Creativepreneur and Career

Tips Membuat CTA / Call to Action Paling Ampuh

Dalam bisnis marketing digital, bikin CTA atau Call to Action tuh penting banget. Call to Action adalah bentuk kata perintah atau ajakan buat membeli produk yang ditawarkan. Biarpun kelihatannya gampang, tapi faktanya masih banyak tuh pengelola konten yang bingung dengan bentuk CTA yang bisa menggaet pembeli. Bikin CTA yang meningkatkan engagement follower memang gampang-gampang susah. Tapi, nggak berarti itu mustahil. Kamu bisa nih simak tips membuat CTA / Call to Action yang menarik berikut ini.

  1. Pakai Kata Perintah yang Tepat

Sumber Gambar : houstonseminar.org

Tips membuat CTA / Call to Action yang paling dasar adalah gunakan kata perintah yang tepat. Ini kelihatannya memang gampang banget. Tapi, penempatan kata perintah yang salah bisa bikin keseluruhan kontenmu jadi aneh. Misalnya, kamu meletakkan CTA: “Beli Sekarang” di awal paragraf artikel blog, pastinya aneh dan terkesan terburu-buru banget, kan. 

Buat konten yang informatif, memang lebih baik kamu pakai kata perintah seperti, “baca selengkapnya” atau sejenisnya. Beda lagi, kalau kamu bikin konten buat web E-Commerce buat mempromosikan produk. Baru deh, kamu bisa pakai kalimat perintah, seperti “Beli Sekarang”, “Masukkan ke Keranjang”, “Checkout”, dan lain-lain.

2. Gunakan Kalimat yang Sederhana dan Gampang Dimengerti

Sumber Gambar : rifqimulyawan.com

Setelah kamu tahu jenis kata perintah yang tepat, baru deh kamu susun kata perintah tersebut jadi kalimat yang enak dibaca. Nggak cuma enak dibaca, kalimat itu juga lebih baik sederhana dan gampang dimengerti. Sebisa mungkin, hindari kalimat yang terlalu bertele-tele, ya. Soalnya, itu bisa bikin followers atau pembaca kontenmu jadi malas dan nggak jadi deh menekan tombol CTA. Misalnya nih, kamu bisa pakai kalimat singkat “Gabung Sekarang Juga!”, atau “Pesan Sekarang”. 

3. Perhitungkan Ukuran dan Warna yang Dipakai

Tips membuat CTA / Call to Action

Sumber Gambar : addthis.com

Tips membuat CTA / Call to Action ini lebih berhubungan dengan desain layout, sih. Kalau kamu bikin web resmi dari usahamu, coba deh perhatikan ukuran serta warna yang dipakai buat tombol CTA. Dalam memilih ukuran font, pilihlah ukuran yang nggak terlalu besar yang bisa bikin desain CTA jadi kelihatan nggak rapi. Sebaliknya, ukuran font yang terlalu kecil juga bikin kalimat CTA-mu jadi susah dibaca. Makanya, pertimbangkan baik-baik ya ukuran dari font yang mau kamu pakai.

Selain dari segi ukuran font, warna font yang kamu pakai juga wajib dipertimbangkan. Jangan sampai deh warna button dan warna font bertabrakan, misalnya warna hijau dengan warna kuning, atau warna merah dengan warna oranye. Itu bisa bikin target konsumen jadi kesulitan baca kata CTA yang sudah kamu buat. Kalau kamu ragu-ragu, boleh kok eksperimen dengan kombinasi warna-warna netral. Kamu juga bisa ambil inspirasi dari warna logo perusahaanmu. 

4. Letakkan Kalimat CTA di Lokasi yang Strategis

Tips membuat CTA / Call to Action

Sumber Gambar : NJ-Properti

Tips membuat CTA / Call to Action yang terakhir adalah, pastikan buat meletakkan kata perintah tersebut di tempat yang strategis. Misalnya, kamu bikin konten buat membeli sebuah produk. Kalimat CTA berisi link ke produk tersebut jangan kamu taruh di bagian awal konten atau malah jauh di paragraf yang nggak berhubungan. Bisa-bisa, reader yang aslinya mau klik CTA-mu jadi tersesat dan batal, deh. Idealnya, kamu letakkan kalimat CTA itu di bagian bawah konten. Misalnya, buat konten artikel, kamu bisa letakkan kata “Baca selengkapnya” di bagian bawah snippet artikel buat bikin pembaca jadi makin tertarik buat membacanya. 

Itulah beberapa tips membuat CTA / Call to Action yang wajib banget kamu tahu. Practice makes perfect, dengan makin banyaknya kamu berlatih bikin CTA pasti deh bakal ketemu rumusan kalimat ajakan yang pas dan bikin pembaca konten nggak ragu-ragu buat klik tombol CTA-mu. Selamat mencoba.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Mau Keuntungan Meningkat? Ini Dia Cara Memaksimalkan Manajemen Bisnis Roti!

Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tips Brand Refresh, Strategi Segarkan Merk Anti Ribet

Creativepreneur and Career

Cara Membuat Brand Storytelling Super Mudah dengan 5 Panduan Ini

Creativepreneur and Career

5 Tips Membuat Portofolio Kreatif yang Sempurna dan Menarik Perhatian