlah storytelling yang manis agar audiens lebih tertarik.

Mengundang Bintang Tamu

Memanfaatkan podcast untuk Bisnis

Sumber Gambar : businessupside.com

Dengan mengundang bintang tamu untuk sharing pengetahuan, berbagi pengalaman atau pun memberi ulasan positif tentang produk kami, kamu bisa membuat calon pelangganmu semakin yakin mengenai kualitas produk.

Tapi satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah, pastikan bintang tamu itu memang benar-benar memakai produk kamu, ya, GenKs.

Ajak Pendengarmu Berdiskusi

Memanfaatkan podcast untuk Bisnis

Sumber Gambar : medium.com

Salah satu cara terbaik agar pendengarmu menjadi follower setia channel podcast-mu adalah dengan melibatkan mereka dalam diskusi. Cari tahu seperti apa konten yang mereka sukai dan ingin didengarkan atau tanyakan siapa bintang tamu yang mereka ingin di kontenmu.

Mengirimkan email, membuat voting lewat berbagai platform media sosial atau meminta saran kepada pendengar melalui kolom komentar podcast yang sudah publish bisa kamu lakukan untuk berdiskusi dengan audiens kesayanganmu.

Tambahkan CTA di Akhir Konten Podcast-mu

podcast untuk Bisnis

Sumber Gambar : foloes.com

Dan terakhir, jangan lupa tambahkan Call-To-Action (CTA) di bagian akhir episode podcast yang kalian bagikan, ya, GenKs. Contohnya, kalau kamu ingin mendapatkan alamat email pelanggan, ajak mereka untuk mengisi form di kolom komentar untuk mendaftarkan email-nya.

Atau jika kamu ingin pendengar podcast-mu melihat-lihat produk jualanmu, sarankan mereka untuk langsung membuka online shop atau akun media sosial bisnis resmimu.

Wah, Genks, ternyata memanfaatkan podcast untuk bisnis bisa sangat menguntungkan kalau kita tahu gimana triknya, ya?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Simak Trik Pemasaran Kpop Buat Branding Bisnis Kamu

Creativepreneur and Career

Potensi Bisnis Maggot (Belatung) Bikin Kamu Dapetin Untung Besar

Creativepreneur and Career

Cara Daur Ulang Konten Biar Blog Kamu Kebanjiran Pengunjung

Creativepreneur and Career

Cara Menganalisa Peluang Usaha Buat Pebisnis Pemula